Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 5367

١٢ - بَابُ عَوۡنِ الۡمَرۡأَةِ زَوۡجَهَا فِي وَلَدِهِ
12. Bab bantuan istri kepada suaminya dalam urusan anaknya


٥٣٦٧ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بۡنُ زَيۡدٍ، عَنۡ عَمۡرٍو، عَنۡ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: هَلَكَ أَبِي وَتَرَكَ سَبۡعَ بَنَاتٍ أَوۡ تِسۡعَ بَنَاتٍ فَتَزَوَّجۡتُ امۡرَأَةً ثَيِّبًا، فَقَالَ لِي رَسُولُ اللهِ ﷺ: (تَزَوَّجۡتَ يَا جَابِرُ؟). فَقُلۡتُ: نَعَمۡ، فَقَالَ: (بِكۡرًا أَمۡ ثَيِّبًا؟) قُلۡتُ: بَلۡ ثَيِّبًا، قَالَ: (فَهَلَّا جَارِيَةً تُلَاعِبُهَا وَتُلَاعِبُكَ، وَتُضَاحِكُهَا وَتُضَاحِكُكَ). قَالَ: فَقُلۡتُ لَهُ: إِنَّ عَبۡدَ اللهِ هَلَكَ، وَتَرَكَ بَنَاتٍ، وَإِنِّي كَرِهۡتُ أَنۡ أَجِيئَهُنَّ بِمِثۡلِهِنَّ، فَتَزَوَّجۡتُ امۡرَأَةً تَقُومُ عَلَيۡهِنَّ وَتُصۡلِحُهُنَّ، فَقَالَ: (بَارَكَ اللهُ لَكَ، أَوۡ: خَيۡرًا). [طرفه في: ٤٤٣].

5367. Musaddad telah menceritakan kepada kami: Hammad bin Zaid menceritakan kepada kami dari ‘Amr, dari Jabir bin ‘Abdullah—radhiyallahu ‘anhuma—. Beliau berkata: Ayahku wafat dan meninggalkan tujuh atau sembilan putri. Lalu aku menikahi seorang wanita janda.

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bertanya kepadaku, “Apa engkau sudah menikah, wahai Jabir?”

Aku menjawab, “Sudah.”

Rasulullah bertanya, “Dengan gadis atau janda?”

Aku menjawab, “Janda.”

Rasulullah berkata, “Mengapa tidak dengan seorang gadis sehingga engkau bisa bermain-main dengannya dan dia bisa bermain-main denganmu? Engkau bisa tertawa bersamanya dan dia bisa tertawa bersamamu.”

Jabir berkata: Aku mengemukakan alasan kepada beliau, “Sesungguhnya ‘Abdullah wafat dan meninggalkan banyak anak perempuan. Aku tidak suka untuk mendatangkan wanita semisal mereka, sehingga aku menikahi seorang wanita yang bisa mengurusi dan merawat mereka.”

Rasulullah bersabda, “Semoga Allah memberkahimu,” atau, “Bagus.”