٦٤٧ – جَابِرُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو
647.
Jabir bin ‘Abdullah
bin ‘Amr
ب د ع: جَابِرُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ حَرَامِ بۡنِ كَعۡبِ بۡنِ
غَنۡمِ بۡنِ كَعۡبِ بۡنِ سَلِمَةَ، يَجۡتَمِعُ هُوَ وَالَّذِي قَبۡلَهُ فِي
غَنۡمِ بۡنِ كَعۡبٍ، وَكِلَاهُمَا أَنۡصَارِيَّانِ سَلِمِيَّانِ، وَقِيلَ فِي
نَسَبِهِ غَيۡرُ هَٰذَا، وَهَٰذَا أَشۡهَرُهَا،
Jabir bin ‘Abdullah
bin ‘Amr bin Haram bin Ka’b bin Ghanm bin Ka’b bin Salimah. Beliau dan sahabat
yang disebutkan sebelumnya bertemu nasabnya pada Ghanm bin Ka’b. Kedua-duanya
merupakan sahabat Ansar dan dari bani Salim. Ada yang menyebutkan nasab selain
ini, namun nasab ini yang paling masyhur.
وَأُمُّهُ: نُسَيۡبَةُ بِنۡتُ عُقۡبَةَ بۡنِ عَدِيِّ بۡنِ سِنَانِ بۡنِ نَابِي
بۡنِ زَيۡدِ بۡنِ حَرَامِ بۡنِ كَعۡبِ بۡنِ غَنۡمٍ، تَجۡتَمِعُ هِيَ وَأَبُوهُ
فِي حَرَامٍ، يُكۡنَى أَبَا عَبۡدِ اللهِ، وَقِيلَ: أَبُو عَبۡدِ الرَّحۡمَٰنِ،
وَالۡأَوَّلُ أَصَحُّ، شَهِدَ الۡعَقَبَةَ الثَّانِيَةَ مَعَ أَبِيهِ وَهُوَ
صَبِيٌّ، وَقَالَ بَعۡضُهُمۡ: شَهِدَ بَدۡرًا، وَقِيلَ: لَمۡ يَشۡهَدۡهَا،
وَكَذٰلِكَ غَزۡوَةَ أُحُدٍ.
Umi beliau adalah Nusaibah binti ‘Uqbah bin ‘Adi bin Sinan bin Nabi bin Zaid
bin Haram bin Ka’b bin Ghanm. Nasabnya dan ayah Jabir bertemu pada Haram.
Jabir dipanggil dengan kunyah Abu ‘Abdullah. Ada yang mengatakan: Abu
‘Abdurrahman. Namun yang pertama lebih sahih.
Beliau mengikuti baiat Aqabah kedua bersama ayahnya ketika beliau masih
kanak-kanak. Sebagian mereka berkata bahwa Jabir mengikuti perang Badr. Ada
pula yang mengatakan bahwa Jabir tidak mengikutinya, begitu pula dengan perang
Uhud.
أَخۡبَرَنَا أَبُو الۡفَضۡلِ الۡمَنۡصُورُ بۡنُ أَبِي الۡحَسَنِ بۡنِ أَبِي
عَبۡدِ اللهِ الۡمَخۡزُومِيُّ، بِإِسۡنَادِهِ إِلَى أَحۡمَدَ بۡنِ عَلِيِّ بۡنِ
الۡمُثَنَّى قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو خَيۡثَمَةَ، أَخۡبَرَنَا رَوۡحٌ،
أَخۡبَرَنَا زَكَرِيَّا، حَدَّثَنَا أَبُو الزُّبَيۡرِ، أَنَّهُ سَمِعَ
جَابِرًا يَقُولُ: غَزَوۡتُ مَعَ رَسُولِ اللهِ ﷺ سَبۡعَ عَشۡرَةَ غَزۡوَةٍ،
قَالَ جَابِرٌ: لَمۡ أَشۡهَدۡ بَدۡرًا وَلَا أُحُدًا، مَنَعَنِي أَبِي،
فَلَمَّا قُتِلَ يَوۡمَ أُحُدٍ، لَمۡ أَتَخَلَّفۡ عَنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ فِي
غَزۡوَةٍ قَطُّ.
Abu Al-Fadhl Al-Manshur bin Abu Al-Hasan bin Abu ‘Abdullah Al-Makhzumi telah
mengabarkan kepada kami dengan sanadnya kepada Ahmad bin ‘Ali bin Al-Mutsanna.
