Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 2619

٢٩ - بَابُ الۡهَدِيَّةِ لِلۡمُشۡرِكِينَ
29. Bab hadiah untuk orang-orang musyrik


وَقَوۡلِ اللهِ تَعَالَى: ﴿لَا يَنۡهَاكُمُ اللهُ عَنِ الَّذِينَ لَمۡ يُقَاتِلُوكُمۡ فِي الدِّينِ وَلَمۡ يُخۡرِجُوكُمۡ مِنۡ دِيَارِكُمۡ أَنۡ تَبَرُّوهُمۡ وَتُقۡسِطُوا إِلَيۡهِمۡ﴾ [الممتحنة: ٨].

Dan firman Allah taala, “Allah tidak melarang kalian berbuat baik dan berlaku adil kepada orang-orang yang tidak memerangi kalian karena agama dan tidak pula mengusir kalian dari negeri kalian.” (QS. Al-Mumtahanah: 8).

٢٦١٩ - حَدَّثَنَا خَالِدُ بۡنُ مَخۡلَدٍ: حَدَّثَنَا سُلَيۡمَانُ بۡنُ بِلَالٍ قَالَ: حَدَّثَنِي عَبۡدُ اللهِ بۡنُ دِينَارٍ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: رَأَى عُمَرُ حُلَّةً عَلَى رَجُلٍ تُبَاعُ، فَقَالَ لِلنَّبِيِّ ﷺ: ابۡتَعۡ هٰذِهِ الۡحُلَّةَ تَلۡبَسۡهَا يَوۡمَ الۡجُمُعَةِ وَإِذَا جَاءَكَ الۡوَفۡدُ. فَقَالَ: (إِنَّمَا يَلۡبَسُ هٰذَا مَنۡ لَا خَلَاقَ لَهُ فِي الۡآخِرَةِ). فَأُتِيَ رَسُولُ اللهِ ﷺ مِنۡهَا بِحُلَلٍ، فَأَرۡسَلَ إِلَى عُمَرَ مِنۡهَا بِحُلَّةٍ، فَقَالَ عُمَرُ: كَيۡفَ أَلۡبَسُهَا وَقَدۡ قُلۡتَ فِيهَا مَا قُلۡتَ؟ قَالَ: (إِنِّي لَمۡ أَكۡسُكَهَا لِتَلۡبَسَهَا، تَبِيعُهَا أَوۡ تَكۡسُوهَا). فَأَرۡسَلَ بِهَا عُمَرُ إِلَى أَخٍ لَهُ مِنۡ أَهۡلِ مَكَّةَ، قَبۡلَ أَنۡ يُسۡلِمَ. [طرفه في: ٨٨٦].

2619. Khalid bin Makhlad telah menceritakan kepada kami: Sulaiman bin Bilal menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdullah bin Dinar menceritakan kepadaku dari Ibnu ‘Umar—radhiyallahu ‘anhuma—. Beliau mengatakan:

‘Umar melihat satu setel pakaian sutra yang dikenakan oleh seseorang sedang dijual. ‘Umar berkata kepada Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, “Belilah pakaian ini untuk engkau pakai di hari Jumat dan ketika utusan mendatangimu!” Nabi bersabda, “Yang memakai pakaian ini hanyalah orang yang tidak mendapatkan bagian di akhirat kelak.”

Di kemudian hari, Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—diberi pakaian-pakaian sejenis itu, lalu beliau mengirim satu setel pakaian tersebut kepada ‘Umar. ‘Umar berkata, “Bagaimana aku akan memakainya padahal engkau telah mengatakan sesuatu tentang pakaian ini?”

Nabi bersabda, “Aku memberimu pakaian ini bukan untuk engkau pakai. Engkau bisa menjualnya atau engkau bisa memberikannya lagi kepada orang lain.”

Lalu ‘Umar mengirim pakaian tersebut kepada saudara laki-lakinya yang tinggal di Makkah sebelum saudaranya itu masuk Islam.