Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 3054

١٧٧ - بَابُ التَّجَمُّلِ لِلۡوُفُودِ
177. Bab berdandan untuk menemui utusan


٣٠٥٤ - حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ بُكَيۡرٍ: حَدَّثَنَا اللَّيۡثُ، عَنۡ عُقَيۡلٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ سَالِمِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ، أَنَّ ابۡنَ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: وَجَدَ عُمَرُ حُلَّةَ إِسۡتَبۡرَقٍ تُبَاعُ فِي السُّوقِ، فَأَتَى بِهَا رَسُولَ اللهِ ﷺ فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، ابۡتَعۡ هٰذِهِ الۡحُلَّةَ، فَتَجَمَّلۡ بِهَا لِلۡعِيدِ وَلِلۡوُفُودِ. فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِنَّمَا هٰذِهِ لِبَاسُ مَنۡ لَا خَلَاقَ لَهُ، أَوۡ: إِنَّمَا يَلۡبَسُ هٰذِهِ، مَنۡ لَا خَلَاقَ لَهُ). فَلَبِثَ مَا شَاءَ اللهُ، ثُمَّ أَرۡسَلَ إِلَيۡهِ النَّبِيُّ ﷺ بِجُبَّةِ دِيبَاجٍ، فَأَقۡبَلَ بِهَا عُمَرُ حَتَّى أَتَى بِهَا رَسُولَ اللهِ ﷺ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، قُلۡتَ: (إِنَّمَا هٰذِهِ لِبَاسُ مَنۡ لَا خَلَاقَ لَهُ، أَوۡ إِنَّمَا يَلۡبَسُ هٰذِهِ مَنۡ لَا خَلَاقَ لَهُ)، ثُمَّ أَرۡسَلۡتَ إِلَيَّ بِهٰذِهِ؟! فَقَالَ: (تَبِيعُهَا، أَوۡ تُصِيبُ بِهَا بَعۡضَ حَاجَتِكَ). [طرفه في: ٨٨٦].

3054. Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami: Al-Laits menceritakan kepada kami dari ‘Uqail, dari Ibnu Syihab, dari Salim bin ‘Abdullah, bahwa Ibnu ‘Umar—radhiyallahu ‘anhuma—mengatakan:

‘Umar mendapati ada pakaian dari sutra tebal dijual di pasar. ‘Umar membawanya kepada Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—seraya berkata, “Wahai Rasulullah, belilah pakaian ini! Engkau bisa berdandan dengan pakaian ini untuk hari raya dan untuk menemui utusan.”

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Ini hanyalah pakaian orang yang tidak memiliki bagian (di akhirat kelak),” atau, “Yang memakai pakaian ini hanyalah orang yang tidak memiliki bagian (di akhirat kelak).”

Selang beberapa waktu yang Allah kehendaki, Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mengirimi ‘Umar sebuah jubah dari sutra. ‘Umar menerimanya lalu datang membawa jubah itu menemui Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—seraya berkata, “Wahai Rasulullah, engkau telah mengatakan: Ini hanyalah pakaian orang yang tidak memiliki bagian (di akhirat kelak), atau yang memakai pakaian ini hanyalah orang yang tidak memiliki bagian (di akhirat kelak); lalu engkau mengirimi aku pakaian ini?!”

Rasulullah bersabda, “Engkau bisa menjualnya atau engkau bisa menggunakannya untuk sebagian keperluanmu.”