Beliau berkata: Abu Khaitsamah menceritakan kepada kami: Rauh mengabarkan
kepada kami: Zakariyya mengabarkan kepada kami: Abu Az-Zubair menceritakan
kepada kami bahwa beliau mendengar Jabir mengatakan: Aku mengikuti perang
bersama Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—sebanyak tujuh belas
peperangan. Jabir berkata: Aku tidak mengikuti perang Badr dan tidak pula
Uhud. Ayahku mencegahku. Ketika beliau terbunuh pada hari Uhud, aku tidak
pernah lagi tertinggal perang bersama Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa
sallam—.
وَقَالَ الۡكَلۡبِيُّ: شَهِدَ جَابِرٌ أُحُدًا وَقِيلَ: شَهِدَ مَعَ النَّبِيّ
ﷺ ثَمَانِ عَشۡرَةَ غَزۡوَةً، وَشَهِدَ صِفِّينَ مَعَ عَلِيِّ بۡنِ أَبِي
طَالِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، وَعَمِيَ فِي آخِرِ عُمۡرِهِ، وَكَانَ يُحۡفِيُ
شَارِبَهُ، وَكَانَ يُخۡضِبُ بِالصُّفۡرَةِ، وَهُوَ آخِرُ مَنۡ مَاتَ
بِالۡمَدِينَةِ مِمَّنۡ شَهِدَ الۡعَقَبَةِ.
Al-Kalbi berkata: Jabir mengikuti perang Uhud. Ada yang mengatakan: Jabir
mengikuti delapan belas peperangan bersama Nabi—shallallahu ‘alaihi wa
sallam—. Beliau juga mengikuti perang Shiffin bersama ‘Ali bin Abu
Thalib—radhiyallahu ‘anhu—.
Jabir mengalami kebutaan di akhir umurnya. Beliau biasa mencukur habis
kumisnya dan mewarnai (jenggot) dengan warna kuning. Beliau adalah orang
terakhir meninggal di Madinah dari kalangan sahabat yang menyaksikan baiat
Aqabah.
وَقَدۡ أَوۡرَدَ ابۡنُ مَنۡدَهۡ فِي اسۡمِهِ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ حَضَرَ
الۡمَوۡسِمُ وَخَرَجَ نَفَرٌ مِنَ الۡأَنۡصَارِ، مِنۡهُمۡ أَسۡعَدُ بۡنُ
زُرَارَةَ، وَجَابِرُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ السَّلِمِيُّ، وَقُطۡبَةُ بۡنُ
عَامِرٍ، وَذَكَرَهُمۡ، قَالَ: فَأَتَاهُمۡ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَدَعَاهُمۡ إِلَى
الۡإِسۡلَامِ وَذَكَرَ الۡحَدِيثَ،
Ibnu Mandah membawa riwayat di dalam (bab) nama beliau bahwa
Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—ketika musim haji datang, serombongan
sahabat Ansar keluar.[1]
Di antara mereka adalah
As’ad bin Zurarah, Jabir bin ‘Abdullah As-Salimi, Quthbah bin ‘Amir, dan beliau menyebutkan
yang lain. Ibnu Mandah berkata: Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa
sallam—mendatangi mereka dan mengajak mereka kepada Islam. Ibnu Mandah
menyebutkan kelanjutan hadis.
فَظَنَّ أَنَّ جَابِرَ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ السَّلِمِيَّ هُوَ ابۡنُ عَبۡدِ
اللهِ بۡنِ عَمۡرِو بۡنِ حَرَامٍ، وَلَيۡسَ كَذٰلِكَ، وَإِنَّمَا هُوَ جَابِرُ
بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنُ رِئَابٍ، وَقَدۡ تَقَدَّمَ ذِكۡرُهُ قَبۡلَ هَٰذِهِ
التَّرۡجَمَةِ، وَقَدۡ كَانَ جَابِرٌ هَٰذَا أَصۡغَرَ مَنۡ شَهِدَ الۡعَقَبَةَ
الثَّانِيَةَ مَعَ أَبِيهِ، فَيَكُونُ فِي أَوَّلِ الۡأَمۡرِ رَأۡسًا فِيهِمۡ..
هَٰذَا بَعِيدٌ؛ عَلَى أَنَّ النَّقۡلَ الصَّحِيحَ مِنَ الۡأَئِمَّةِ أَنَّهُ
جَابِرُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ رِئَابٍ. وَاللهُ أَعۡلَمُ.
