Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 2896 dan 2897

٧٦ - بَابُ مَنِ اسۡتَعَانَ بِالضُّعَفَاءِ وَالصَّالِحِينَ فِي الۡحَرۡبِ
76. Bab barang siapa meminta tolong kepada orang-orang yang lemah dan saleh dalam perang


وَقَالَ ابۡنُ عَبَّاسٍ: أَخۡبَرَنِي أَبُو سُفۡيَانَ: قَالَ لِي قَيۡصَرُ: سَأَلۡتُكَ: أَشۡرَافُ النَّاسِ اتَّبَعُوهُ أَمۡ ضُعَفَاؤُهُمۡ؟ فَزَعَمۡتَ ضُعَفَاؤُهُمۡ، وَهُمۡ أَتۡبَاعُ الرُّسُلِ.

Ibnu ‘Abbas berkata: Abu Sufyan mengabarkan kepadaku: Qaishar berkata kepadaku, “Aku bertanya kepadamu, apakah yang mengikuti Muhammad adalah orang-orang yang mulia atau orang-orang yang lemah? Lalu engkau menyatakan bahwa (pengikutnya adalah) orang-orang yang lemah. Memang mereka itulah pengikut para rasul.”

٢٨٩٦ - حَدَّثَنَا سُلَيۡمَانُ بۡنُ حَرۡبٍ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ طَلۡحَةَ، عَنۡ طَلۡحَةَ، عَنۡ مُصۡعَبِ بۡنِ سَعۡدٍ، قَالَ: رَأَى سَعۡدٌ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ أَنَّ لَهُ فَضۡلًا عَلَى مَنۡ دُونَهُ، فَقَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (هَلۡ تُنۡصَرُونَ وَتُرۡزَقُونَ إِلَّا بِضُعَفَائِكُمۡ).

2896. Sulaiman bin Harb telah menceritakan kepada kami: Muhammad bin Thalhah menceritakan kepada kami dari Thalhah, dari Mush’ab bin Sa’d. Beliau berkata: Sa’d—radhiyallahu ‘anhu—berpandangan bahwa dia memiliki keunggulan di atas orang-orang yang di bawahnya. Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Tidaklah kalian ditolong dan diberi rezeki kecuali dengan sebab orang-orang lemah kalian.”

٢٨٩٧ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مُحَمَّدٍ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ عَمۡرٍو: سَمِعَ جَابِرًا، عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ الۡخُدۡرِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمۡ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (يَأۡتِي زَمَانٌ يَغۡزُو فِئَامٌ مِنَ النَّاسِ، فَيُقَالُ: فِيكُمۡ مَنۡ صَحِبَ النَّبِيَّ ﷺ؟ فَيُقَالُ: نَعَمۡ، فَيُفۡتَحُ عَلَيۡهِ، ثُمَّ يَأۡتِي زَمَانٌ، فَيُقَالُ: فِيكُمۡ مَنۡ صَحِبَ أَصۡحَابَ النَّبِيِّ ﷺ؟ فَيُقَالُ: نَعَمۡ، فَيُفۡتَحُ، ثُمَّ يَأۡتِي زَمَانٌ فَيُقَالُ: فِيكُمۡ مَنۡ صَحِبَ صَاحِبَ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ؟ فَيُقَالُ: نَعَمۡ، فَيُفۡتَحُ). [الحديث ٢٨٩٧ - طرفاه في: ٣٥٩٤، ٣٦٤٩].

2897. ‘Abdullah bin Muhammad telah menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan kepada kami dari ‘Amr: Beliau mendengar Jabir dari Abu Sa’id Al-Khudri—radhiyallahu ‘anhum—, dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Beliau bersabda:

Akan datang suatu zaman yang saat itu sekelompok manusia akan berperang, lalu ada yang bertanya, “Apakah di tengah-tengah kalian ada sahabat Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—?”

Ada yang menjawab, “Iya.”

Lalu kelompok itu diberi kemenangan.

Kemudian akan datang suatu zaman, lalu ada yang bertanya, “Apakah di tengah-tengah kalian ada orang yang menemani para sahabat Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—?”

Ada yang menjawab, “Iya.”

Lalu kelompok itu diberi kemenangan.

Kemudian akan datang suatu zaman, lalu ada yang bertanya, “Apakah di tengah-tengah kalian ada orang yang menemani teman para sahabat Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—?”

Ada yang menjawab, “Iya.”

Lalu kelompok itu diberi kemenangan.