Cari Blog Ini

Usdul Ghabah - 647. Jabir bin 'Abdulah bin 'Amr

٦٤٧ – جَابِرُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو
647. Jabir bin ‘Abdullah bin ‘Amr


ب د ع: جَابِرُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ حَرَامِ بۡنِ كَعۡبِ بۡنِ غَنۡمِ بۡنِ كَعۡبِ بۡنِ سَلِمَةَ، يَجۡتَمِعُ هُوَ وَالَّذِي قَبۡلَهُ فِي غَنۡمِ بۡنِ كَعۡبٍ، وَكِلَاهُمَا أَنۡصَارِيَّانِ سَلِمِيَّانِ، وَقِيلَ فِي نَسَبِهِ غَيۡرُ هَٰذَا، وَهَٰذَا أَشۡهَرُهَا،

Jabir bin ‘Abdullah bin ‘Amr bin Haram bin Ka’b bin Ghanm bin Ka’b bin Salimah. Beliau dan sahabat yang disebutkan sebelumnya bertemu nasabnya pada Ghanm bin Ka’b. Kedua-duanya merupakan sahabat Ansar dan dari bani Salim. Ada yang menyebutkan nasab selain ini, namun nasab ini yang paling masyhur.

وَأُمُّهُ: نُسَيۡبَةُ بِنۡتُ عُقۡبَةَ بۡنِ عَدِيِّ بۡنِ سِنَانِ بۡنِ نَابِي بۡنِ زَيۡدِ بۡنِ حَرَامِ بۡنِ كَعۡبِ بۡنِ غَنۡمٍ، تَجۡتَمِعُ هِيَ وَأَبُوهُ فِي حَرَامٍ، يُكۡنَى أَبَا عَبۡدِ اللهِ، وَقِيلَ: أَبُو عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ، وَالۡأَوَّلُ أَصَحُّ، شَهِدَ الۡعَقَبَةَ الثَّانِيَةَ مَعَ أَبِيهِ وَهُوَ صَبِيٌّ، وَقَالَ بَعۡضُهُمۡ: شَهِدَ بَدۡرًا، وَقِيلَ: لَمۡ يَشۡهَدۡهَا، وَكَذٰلِكَ غَزۡوَةَ أُحُدٍ.

Umi beliau adalah Nusaibah binti ‘Uqbah bin ‘Adi bin Sinan bin Nabi bin Zaid bin Haram bin Ka’b bin Ghanm. Nasabnya dan ayah Jabir bertemu pada Haram.

Jabir dipanggil dengan kunyah Abu ‘Abdullah. Ada yang mengatakan: Abu ‘Abdurrahman. Namun yang pertama lebih sahih.

Beliau mengikuti baiat Aqabah kedua bersama ayahnya ketika beliau masih kanak-kanak. Sebagian mereka berkata bahwa Jabir mengikuti perang Badr. Ada pula yang mengatakan bahwa Jabir tidak mengikutinya, begitu pula dengan perang Uhud.

أَخۡبَرَنَا أَبُو الۡفَضۡلِ الۡمَنۡصُورُ بۡنُ أَبِي الۡحَسَنِ بۡنِ أَبِي عَبۡدِ اللهِ الۡمَخۡزُومِيُّ، بِإِسۡنَادِهِ إِلَى أَحۡمَدَ بۡنِ عَلِيِّ بۡنِ الۡمُثَنَّى قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو خَيۡثَمَةَ، أَخۡبَرَنَا رَوۡحٌ، أَخۡبَرَنَا زَكَرِيَّا، حَدَّثَنَا أَبُو الزُّبَيۡرِ، أَنَّهُ سَمِعَ جَابِرًا يَقُولُ: غَزَوۡتُ مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ سَبۡعَ عَشۡرَةَ غَزۡوَةٍ، قَالَ جَابِرٌ: لَمۡ أَشۡهَدۡ بَدۡرًا وَلَا أُحُدًا، مَنَعَنِي أَبِي، فَلَمَّا قُتِلَ يَوۡمَ أُحُدٍ، لَمۡ أَتَخَلَّفۡ عَنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ فِي غَزۡوَةٍ قَطُّ.

