Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 2751

٢٧٥١ - حَدَّثَنَا بِشۡرُ بۡنُ مُحَمَّدٍ السَّخۡتِيَانِيُّ: أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ اللهِ: أَخۡبَرَنَا يُونُسُ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ قَالَ: أَخۡبَرَنِي سَالِمٌ، عَنِ ابۡنِ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (كُلُّكُمۡ رَاعٍ وَمَسۡؤُولٌ عَنۡ رَعِيَّتِهِ، وَالۡإِمَامُ رَاعٍ وَمَسۡؤُولٌ عَنۡ رَعِيَّتِهِ، وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي أَهۡلِهِ وَمَسۡؤُولٌ عَنۡ رَعِيَّتِهِ، وَالۡمَرۡأَةُ فِي بَيۡتِ زَوۡجِهَا رَاعِيَةٌ وَمَسۡؤُولَةٌ عَنۡ رَعِيَّتِهَا، وَالۡخَادِمُ فِي مَالِ سَيِّدِهِ رَاعٍ وَمَسۡؤُولٌ عَنۡ رَعِيَّتِهِ). قَالَ: وَحَسِبۡتُ أَنۡ قَدۡ قَالَ: (وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي مَالِ أَبِيهِ). [طرفه في: ٨٩٣].

2751. Bisyr bin Muhammad As-Sakhtiyani telah menceritakan kepada kami: ‘Abdullah mengabarkan kepada kami: Yunus mengabarkan kepada kami dari Az-Zuhri. Beliau berkata: Salim mengabarkan kepadaku dari Ibnu ‘Umar—radhiyallahu ‘anhuma—. Beliau mengatakan:

Aku mendengar Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Setiap kalian adalah penanggung jawab dan akan ditanya tentang pertanggung jawabannya. Seorang kepala negara adalah penanggung jawab dan dia akan ditanya tentang rakyatnya. Seorang lelaki adalah penanggung jawab di keluarganya dan dia akan ditanya tentang orang-orang yang di bawah tanggung jawabnya. Seorang wanita adalah penanggung jawab di rumah suaminya dan dia akan ditanya tentang orang-orang yang ada di bawah tanggung jawabnya. Seorang pelayan adalah orang yang bertugas menjaga harta tuannya dan dia akan ditanya tentang pertanggungjawabannya.”

Ibnu ‘Umar berkata: Aku mengira beliau bersabda, “Seseorang juga bertanggung jawab menjaga harta ayahnya.”