٦٨٩ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ يُوسُفَ قَالَ: أَخۡبَرَنَا مَالِكٌ، عَنِ
ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ رَكِبَ
فَرَسًا فَصُرِعَ عَنۡهُ، فَجُحِشَ شِقُّهُ الۡأَيۡمَنُ، فَصَلَّى صَلَاةً مِنَ
الصَّلَوَاتِ وَهُوَ قَاعِدٌ، فَصَلَّيۡنَا وَرَاءَهُ قُعُودًا، فَلَمَّا
انۡصَرَفَ قَالَ: (إِنَّمَا جُعِلَ الۡإِمَامُ لِيُؤۡتَمَّ بِهِ، فَإِذَا
صَلَّى قَائِمًا فَصَلُّوا قِيَامًا، فَإِذَا رَكَعَ فَارۡكَعُوا، وَإِذَا
رَفَعَ فَارۡفَعُوا، وَإِذَا قَالَ: سَمِعَ اللهُ لِمَنۡ حَمِدَهُ، فَقُولُوا:
رَبَّنَا وَلَكَ الۡحَمۡدُ، وَإِذَا صَلَّى قَائِمًا فَصَلُّوا قِيَامًا،
وَإِذَا صَلَّى جَالِسًا فَصَلُّوا جُلُوسًا أَجۡمَعُونَ). قَالَ أَبُو عَبۡدِ
اللهِ: قَالَ الۡحُمَيۡدِيُّ: قَوۡلُهُ: (إِذَا صَلَّى جَالِسًا فَصَلُّوا
جُلُوسًا) هُوَ فِي مَرَضِهِ الۡقَدِيمِ، ثُمَّ صَلَّى بَعۡدَ ذٰلِكَ
النَّبِيُّ ﷺ جَالِسًا، وَالنَّاسُ خَلۡفَهُ قِيَامًا، لَمۡ يَأۡمُرۡهُمۡ
بِالۡقُعُودِ، وَإِنَّمَا يُؤۡخَذُ بِالۡآخِرِ فَالۡآخِرِ مِنۡ فِعۡلِ
النَّبِيِّ ﷺ. [طرفه في:
٣٧٨].
689. ‘Abdullah bin Yusuf telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Malik
mengabarkan kepada kami dari Ibnu Syihab, dari Anas bin Malik: Bahwa
Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—menunggang seekor kuda lalu beliau
terjungkal sehingga sisi tubuh kanan beliau terluka. Beliau salat beberapa
kali dengan duduk. Kami salat di belakang beliau dengan duduk pula. Seusai
salat, beliau bersabda, “Imam itu dijadikan untuk diikuti. Apabila imam salat
dengan berdiri, kalian salat dengan berdiri pula. Apabila imam rukuk, kalian
ikut rukuk. Apabila imam bangkit (dari rukuk), kalian ikut bangkit. Apabila
imam mengucapkan: sami’allahu liman hamidah (Allah Maha Mendengar siapa saja
yang memuji-Nya), kalian ucapkan: rabbana wa lakal hamd (Ya Rabana, bagi-Mu
segala pujian). Apabila imam salat dengan berdiri, salatlah kalian dengan
berdiri. Apabila imam salat dengan duduk, salatlah kalian semua dengan duduk.”
Abu ‘Abdullah berkata: Al-Humaidi berkata: Sabda Nabi, “Apabila imam salat
dengan duduk, salatlah kalian dengan duduk,” ini ketika sakit beliau yang
awal. Setelah itu, Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—pernah salat dengan
duduk sedangkan orang-orang di belakang beliau salat dengan berdiri. Beliau
tidak memerintahkan mereka agar duduk. Jadi syariat yang diambil adalah yang
paling akhir dari perbuatan Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—.