Abu Al-Fadhl Al-Manshur bin Abu Al-Hasan bin Abu ‘Abdullah Al-Makhzumi telah mengabarkan kepada kami dengan sanadnya kepada Ahmad bin ‘Ali bin Al-Mutsanna. Beliau berkata: Abu Khaitsamah menceritakan kepada kami: Rauh mengabarkan kepada kami: Zakariyya mengabarkan kepada kami: Abu Az-Zubair menceritakan kepada kami bahwa beliau mendengar Jabir mengatakan: Aku mengikuti perang bersama Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—sebanyak tujuh belas peperangan. Jabir berkata: Aku tidak mengikuti perang Badr dan tidak pula Uhud. Ayahku mencegahku. Ketika beliau terbunuh pada hari Uhud, aku tidak pernah lagi tertinggal perang bersama Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—.

وَقَالَ الۡكَلۡبِيُّ: شَهِدَ جَابِرٌ أُحُدًا وَقِيلَ: شَهِدَ مَعَ النَّبِيّ ﷺ ثَمَانِ عَشۡرَةَ غَزۡوَةً، وَشَهِدَ صِفِّينَ مَعَ عَلِيِّ بۡنِ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، وَعَمِيَ فِي آخِرِ عُمۡرِهِ، وَكَانَ يُحۡفِيُ شَارِبَهُ، وَكَانَ يُخۡضِبُ بِالصُّفۡرَةِ، وَهُوَ آخِرُ مَنۡ مَاتَ بِالۡمَدِينَةِ مِمَّنۡ شَهِدَ الۡعَقَبَةِ.

Al-Kalbi berkata: Jabir mengikuti perang Uhud. Ada yang mengatakan: Jabir mengikuti delapan belas peperangan bersama Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Beliau juga mengikuti perang Shiffin bersama ‘Ali bin Abu Thalib—radhiyallahu ‘anhu—.

Jabir mengalami kebutaan di akhir umurnya. Beliau biasa mencukur habis kumisnya dan mewarnai (jenggot) dengan warna kuning. Beliau adalah orang terakhir meninggal di Madinah dari kalangan sahabat yang menyaksikan baiat Aqabah.

وَقَدۡ أَوۡرَدَ ابۡنُ مَنۡدَهۡ فِي اسۡمِهِ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ حَضَرَ الۡمَوۡسِمُ وَخَرَجَ نَفَرٌ مِنَ الۡأَنۡصَارِ، مِنۡهُمۡ أَسۡعَدُ بۡنُ زُرَارَةَ، وَجَابِرُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ السَّلِمِيُّ، وَقُطۡبَةُ بۡنُ عَامِرٍ، وَذَكَرَهُمۡ، قَالَ: فَأَتَاهُمۡ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَدَعَاهُمۡ إِلَى الۡإِسۡلَامِ وَذَكَرَ الۡحَدِيثَ،

Ibnu Mandah membawa riwayat di dalam (bab) nama beliau bahwa Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—ketika musim haji datang, serombongan sahabat Ansar keluar.[1] Di antara mereka adalah As’ad bin Zurarah, Jabir bin ‘Abdullah As-Salimi, Quthbah bin ‘Amir, dan beliau menyebutkan yang lain. Ibnu Mandah berkata: Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mendatangi mereka dan mengajak mereka kepada Islam. Ibnu Mandah menyebutkan kelanjutan hadis.

فَظَنَّ أَنَّ جَابِرَ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ السَّلِمِيَّ هُوَ ابۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ حَرَامٍ، وَلَيۡسَ كَذٰلِكَ، وَإِنَّمَا هُوَ جَابِرُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنُ رِئَابٍ، وَقَدۡ تَقَدَّمَ ذِكۡرُهُ قَبۡلَ هَٰذِهِ التَّرۡجَمَةِ، وَقَدۡ كَانَ جَابِرٌ هَٰذَا أَصۡغَرَ مَنۡ شَهِدَ الۡعَقَبَةَ الثَّانِيَةَ مَعَ أَبِيهِ، فَيَكُونُ فِي أَوَّلِ الۡأَمۡرِ رَأۡسًا فِيهِمۡ.. هَٰذَا بَعِيدٌ؛ عَلَى أَنَّ النَّقۡلَ الصَّحِيحَ مِنَ الۡأَئِمَّةِ أَنَّهُ جَابِرُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ رِئَابٍ. وَاللهُ أَعۡلَمُ.

