Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 689

٦٨٩ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ يُوسُفَ قَالَ: أَخۡبَرَنَا مَالِكٌ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ رَكِبَ فَرَسًا فَصُرِعَ عَنۡهُ، فَجُحِشَ شِقُّهُ الۡأَيۡمَنُ، فَصَلَّى صَلَاةً مِنَ الصَّلَوَاتِ وَهُوَ قَاعِدٌ، فَصَلَّيۡنَا وَرَاءَهُ قُعُودًا، فَلَمَّا انۡصَرَفَ قَالَ: (إِنَّمَا جُعِلَ الۡإِمَامُ لِيُؤۡتَمَّ بِهِ، فَإِذَا صَلَّى قَائِمًا فَصَلُّوا قِيَامًا، فَإِذَا رَكَعَ فَارۡكَعُوا، وَإِذَا رَفَعَ فَارۡفَعُوا، وَإِذَا قَالَ: سَمِعَ اللهُ لِمَنۡ حَمِدَهُ، فَقُولُوا: رَبَّنَا وَلَكَ الۡحَمۡدُ، وَإِذَا صَلَّى قَائِمًا فَصَلُّوا قِيَامًا، وَإِذَا صَلَّى جَالِسًا فَصَلُّوا جُلُوسًا أَجۡمَعُونَ). قَالَ أَبُو عَبۡدِ اللهِ: قَالَ الۡحُمَيۡدِيُّ: قَوۡلُهُ: (إِذَا صَلَّى جَالِسًا فَصَلُّوا جُلُوسًا) هُوَ فِي مَرَضِهِ الۡقَدِيمِ، ثُمَّ صَلَّى بَعۡدَ ذٰلِكَ النَّبِيُّ ﷺ جَالِسًا، وَالنَّاسُ خَلۡفَهُ قِيَامًا، لَمۡ يَأۡمُرۡهُمۡ بِالۡقُعُودِ، وَإِنَّمَا يُؤۡخَذُ بِالۡآخِرِ فَالۡآخِرِ مِنۡ فِعۡلِ النَّبِيِّ ﷺ. [طرفه في: ٣٧٨].

689. ‘Abdullah bin Yusuf telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Malik mengabarkan kepada kami dari Ibnu Syihab, dari Anas bin Malik: Bahwa Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—menunggang seekor kuda lalu beliau terjungkal sehingga sisi tubuh kanan beliau terluka. Beliau salat beberapa kali dengan duduk. Kami salat di belakang beliau dengan duduk pula. Seusai salat, beliau bersabda, “Imam itu dijadikan untuk diikuti. Apabila imam salat dengan berdiri, kalian salat dengan berdiri pula. Apabila imam rukuk, kalian ikut rukuk. Apabila imam bangkit (dari rukuk), kalian ikut bangkit. Apabila imam mengucapkan: sami’allahu liman hamidah (Allah Maha Mendengar siapa saja yang memuji-Nya), kalian ucapkan: rabbana wa lakal hamd (Ya Rabana, bagi-Mu segala pujian). Apabila imam salat dengan berdiri, salatlah kalian dengan berdiri. Apabila imam salat dengan duduk, salatlah kalian semua dengan duduk.”

Abu ‘Abdullah berkata: Al-Humaidi berkata: Sabda Nabi, “Apabila imam salat dengan duduk, salatlah kalian dengan duduk,” ini ketika sakit beliau yang awal. Setelah itu, Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—pernah salat dengan duduk sedangkan orang-orang di belakang beliau salat dengan berdiri. Beliau tidak memerintahkan mereka agar duduk. Jadi syariat yang diambil adalah yang paling akhir dari perbuatan Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—.