٧ - بَابُ الۡقُنُوتِ قَبۡلَ الرُّكُوعِ وَبَعۡدَهُ
7. Bab kunut sebelum rukuk dan setelahnya
١٠٠١ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بۡنُ زَيۡدٍ، عَنۡ
أَيُّوبَ، عَنۡ مُحَمَّدٍ، قَالَ: سُئِلَ أَنَسٌ: أَقَنَتَ النَّبِيُّ ﷺ فِي
الصُّبۡحِ؟ قَالَ: نَعَمۡ. فَقِيلَ لَهُ: أَوَقَنَتَ قَبۡلَ الرُّكُوعِ؟ قَالَ:
بَعۡدَ الرُّكُوعِ يَسِيرًا.
[الحديث ١٠٠١ – أطرافه في: ١٠٠٢، ١٠٠٣، ١٣٠٠، ٢٨٠١، ٢٨١٤، ٣٠٦٤، ٣١٧٠، ٤٠٨٨،
٤٠٨٩، ٤٠٩٠، ٤٠٩١، ٤٠٩٢، ٤٠٩٤، ٤٠٩٥، ٤٠٩٦، ٦٣٩٤، ٧٣٤١].
1001. Musaddad telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Hammad bin Zaid
menceritakan kepada kami dari Ayyub, dari Muhammad. Beliau berkata:
Anas ditanya, “Apakah Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—membaca kunut dalam
salat Subuh?”
Anas menjawab, “Iya.”
Lalu beliau ditanya, “Apakah beliau membaca kunut sebelum rukuk?”
Anas menjawab, “Sejenak setelah rukuk.”
١٠٠٢ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡوَاحِدِ قَالَ:
حَدَّثَنَا عَاصِمٌ قَالَ: سَأَلۡتُ أَنَسَ بۡنَ مَالِكٍ عَنِ الۡقُنُوتِ،
فَقَالَ: قَدۡ كَانَ الۡقُنُوتُ. قُلۡتُ: قَبۡلَ الرُّكُوعِ أَوۡ بَعۡدَهُ؟
قَالَ: قَبۡلَهُ. قَالَ: فَإِنَّ فُلَانًا أَخۡبَرَنِي عَنۡكَ أَنَّكَ قُلۡتَ
بَعۡدَ الرُّكُوعِ! فَقَالَ: كَذَبَ، إِنَّمَا قَنَتَ رَسُولُ اللهِ ﷺ بَعۡدَ
الرُّكُوعِ شَهۡرًا، أُرَاهُ كَانَ بَعَثَ قَوۡمًا يُقَالُ لَهُمُ الۡقُرَّاءُ،
زُهَاءَ سَبۡعِينَ رَجُلًا، إِلَى قَوۡمٍ مِنَ الۡمُشۡرِكِينَ دُونَ
أُولَٰئِكَ، وَكَانَ بَيۡنَهُمۡ وَبَيۡنَ رَسُولِ اللهِ ﷺ عَهۡدٌ، فَقَنَتَ
رَسُولُ اللهِ ﷺ شَهۡرًا يَدۡعُو عَلَيۡهِمۡ. [طرفه في: ١٠٠١].
1002. Musaddad telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdul Wahid
menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Ashim menceritakan kepada kami.
Beliau berkata: Aku bertanya kepada Anas bin Malik tentang kunut. Beliau
berkata, “Dahulu kunut pernah disyariatkan.”
Aku bertanya, “Sebelum rukuk atau setelahnya?”
Anas menjawab, “Sebelumnya.”
‘Ashim berkata, “Sesungguhnya Polan mengabarkan kepadaku darimu bahwa engkau
mengatakan setelah rukuk.”
Anas berkata, “Dia keliru. Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—hanyalah
membaca kunut setelah rukuk selama sebulan. Aku mengira latar belakang
disyariatkan kunut itu adalah dahulu beliau mengutus beberapa orang yang
disebut qurra` (para ahli qari) kira-kira sebanyak tujuh puluh orang kepada
kaum musyrikin yang jumlahnya lebih sedikit. Dahulu ada perjanjian antara kaum
musyrikin itu dengan Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, (namun kaum
musyrikin malam membunuh utusan tersebut). Lalu Rasulullah—shallallahu ‘alaihi
wa sallam—membaca kunut selama sebulan mendoakan kejelekan untuk mereka.”
١٠٠٣ - أَخۡبَرَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ يُونُسَ قَالَ: حَدَّثَنَا زَائِدَةُ، عَنِ
التَّيۡمِيِّ، عَنۡ أَبِي مِجۡلَزٍ، عَنۡ أَنَسٍ قَالَ: قَنَتَ النَّبِيُّ ﷺ
شَهۡرًا، يَدۡعُو عَلَى رِعۡلٍ وَذَكۡوَانَ.
[طرفه في: ١٠٠١].
1003. Ahmad bin Yunus telah mengabarkan kepada kami. Beliau berkata: Za`idah
menceritakan kepada kami dari At-Taimi, dari Abu Mijlaz, dari Anas. Beliau
berkata: Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—membaca kunut selama sebulan.
Beliau mendoakan kejelekan untuk kabilah Ri’l dan Dzakwan.