Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 686

٥٠ - بَابٌ إِذَا زَارَ الۡإِمَامُ قَومًا فَأَمَّهُمۡ
50. Apabila imam mengunjungi suatu kaum lalu mengimami salat mereka


٦٨٦ - حَدَّثَنَا مُعَاذُ بۡنُ أَسَدٍ: أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ اللهِ: أَخۡبَرَنَا مَعۡمَرٌ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ قَالَ: أَخۡبَرَنِي مَحۡمُودُ بۡنُ الرَّبِيعِ قَالَ: سَمِعۡتُ عِتۡبَانَ بۡنَ مَالِكٍ الۡأَنۡصَارِيَّ قَالَ: اسۡتَأۡذَنَ النَّبِيُّ ﷺ فَأَذِنۡتُ لَهُ، فَقَالَ: (أَيۡنَ تُحِبُّ أَنۡ أُصَلِّيَ مِنۡ بَيۡتِكَ؟) فَأَشَرۡتُ لَهُ إِلَى الۡمَكَانِ الَّذِي أُحِبُّ، فَقَامَ وَصَفَفۡنَا خَلۡفَهُ، ثُمَّ سَلَّمَ وَسَلَّمۡنَا. [طرفه في: ٤٢٤].

686. Mu’adz bin Asad telah menceritakan kepada kami: ‘Abdullah mengabarkan kepada kami: Ma’mar mengabarkan kepada kami dari Az-Zuhri. Beliau berkata: Mahmud bin Ar-Rabi’ mengabarkan kepadaku. Beliau berkata: Aku mendengar ‘Itban bin Malik Al-Anshari berkata:

Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—meminta izin masuk. Aku mengizinkan beliau. Beliau bertanya, “Di bagian rumahmu yang mana engkau senang aku salat?”

Aku menunjuk ke tempat yang aku sukai. Beliau berdiri salat dan kami berbaris membuat saf di belakang beliau. Kemudian beliau salam dan kami juga salam.