Cari Blog Ini

Usdul Ghabah - 6777. Barirah maulah 'Aisyah

٦٧٧٧ - بَرِيرَةُ مَوۡلَاةُ عَائِشَةَ
6777. Barirah maulah (budak wanita yang dimerdekakan) ‘Aisyah


ب د ع: بَرِيرَةُ مَوۡلَاةُ عَائِشَةَ بِنۡتِ أَبِي بَكۡرٍ الصِّدِّيقِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمۡ، وَكَانَتۡ مَوۡلَاةً لِبَعۡضِ بَنِي هِلَالٍ. وَقِيلَ: كَانَتۡ مَوۡلَاةً لِأَبِي أَحۡمَدَ بۡنِ جَحۡشٍ. وَقِيلَ: كَانَتۡ مَوۡلَاةَ أُنَاسٍ مِنَ الۡأَنۡصَارِ، فَكَاتِبُوهَا ثُمَّ بَاعُوهَا مِنۡ عَائِشَةَ، فَأَعۡتَقَتۡهَا.

Barirah maulah ‘Aisyah binti Abu Bakr Ash-Shiddiq—radhiyallahu ‘anhum—. Dahulunya, Barirah adalah maulah sebagian bani Hilal. Ada yang mengatakan: Dahulunya, Barirah adalah maulah milik Abu Ahmad bin Jahsy. Ada pula yang mengatakan: Dahulunya, Barirah adalah maulah beberapa orang dari Ansar. Lalu mereka membuat kesepakatan dengan Barirah (dalam perkara kemerdekaan dirinya dengan harga yang ditentukan), kemudian mereka menjualnya kepada ‘Aisyah. Lalu ‘Aisyah memerdekakan Barirah.

أَخۡبَرَنَا أَبُو إِسۡحَاقَ بۡنُ مُحَمَّدٍ الۡفَقِيهُ وَغَيۡرُ وَاحِدٍ بِإِسۡنَادِهِمۡ عَنۡ أَبِي عِيسَى: حَدَّثَنَا بُنۡدَارٌ، حَدَّثَنَا ابۡنُ مَهۡدِيٍّ، حَدَّثَنَا سُفۡيَاُن، عَنۡ مَنۡصُورٍ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ، عَنِ الۡأَسۡوَدِ، عَنۡ عَائِشَةَ: أَنَّهَا أَرَادَتۡ أَنۡ تَشۡتَرِيَ بَرِيرَةَ، فَاشۡتَرَطُوا الۡوَلَاءَ، فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (الۡوَلَاءُ لِمَنۡ أَعۡطَى الثَّمَنَ - أَوۡ - لِمَنۡ وَلِيَ النِّعۡمَةَ).

Abu Ishaq bin Muhammad Al-Faqih dan lebih dari seorang telah mengabarkan kepada kami dengan sanad mereka dari Abu ‘Isa: Bundar menceritakan kepada kami: Ibnu Mahdi menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami dari Manshur, dari Ibrahim, dari Al-Aswad, dari ‘Aisyah: Bahwa beliau ingin membeli Barirah, namun mereka (majikan Barirah) mensyaratkan wala` (hak mendapat warisan budak yang dimerdekakan apabila tidak ada ahli warisnya). Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Wala` milik orang yang memberikan pembayaran harga atau milik orang yang memerdekakan.”

وَكَانَ اسۡمُ زَوۡجِهَا مُغِيثًا، وَكَانَ مَوۡلًى فَخَيَّرَهَا رَسُولُ اللهِ ﷺ فَاخۡتَارَتۡ فِرَاقَهُ، وَكَانَ يُحِبُّهَا، فَكَانَ يَمۡشِي فِي طُرُقِ الۡمَدِينَةِ وَهُوَ يَبۡكِي، وَاسۡتَشۡفَعَ إِلَيۡهَا بِرَسُولِ اللهِ ﷺ، فَقَالَ لَهَا فِيهِ، فَقَالَتۡ: أَتَأۡمُرُ؟ قَالَ: (بَلۡ أَشۡفَعُ). قَالَتۡ: فَلَا أُرِيدُهُ. وَقَدۡ اخۡتُلِفَ فِي زَوۡجِهَا: هَلۡ كَانَ عَبۡدًا أَوۡ حُرًّا. وَالصَّحِيحُ أَنَّهُ كَانَ عَبۡدًا.