Ibnu Mandah mengira bahwa Jabir bin ‘Abdullah As-Salimi itu adalah putra
‘Abdullah bin ‘Amr bin Haram. Padahal tidak demikian. Dia adalah Jabir bin
‘Abdullah bin Ri`ab yang sudah disebutkan sebelum biografi sahabat ini. Jabir
yang ini adalah orang termuda yang menyaksikan baiat Aqabah kedua bersama
ayahnya[2], lalu bagaimana dia bisa menjadi pemimpin dalam peristiwa pertama?! Ini
tentu tidak mungkin. Apalagi penukilan yang sahih dari para imam menyebutkan
bahwa dia (yang disebutkan dalam peristiwa pertama) adalah Jabir bin ‘Abdullah
bin Ri`ab. Wallahualam.
وَكَانَ مِنَ الۡمُكۡثِرِينَ فِي الۡحَدِيثِ، الۡحَافِظِينَ لِلسُّنَنِ، رَوَى
عَنۡهُ مُحَمَّدُ بۡنُ عَلِيِّ بۡنِ الۡحُسَيۡنِ، وَعَمۡرُو بۡنُ دِينَارٍ،
وَأَبُو الزُّبَيۡرِ الۡمَكِّيُّ، وَعَطَاءُ، وَمُجَاهِدٌ، وَغَيۡرُهُمۡ.
Jabir bin ‘Abdullah termasuk sahabat yang banyak meriwayatkan hadis dan
penghafal sunah. Yang meriwayatkan dari beliau adalah Muhammad bin ‘Ali bin
Al-Husain, ‘Amr bin Dinar, Abu Az-Zubair Al-Makki, ‘Atha`, Mujahid, dan selain
mereka.
أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ أَحۡمَدَ بۡنِ عَبۡدِ الۡقَاهِرِ، أَخۡبَرَنَا
أَبُو الۡخَطَّابِ نَصۡرُ بۡنُ أَحۡمَدَ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ الۡقَارِىءُ،
إِجَازَةً إِنۡ لَمۡ يَكُنۡ سَمَاعًا، أَخۡبَرَنَا الۡحَسَنُ بۡنُ أَحۡمَدَ
بۡنِ إِبۡرَاهِيمَ بۡنِ شَاذَانَ أَبُو عَلِيٍّ، أَخۡبَرَنَا عُثۡمَانُ بۡنُ
أَحۡمَدَ الدَّقَّاقُ، أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ الۡمَلِكِ بۡنُ مُحَمَّدٍ أَبُو
قِلَابَةَ الرَّقَاشِيُّ، أَخۡبَرَنَا أَبُو رَبِيعَةَ، أَخۡبَرَنَا أَبُو
عَوَانَةَ عَنِ الۡأَعۡمَشِ عَنۡ أَبِي سُفۡيَانَ، عَنۡ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ
اللهِ قَالَ سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (اهۡتَزَّ عَرۡشُ الرَّحۡمَٰنِ
لِمَوۡتِ سَعۡدِ بۡنِ مُعَاذٍ)، فَقِيلَ لِجَابِرٍ: إِنَّ الۡبَرَاءَ يَقُولُ:
اهۡتَزَّ السَّرِيرُ، فَقَالَ جَابِرٌ: كَانَ بَيۡنَ هَٰذَيۡنِ الۡحَيَّيۡنِ:
الۡأَوۡسِ وَالۡخَزۡرَجِ ضَغَائِنُ، سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ:
(اهۡتَزَّ عَرۡشُ الرَّحۡمَٰنِ).
‘Abdullah bin Ahmad bin ‘Abdul Qahir telah mengabarkan kepada kami: Abu
Al-Khaththab Nashr bin Ahmad bin ‘Abdullah Al-Qari` mengabarkan kepada
kami—dengan metode ijazah, jika tidak dengan metode sama’—: Al-Hasan bin Ahmad
bin Ibrahim bin Syadzan Abu ‘Ali mengabarkan kepada kami: ‘Utsman bin Ahmad
Ad-Daqqaq mengabarkan kepada kami: ‘Abdul Malik bin Muhammad Abu Qilabah
Ar-Raqasyi mengabarkan kepada kami: Abu Rabi’ah mengabarkan kepada kami: Abu
‘Awanah mengabarkan kepada kami dari Al-A’masy, dari Abu Sufyan, dari Jabir
bin ‘Abdullah.
Beliau mengatakan: Aku mendengar Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa
sallam—bersabda, “Arasy Ar-Rahman bergetar karena meninggalnya
Sa’d bin Mu’adz.”