Ibnu Mandah mengira bahwa Jabir bin ‘Abdullah As-Salimi itu adalah putra ‘Abdullah bin ‘Amr bin Haram. Padahal tidak demikian. Dia adalah Jabir bin ‘Abdullah bin Ri`ab yang sudah disebutkan sebelum biografi sahabat ini. Jabir yang ini adalah orang termuda yang menyaksikan baiat Aqabah kedua bersama ayahnya[2], lalu bagaimana dia bisa menjadi pemimpin dalam peristiwa pertama?! Ini tentu tidak mungkin. Apalagi penukilan yang sahih dari para imam menyebutkan bahwa dia (yang disebutkan dalam peristiwa pertama) adalah Jabir bin ‘Abdullah bin Ri`ab. Wallahualam.

وَكَانَ مِنَ الۡمُكۡثِرِينَ فِي الۡحَدِيثِ، الۡحَافِظِينَ لِلسُّنَنِ، رَوَى عَنۡهُ مُحَمَّدُ بۡنُ عَلِيِّ بۡنِ الۡحُسَيۡنِ، وَعَمۡرُو بۡنُ دِينَارٍ، وَأَبُو الزُّبَيۡرِ الۡمَكِّيُّ، وَعَطَاءُ، وَمُجَاهِدٌ، وَغَيۡرُهُمۡ.

Jabir bin ‘Abdullah termasuk sahabat yang banyak meriwayatkan hadis dan penghafal sunah. Yang meriwayatkan dari beliau adalah Muhammad bin ‘Ali bin Al-Husain, ‘Amr bin Dinar, Abu Az-Zubair Al-Makki, ‘Atha`, Mujahid, dan selain mereka.

أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ أَحۡمَدَ بۡنِ عَبۡدِ الۡقَاهِرِ، أَخۡبَرَنَا أَبُو الۡخَطَّابِ نَصۡرُ بۡنُ أَحۡمَدَ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ الۡقَارِىءُ، إِجَازَةً إِنۡ لَمۡ يَكُنۡ سَمَاعًا، أَخۡبَرَنَا الۡحَسَنُ بۡنُ أَحۡمَدَ بۡنِ إِبۡرَاهِيمَ بۡنِ شَاذَانَ أَبُو عَلِيٍّ، أَخۡبَرَنَا عُثۡمَانُ بۡنُ أَحۡمَدَ الدَّقَّاقُ، أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ الۡمَلِكِ بۡنُ مُحَمَّدٍ أَبُو قِلَابَةَ الرَّقَاشِيُّ، أَخۡبَرَنَا أَبُو رَبِيعَةَ، أَخۡبَرَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنِ الۡأَعۡمَشِ عَنۡ أَبِي سُفۡيَانَ، عَنۡ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ قَالَ سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (اهۡتَزَّ عَرۡشُ الرَّحۡمَٰنِ لِمَوۡتِ سَعۡدِ بۡنِ مُعَاذٍ)، فَقِيلَ لِجَابِرٍ: إِنَّ الۡبَرَاءَ يَقُولُ: اهۡتَزَّ السَّرِيرُ، فَقَالَ جَابِرٌ: كَانَ بَيۡنَ هَٰذَيۡنِ الۡحَيَّيۡنِ: الۡأَوۡسِ وَالۡخَزۡرَجِ ضَغَائِنُ، سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (اهۡتَزَّ عَرۡشُ الرَّحۡمَٰنِ).

‘Abdullah bin Ahmad bin ‘Abdul Qahir telah mengabarkan kepada kami: Abu Al-Khaththab Nashr bin Ahmad bin ‘Abdullah Al-Qari` mengabarkan kepada kami—dengan metode ijazah, jika tidak dengan metode sama’—: Al-Hasan bin Ahmad bin Ibrahim bin Syadzan Abu ‘Ali mengabarkan kepada kami: ‘Utsman bin Ahmad Ad-Daqqaq mengabarkan kepada kami: ‘Abdul Malik bin Muhammad Abu Qilabah Ar-Raqasyi mengabarkan kepada kami: Abu Rabi’ah mengabarkan kepada kami: Abu ‘Awanah mengabarkan kepada kami dari Al-A’masy, dari Abu Sufyan, dari Jabir bin ‘Abdullah.

Beliau mengatakan: Aku mendengar Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Arasy Ar-Rahman bergetar karena meninggalnya Sa’d bin Mu’adz.”