Nama suami Barirah adalah Mughits. Saat itu dia masih berstatus budak. Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—memberikan pilihan kepada Barirah. Ternyata Barirah memilih berpisah dengan suaminya.

Mughits mencintai Barirah. Dia berjalan di jalan-jalan Madinah sambil menangis. Dia meminta bantuan kepada Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—untuk membujuk Barirah. Rasulullah pun berbicara kepada Barirah tentang hal itu.

Barirah bertanya, “Apakah engkau memerintahkan (itu)?”

Rasulullah berkata, “Aku hanya menolong.”

Barirah berkata, “Jika demikian, aku tidak menginginkannya.”

Suami Barirah diperselisihkan apakah ketika itu dia berstatus budak atau orang merdeka. Yang sahih adalah ketika itu dia masih budak.

أَخۡبَرَنَا أَبُو الۡفَضۡلِ بۡنُ أَبِي الۡحَسَنِ بِإِسۡنَادِهِ عَنۡ أَبِي يَعۡلَى الۡمُوصِلِيِّ قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَكَّارٍ، أَخۡبَرَنَا أَبُو مِعۡشَرٍ، حَدَّثَنِي هِشَامُ بۡنُ عُرۡوَةَ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ جَعَلَ عِدَّةَ بَرِيرَةَ حِينَ فَارَقَهَا زَوۡجُهَا عِدَّةَ الۡمُطَلَّقَةِ.

Abu Al-Fadhl bin Abu Al-Hasan telah mengabarkan kepada kami dengan sanadnya dari Abu Ya’la Al-Mushili. Beliau berkata: Muhammad bin Bakkar menceritakan kepada kami: Abu Mi’syar mengabarkan kepada kami: Hisyam bin ‘Urwah menceritakan kepadaku dari ayahnya, dari ‘Aisyah: Bahwa Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—menentukan masa idah Barirah ketika berpisah dengan suaminya sama dengan masa idah wanita yang diceraikan.

وَرُوِيَ عَنۡ عَبۡدِ الۡمَلِكِ بۡنِ مَرۡوَانَ أَنَّهُ قَالَ: كُنۡتُ أُجَالِسُ بَرِيرَةَ بِالۡمَدِينَةِ، فَكَانَتۡ تَقُولُ لِي: يَا عَبۡدَ الۡمَلِكِ، إِنِّي أَرَى فِيكَ خِصَالًا، وَإِنَّكَ لَخَلِيقٌ أَنۡ تَلِيَ هَٰذَا الۡأَمۡرَ، فَإِنۡ وَلَّيۡتَهُ فَاحۡذَرِ الدِّمَاءَ، فَإِنِّي سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (إِنَّ الرَّجُلَ لَيُدۡفَعُ عَنۡ بَابِ الۡجَنَّةِ بَعۡدَ أَنۡ يَنۡظُرَ إِلَيۡهَا بِمِلۡءِ مِحۡجَمَةٍ مِنۡ دَمٍ يُرِيقُهُ مِنۡ مُسۡلِمٍ بِغَيۡرِ حَقٍّ).

Diriwayatkan dari ‘Abdul Malik bin Arwan bahwa beliau berkata: Aku pernah duduk berbicara dengan Barirah di Madinah. Ketika itu, Barirah berkata kepadaku: Wahai ‘Abdul Malik, sungguh aku melihat pada dirimu ada perangai-perangai mulia dan sungguh engkau benar-benar pantas untuk mengurusi tugas pemerintahan ini. Jika engkau diserahi tugas tersebut, hati-hatilah dari darah! Karena aku mendengar Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Sesungguhnya ada seseorang yang ditolak dari pintu janah setelah dia melihat kepada janah dengan sebab secawan darah yang dia kucurkan dari seorang muslim tanpa alasan yang benar.”

أَخۡرَجَهَا الثَّلَاثَةُ.

Biografi beliau disebutkan oleh tiga orang (Ibnu Mandah, Abu Nu’aim, dan Abu ‘Umar).