١١١ - بَابٌ هَلۡ يُسَافِرُ بِالۡجَارِيَةِ قَبۡلَ أَنۡ
يَسۡتَبۡرِئَهَا
111. Bab apakah boleh safar dengan budak wanita sebelum istibra (memastikan
bersihnya rahim)
وَلَمۡ يَرَ الۡحَسَنُ بَأۡسًا أَنۡ يُقَبِّلَهَا أَوۡ يُبَاشِرَهَا.
Al-Hasan berpendapat tidak mengapa seorang pria menciumi atau bermesraan
dengan budak wanitanya.
وَقَالَ ابۡنُ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: إِذَا وُهِبَتِ الۡوَلِيدَةُ
الَّتِي تُوطَأُ أَوۡ بِيعَتۡ أَوۡ عَتَقَتۡ فَلۡيُسۡتَبۡرَأۡ رَحِمُهَا
بِحَيۡضَةٍ، وَلَا تُسۡتَبۡرَأُ الۡعَذۡرَاءُ.
Ibnu ‘Umar—radhiyallahu ‘anhuma—mengatakan, “Apabila seorang budak wanita yang
telah digauli dihibahkan, atau dijual, atau dibebaskan, dia istibra rahim
dengan satu kali haid. Adapun budak wanita yang perawan, tidak perlu istibra.”
وَقَالَ عَطَاءٌ: لَا بَأۡسَ أَنۡ يُصِيبَ مِنۡ جَارِيَتِهِ الۡحَامِلِ مَا
دُونَ الۡفَرۡجِ، وَقَالَ اللهُ تَعَالَى: ﴿إِلَّا عَلَى أَزۡوَاجِهِمۡ أَوۡ
مَا مَلَكَتۡ أَيۡمَانُهُمۡ﴾ [المؤمنون: ٦].
‘Atha` berkata: Tidak mengapa seorang pria berhubungan dengan budak wanita
yang hamil (dengan pria lain) selain di farjinya. Allah taala berfirman,
“Kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki.” (QS.
Al-Mu`minun: 6).
٢٢٣٥ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡغَفَّارِ بۡنُ دَاوُدَ: حَدَّثَنَا يَعۡقُوبُ
بۡنُ عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ، عَنۡ عَمۡرِو بۡنِ أَبِي عَمۡرٍو، عَنۡ أَنَسِ بۡنِ
مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: قَدِمَ النَّبِيُّ ﷺ خَيۡبَرَ، فَلَمَّا
فَتَحَ اللهُ عَلَيۡهِ الۡحِصۡنَ، ذُكِرَ لَهُ جَمَالُ صَفِيَّةَ بِنۡتِ
حُيَىِّ بۡنِ أَخۡطَبَ، وَقَدۡ قُتِلَ زَوۡجُهَا وَكَانَتۡ عَرُوسًا،
فَاصۡطَفَاهَا رَسُولُ اللهِ ﷺ لِنَفۡسِهِ، فَخَرَجَ بِهَا حَتَّى بَلَغۡنَا
سَدَّ الرَّوۡحَاءِ حَلَّتۡ، فَبَنَى بِهَا، ثُمَّ صَنَعَ حَيۡسًا فِي نِطَعٍ
صَغِيرٍ، ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (آذِنۡ مَنۡ حَوۡلَكَ). فَكَانَتۡ
تِلۡكَ وَلِيمَةَ رَسُولِ اللهِ ﷺ عَلَى صَفِيَّةَ. ثُمَّ خَرَجۡنَا إِلَى
الۡمَدِينَةِ، قَالَ: فَرَأَيۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يُحَوِّي لَهَا وَرَاءَهُ
بِعَبَاءَةٍ، ثُمَّ يَجۡلِسُ عِنۡدَ بَعِيرِهِ فَيَضَعُ رُكۡبَتَهُ، فَتَضَعُ
صَفِيَّةُ رِجۡلَهَا عَلَى رُكۡبَتِهِ حَتَّى تَرۡكَبَ. [طرفه في:
٣٧١].
2235. ‘Abdul Ghaffar bin Dawud telah menceritakan kepada kami: Ya’qub bin
‘Abdurrahman menceritakan kepada kami dari ‘Amr bin Abu ‘Amr, dari Anas bin
Malik—radhiyallahu ‘anhu—. Beliau mengatakan:
Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—tiba di Khaibar. Ketika Allah telah
menaklukkan benteng Khaibar untuk beliau, ada yang menyebutkan keelokan
Shafiyyah binti Huyai bin Akhthab kepada beliau. Suaminya telah terbunuh dalam
keadaan dia masih pengantin baru. Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa
sallam—memilih Shafiyyah untuk dirinya. Beliau bepergian bersamanya hingga
ketika kami sampai di Rauha`, Shafiyyah suci dari haid. Rasulullah melakukan
hubungan suami istri dengannya kemudian beliau membuat hais (makanan yang
terbuat dari kurma, minyak samin, dan susu kering) di hamparan kecil.
Kemudian Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berkata (kepada Anas),
“Beritahu orang-orang yang di sekelilingmu!”
Itulah hidangan walimah pernikahan Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa
sallam—dengan Shafiyyah. Kemudian kami melanjutkan perjalanan menuju Madinah.
Anas mengatakan: Aku melihat Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—menutupi
Shafiyyah di belakang beliau menggunakan abaya. Kemudian beliau duduk di dekat
untanya, lalu meletakkan lutut beliau. Lalu Shafiyyah meletakkan kakinya di
atas lutut Rasulullah hingga dia bisa naik tunggangan.