Imam Ibnu Qudamah Al-Maqdisi--wafat tahun 620 H rahimahullah--di
dalam Lum'ah Al-I'tiqad berkata:
وَمُعَاوِيَةُ خَالُ الۡمُؤۡمِنِينَ، وَكَاتِبُ وَحۡيِ اللهِ، أَحَدُ خُلَفَاءِ الۡمُسۡلِمِينَ، رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمۡ.
Mu’awiyah adalah khal (paman dari jalur ibu) kaum mukminin, penulis wahyu Allah, dan salah satu khalifah kaum muslimin—radhiyallahu ‘anhum—.[1]
Syekh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin--rahimahullah--di dalam
syarahnya berkata:
[1]
مُعَاوِيَةُ بۡنُ أَبِي سُفۡيَانَ:
هُوَ أَمِيرُ الۡمُؤۡمِنِينَ مُعَاوِيَةُ بۡنُ أَبِي سُفۡيَانَ صَخۡرُ بۡنُ
حَرۡبٍ،
Beliau adalah amirulmukminin Mu’awiyah bin Abu Sufyan Shakhr bin Harb
وُلِدَ قَبۡلَ الۡبِعۡثَةِ بِخَمۡسِ سِنِينَ وَأَسۡلَمَ عَامَ الۡفَتۡحِ،
وَقِيلَ: أَسۡلَمَ بَعۡدَ الۡحُدَيۡبِيَةِ وَكَتَمَ إِسۡلَامَهُ، وَلَّاهُ
عُمَرُ الشَّامَ وَاسۡتَمَرَّ عَلَيۡهِ وَتُسَمَّى بِالۡخِلَافَةِ بَعۡدَ
الۡحَكَمَيۡنِ عَامَ ٣٧هـ،
Beliau dilahirkan 5 tahun sebelum diutusnya Nabi Muhammad. Beliau masuk Islam
pada tahun Fathu Makkah. Ada yang berpendapat bahwa beliau masuk Islam setelah
Hudaibiyah dan menyembunyikan keislamannya.
‘Umar mengangkatnya sebagai pemimpin Syam. Beliau terus di sana dan
kepemimpinannya disebut dengan kekhalifahan setelah proses tahkim dengan dua
hakam pada tahun 37 H.
وَاجۡتَمَعَ النَّاسُ عَلَيۡهِ بَعۡدَ تَنَازُلِ الۡحَسَنِ بۡنِ عَلِيٍّ
سَنَةَ ٤١هـ، كَانَ يَكۡتُبُ لِلنَّبِيِّ ﷺ وَمِنۡ جُمۡلَةِ كُتَّابِ
الۡوَحۡيِ،
Kaum muslimin bersatu di bawah kepemimpinannya setelah Al-Hasan bin ‘Ali
mengundurkan diri pada tahun 41 H. Mu’awiyah dahulu melakukan tugas menulis
untuk Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dan beliau termasuk deretan
para penulis wahyu.
تُوُفِّيَ فِي رَجَبٍ سَنَةَ ٦٠هـ عَنۡ ٧٨ سَنَةٍ، وَإِنَّمَا ذَكَرَهُ
الۡمُؤَلِّفُ وَأَثۡنَى عَلَيۡهِ لِلرَّدِّ عَلَى الرَّوَافِضِ الَّذِينَ
يَسُبُّونَهُ وَيَقۡدَحُونَ فِيهِ،
Beliau wafat pada tahun 60 H dalam usia 78 tahun. Mualif menyebutkan beliau
dan menyanjung beliau dalam rangka membantah orang-orang Rafidhah yang mencaci
dan mencela beliau.
وَسَمَّاهُ خَالَ الۡمُؤۡمِنِينَ لِأَنَّهُ أَخُو أُمِّ حَبِيبَةَ إِحۡدَى
أُمَّهَاتِ الۡمُؤۡمِنِينَ،
Mualif menjuluki Mu’awiyah sebagai khal (paman dari jalur ibu) kaum
mukminin karena beliau adalah saudara laki-laki Ummu Habibah, salah seorang
ibunda kaum mukminin.
وَقَدۡ ذَكَرَ شَيۡخُ الۡإِسۡلَامِ ابۡنُ تَيۡمِيَّةَ فِي مِنۡهَاجِ
السُّنَّةِ (٢/٢٩٩) نِزَاعًا بَيۡنَ الۡعُلَمَاءِ هَلۡ يُقَالُ لِإِخۡوَةِ
أُمَّهَاتِ الۡمُؤۡمِنِينَ أَخۡوَالُ الۡمُؤۡمِنِينَ أَمۡ لَا؟
Syekh Islam Ibnu Taimiyyah telah menyebutkan perselisihan ulama di dalam kitab
Minhaj As-Sunnah (2/299), apakah bisa saudara laki-laki ibunda kaum
mukminin disebut khal kaum mukminin ataukah tidak.