Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 529 dan 530

٧ - بَابُ تَضۡيِيعِ الصَّلَاةِ عَنۡ وَقۡتِهَا
7. Bab penyia-nyiaan salat dari waktunya


٥٢٩ - حَدَّثَنَا مُوسَى بۡنُ إِسۡمَاعِيلَ قَالَ: حَدَّثَنَا مَهۡدِيٌّ، عَنۡ غَيۡلَانَ، عَنۡ أَنَسٍ قَالَ: مَا أَعۡرِفُ شَيۡئًا مِمَّا كَانَ عَلَى عَهۡدِ النَّبِيِّ ﷺ. قِيلَ: الصَّلَاةُ؟ قَالَ: أَلَيۡسَ ضَيَّعۡتُمۡ مَا ضَيَّعۡتُمۡ فِيهَا.

529. Musa bin Isma’il telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Mahdi menceritakan kepada kami dari Ghailan, dari Anas.

Beliau mengatakan, “Aku tidak mengenali sesuatu pun dari ajaran Islam yang dahulu dilakukan pada zaman Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—.”

Ada yang bertanya, “Bagaimana dengan salat?”

Anas berkata, “Bukankah kalian telah menyia-nyiakannya dengan perbuatan kalian?”

٥٣٠ - حَدَّثَنَا عَمۡرُو بۡنُ زُرَارَةَ قَالَ: أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ الۡوَاحِدِ بۡنُ وَاصِلٍ أَبُو عُبَيۡدَةَ الۡحَدَّادُ، عَنۡ عُثۡمَانَ بۡنِ أَبِي رَوَّادٍ أَخِي عَبۡدِ الۡعَزِيزِ، قَالَ: سَمِعۡتُ الزُّهۡرِيَّ يَقُولُ: دَخَلۡتُ عَلَى أَنَسِ بۡنِ مَالِكٍ بِدِمَشۡقَ، وَهُوَ يَبۡكِي، فَقُلۡتُ: مَا يُبۡكِيكَ؟ فَقَالَ: لَا أَعۡرِفُ شَيۡئًا مِمَّا أَدۡرَكۡتُ إِلَّا هٰذِهِ الصَّلَاةَ، وَهٰذِهِ الصَّلَاةُ قَدۡ ضُيِّعَتۡ. وَقَالَ بَكۡرٌ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَكۡرٍ الۡبُرۡسَانِيُّ: أَخۡبَرَنَا عُثۡمَانُ بۡنُ أَبِي رَوَّادٍ، نَحۡوَهُ.

530. ‘Amr bin Zurarah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdul Wahid bin Washil Abu ‘Ubaidah Al-Haddad mengabarkan kepada kami dari ‘Utsman bin Abu Rawwad saudara ‘Abdul ‘Aziz. Beliau berkata: Aku mendengar Az-Zuhri berkata: Aku masuk ke tempat Anas bin Malik di Damaskus ketika beliau sedang menangis.

Aku bertanya, “Apa yang membuatmu menangis?”

Beliau menjawab, “Aku tidak mengenali sesuatu pun dari (agama Islam) yang dulu aku dapati (di masa Rasulullah) kecuali salat ini. Bahkan salat ini pun telah disia-siakan.”

Bakr berkata: Muhammad bin Bakr Al-Bursani menceritakan kepada kami: ‘Utsman bin Abu Rawwad mengabarkan kepada kami semisal hadis tersebut.