٢٦٧٢ – عَاصِمُ بۡنُ عَدِيٍّ
2672. ‘Ashim bin ‘Adi
ب د ع: عَاصِمُ بۡنُ عَدِيِّ بۡنِ الۡجَدِّ بۡنِ الۡعَجۡلَانِ بۡنِ حَارِثَةَ
بۡنِ ضُبَيۡعَةَ بۡنِ حَرَامِ بۡنِ جُعَلَ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ وَدۡمِ بۡنِ
ذُبۡيَانَ بۡنِ هَمِيمِ بۡنِ ذُهۡلِ بۡنِ بَلِيٍّ، الۡبَلَوِيُّ، حَلِيفُ بَنِي
عُبَيۡدِ بۡنِ زَيۡدٍ، مِنۡ بَنِي عَمۡرِو بۡنِ عَوۡفٍ، مِنَ الۡأَوۡسِ مِنَ
الۡأَنۡصَارِ، يُكۡنَى أَبَا عَبۡدِ اللهِ، وَقِيلَ: أَبُو عُمَرَ، وَأَبُو
عَمۡرٍو، وَهُوَ أَخُو مَعۡنِ بۡنِ عَدِيٍّ، وَكَانَ سَيِّدَ بَنِي
الۡعَجۡلَانِ.
‘Ashim bin ‘Adi bin Al-Jadd bin Al-‘Ajlan bin Haritsah bin Dhubai’ah bin Haram
bin Ju’al bin ‘Amr bin Wadm bin Dzubyan bin Hamim bin Dzuhl bin Bali,
Al-Balawi. Sekutu bani ‘Ubaid bin Zaid dari bani ‘Amr bin ‘Auf, dari Al-Aus,
dari Ansar.
Beliau dipanggil dengan kunyah Abu ‘Abdullah. Ada yang mengatakan: Abu ‘Umar
dan Abu ‘Amr. Beliau adalah saudara Ma’n bin ‘Adi. Beliau adalah pemuka bani
Al-‘Ajlan.
شَهِدَ بَدۡرًا، وَأُحُدًا، وَالۡخَنۡدَقَ، وَالۡمَشَاهِدَ كُلَّهَا، مَعَ
رَسُولِ اللهِ ﷺ، وَقِيلَ: لَمۡ يَشۡهَدۡ بَدۡرًا بِنَفۡسِهِ؛ لِأَنَّ رَسُولَ
اللهِ رَدَّهُ مِنَ الرَّوۡحَاءِ، وَاسۡتَخۡلَفَهُ عَلَى الۡعَالِيَةِ مِنَ
الۡمَدِينَةِ، قَالَهُ مُحَمَّدُ بۡنُ إِسۡحَاقَ، وَابۡنُ شِهَابٍ، وَضَرَبَ
لَهُ رَسُولُ اللهِ ﷺ بِسَهۡمِهِ وَأَجۡرِهِ.
Beliau mengikuti perang Badr, Uhud, Khandaq, dan semua perang bersama
Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Ada yang mengatakan bahwa beliau
tidak mengikuti perang Badr secara langsung karena Rasulullah menyuruhnya
kembali dari Ar-Rauha` dan menunjuknya sebagai pengganti beliau di Al-‘Aliyah
daerah bagian Madinah. Ini dikatakan oleh Muhammad bin Ishaq dan Ibnu Syihab.
Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—tetap menetapkan jatah dan ganjaran
untuknya.
وَهُوَ الَّذِي سَأَلَ رَسُولَ اللهِ ﷺ لِعُوَيۡمِرٍ الۡعَجۡلَانِيِّ،
فَنَزَلَتۡ قِصَّةُ اللِّعَانِ، وَهُوَ وَالِدُ أَبِي الۡبَدَّاحِ بۡنِ
عَاصِمٍ.
Beliau adalah orang yang bertanya kepada Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa
sallam—untuk ‘Uwaimir Al-‘Ajlani, lalu kisah lian turun. Beliau adalah orang
tua Abu Al-Baddah bin ‘Ashim.
أَخۡبَرَنَا أَبُو الۡقَاسِمِ يَعِيشُ بۡنُ صَدَقَةَ بۡنِ عَلِيٍّ الۡفَقِيهُ
بِإِسۡنَادِهِ إِلَى أَبِي عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ النَّسَائِيِّ، قَالَ:
أَخۡبَرَنَا عَمۡرُو بۡنُ عَلِيٍّ، حَدَّثَنَا يَحۡيَى، حَدَّثَنَا مَالِكٌ،
حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ أَبِي بَكۡرٍ عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ أَبِي
الۡبَدَّاحِ بۡنِ عَاصِمِ بۡنِ عَدِيٍّ، عَنۡ أَبِيهِ: أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ
رَخَّصَ لِلرِّعَاءِ فِي الۡبَيۡتُوتَةِ، يَرۡمُونَ النَّحَرَ وَالۡيَوۡمَيۡنِ
اللَّذَيۡنِ بَعۡدَهُ، يَجۡمَعُونَهُمَا فِي أَحَدِهِمَا.
Abu Al-Qasim Ya’isy bin Shadaqah bin ‘Ali Al-Faqih telah mengabarkan kepada
kami dengan sanadnya sampai kepada ‘Abdurrahman An-Nasa`i. Beliau berkata:
‘Amr bin ‘Ali mengabarkan kepada kami: Yahya menceritakan kepada kami: Malik
menceritakan kepada kami: ‘Abdullah bin Abu Bakr menceritakan kepada kami dari
ayahnya, dari Abu Al-Baddah bin ‘Ashim bin ‘Adi, dari ayahnya: Bahwa
Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—memberi keringanan bagi para
penggembala di tempat menginap (tidak mabit di Mina), mereka tetap melempari
(jamrah) di hari nahar dan dua hari setelahnya. (Keringanan cara melempari
jamrah untuk dua hari tersebut adalah) dengan mengumpulkan kedua hari itu pada
salah satunya.
وَتُوُفِّيَ سَنَةَ خَمۡسٍ وَأَرۡبَعِينَ، وَقَدۡ عَاشَ مِائَةَ سَنَةٍ
وَخَمۡسَ عَشَرَةَ سَنَةً، وَقِيلَ: عَاشَ مِائَةَ سَنَةٍ وَعِشۡرِينَ
سَنَةٍ.
Beliau wafat pada tahun 45 H. Beliau hidup selama 115 tahun. Ada yang
mengatakan bahwa beliau hidup selama 120 tahun.
أَخۡرَجَهُ الثَّلَاثَةُ.
Biografi beliau disebutkan oleh tiga orang (Ibnu Mandah, Abu Nu’aim, dan Abu
‘Umar).
وَدۡم: بِفَتۡحِ الۡوَاوِ، وَالدَّالِ الۡمُهۡمَلَةِ.
Wadm: dengan huruf wawu yang difatah dan huruf dal tanpa titik.