Ada yang berkata kepada Jabir: Sesungguhnya Al-Bara` mengatakan bahwa
kerandanya bergetar.
Jabir berkata: Dahulu, di antara dua kabilah ini, yaitu Al-Aus dan Al-Khazraj
ada kedengkian-kedengkian. Aku mendengar Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa
sallam—bersabda, “Arasy Ar-Rahman bergetar.”[3]
قُلۡتُ: وَجَابِرٌ أَيۡضًا مِنَ الۡخَزۡرَجِ، حَمَلَهُ دِينُهُ عَلَى قَوۡلِ
الۡحَقِّ وَالۡإِنۡكَارِ عَلَى مَنۡ كَتَمَهُ.
Aku katakan: Jabir juga dari kabilah Al-Khazraj. Agama beliau lah yang
mendorong beliau untuk mengucapkan kebenaran dan mengingkari siapa saja yang
menyembunyikan kebenaran.
أَخۡبَرَنَا إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ عُبَيۡدِ اللهِ بۡنِ عَلِيٍّ، وَأَبُو جَعۡفَرِ
بۡنُ أَحۡمَدَ بۡنِ عَلِيٍّ، وَإِبۡرَاهِيمُ بۡنُ مُحَمَّدِ بۡنِ مِهۡرَانَ،
بِإِسۡنَادِهِمۡ إِلَى أَبِي عِيسَى مُحَمَّدِ بۡنِ عِيسَى قَالَ: حَدَّثَنَا
ابۡنُ أَبِي عُمَرَ، أَخۡبَرَنَا بِشۡرُ بۡنُ السُّرِّيِّ، أَخۡبَرَنَا
حَمَّادُ بۡنُ سَلَمَةَ، عَنۡ أَبِي الزُّبَيۡرِ، عَنۡ جَابِرٍ قَالَ:
اسۡتَغۡفَرَ لِي رَسُولُ اللهِ ﷺ لَيۡلَةَ الۡبَعِيرِ خَمۡسًا وَعِشۡرِينَ
مَرَّةً، يَعۡنِي بِقَوۡلِهِ: لَيۡلَةَ الۡبَعِيرِ: أَنَّهُ بَاعَ مِنۡ رَسُولِ
اللهِ ﷺ بَعِيرًا، وَاشۡتَرَطَ ظَهۡرَهُ إِلَى الۡمَدِينَةَ، وَكَانَ فِي
غَزۡوَةٍ لَهُمۡ.
Isma’il bin ‘Ubaidullah bin ‘Ali, Abu Ja’far bin Ahmad bin ‘Ali, dan Ibrahim
bin Muhammad bin Mihran telah mengabarkan kepada kami dengan sanad mereka
kepada Abu ‘Isa Muhammad bin ‘Isa. Beliau berkata: Ibnu Abu ‘Umar menceritakan
kepada kami: Bisyr bin As-Surri mengabarkan kepada kami: Hammad bin Salamah
mengabarkan kepada kami dari Abu Az-Zubair, dari Jabir. Beliau mengatakan:
Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—memintakan ampunan untukku di malam
unta sebanyak dua puluh lima kali.
Yang dimaksud dengan ucapan beliau “malam unta” adalah malam ketika Jabir
menjual seekor unta kepada Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dan Jabir
memberi syarat untuk bisa menungganginya sampai Madinah. Kejadian itu ketika
mereka pulang dari perang.
وَتُوُفِّيَ جَابِرٌ سَنَةَ أَرۡبَعٍ وَسَبۡعِينَ، وَقِيلَ: سَنَةَ سَبۡعٍ
وَسَبۡعِينَ، وَصَلَّى عَلَيۡهِ أَبَانُ بۡنُ عُثۡمَانَ، وَكَانَ أَمِيرَ
الۡمَدِينَةِ، وَكَانَ عُمۡرُ جَابِرٍ أَرۡبَعًا وَتِسۡعِينَ سَنَةً.
Jabir wafat pada tahun 74 H. Ada yang mengatakan: pada tahun 77 H. Aban bin
‘Utsman—pemimpin Madinah kala itu—menyalati jenazahnya. Usia Jabir adalah 94
tahun.
أَخۡرَجَهُ الثَّلَاثَةُ.
Biografi beliau disebutkan oleh tiga orang (Ibnu Mandah, Abu Nu’aim, dan Abu
‘Umar).
[1]
Terjadi di tahun 11 kenabian.
[2]
Terjadi di tahun 13 kenabian.
[3]
HR. Al-Bukhari nomor 3803.