Ada yang berkata kepada Jabir: Sesungguhnya Al-Bara` mengatakan bahwa kerandanya bergetar.

Jabir berkata: Dahulu, di antara dua kabilah ini, yaitu Al-Aus dan Al-Khazraj ada kedengkian-kedengkian. Aku mendengar Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Arasy Ar-Rahman bergetar.”[3]

قُلۡتُ: وَجَابِرٌ أَيۡضًا مِنَ الۡخَزۡرَجِ، حَمَلَهُ دِينُهُ عَلَى قَوۡلِ الۡحَقِّ وَالۡإِنۡكَارِ عَلَى مَنۡ كَتَمَهُ.

Aku katakan: Jabir juga dari kabilah Al-Khazraj. Agama beliau lah yang mendorong beliau untuk mengucapkan kebenaran dan mengingkari siapa saja yang menyembunyikan kebenaran.

أَخۡبَرَنَا إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ عُبَيۡدِ اللهِ بۡنِ عَلِيٍّ، وَأَبُو جَعۡفَرِ بۡنُ أَحۡمَدَ بۡنِ عَلِيٍّ، وَإِبۡرَاهِيمُ بۡنُ مُحَمَّدِ بۡنِ مِهۡرَانَ، بِإِسۡنَادِهِمۡ إِلَى أَبِي عِيسَى مُحَمَّدِ بۡنِ عِيسَى قَالَ: حَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي عُمَرَ، أَخۡبَرَنَا بِشۡرُ بۡنُ السُّرِّيِّ، أَخۡبَرَنَا حَمَّادُ بۡنُ سَلَمَةَ، عَنۡ أَبِي الزُّبَيۡرِ، عَنۡ جَابِرٍ قَالَ: اسۡتَغۡفَرَ لِي رَسُولُ اللهِ ﷺ لَيۡلَةَ الۡبَعِيرِ خَمۡسًا وَعِشۡرِينَ مَرَّةً، يَعۡنِي بِقَوۡلِهِ: لَيۡلَةَ الۡبَعِيرِ: أَنَّهُ بَاعَ مِنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ بَعِيرًا، وَاشۡتَرَطَ ظَهۡرَهُ إِلَى الۡمَدِينَةَ، وَكَانَ فِي غَزۡوَةٍ لَهُمۡ.

Isma’il bin ‘Ubaidullah bin ‘Ali, Abu Ja’far bin Ahmad bin ‘Ali, dan Ibrahim bin Muhammad bin Mihran telah mengabarkan kepada kami dengan sanad mereka kepada Abu ‘Isa Muhammad bin ‘Isa. Beliau berkata: Ibnu Abu ‘Umar menceritakan kepada kami: Bisyr bin As-Surri mengabarkan kepada kami: Hammad bin Salamah mengabarkan kepada kami dari Abu Az-Zubair, dari Jabir. Beliau mengatakan: Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—memintakan ampunan untukku di malam unta sebanyak dua puluh lima kali.

Yang dimaksud dengan ucapan beliau “malam unta” adalah malam ketika Jabir menjual seekor unta kepada Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dan Jabir memberi syarat untuk bisa menungganginya sampai Madinah. Kejadian itu ketika mereka pulang dari perang.

وَتُوُفِّيَ جَابِرٌ سَنَةَ أَرۡبَعٍ وَسَبۡعِينَ، وَقِيلَ: سَنَةَ سَبۡعٍ وَسَبۡعِينَ، وَصَلَّى عَلَيۡهِ أَبَانُ بۡنُ عُثۡمَانَ، وَكَانَ أَمِيرَ الۡمَدِينَةِ، وَكَانَ عُمۡرُ جَابِرٍ أَرۡبَعًا وَتِسۡعِينَ سَنَةً.

Jabir wafat pada tahun 74 H. Ada yang mengatakan: pada tahun 77 H. Aban bin ‘Utsman—pemimpin Madinah kala itu—menyalati jenazahnya. Usia Jabir adalah 94 tahun.

أَخۡرَجَهُ الثَّلَاثَةُ.

Biografi beliau disebutkan oleh tiga orang (Ibnu Mandah, Abu Nu’aim, dan Abu ‘Umar).


[1] Terjadi di tahun 11 kenabian.
[2] Terjadi di tahun 13 kenabian.
[3] HR. Al-Bukhari nomor 3803.