Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 3034

١٦١ - بَابُ الرَّجَزِ فِي الۡحَرۡبِ وَرَفۡعِ الصَّوۡتِ فِي حَفۡرِ الۡخَنۡدَقِ
161. Bab syair ketika perang dan menyaringkan suara ketika menggali parit


فِيهِ سَهۡلٌ وَأَنَسٌ عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. وَفِيهِ يَزِيدُ عَنۡ سَلَمَةَ.

Dalam bab ini ada riwayat Sahl dan Anas dari Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—. Dalam bab ini juga ada riwayat Yazid dari Salamah.

٣٠٣٤ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ: حَدَّثَنَا أَبُو الۡأَحۡوَصِ: حَدَّثَنَا أَبُو إِسۡحَاقَ، عَنِ الۡبَرَاءِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ قَالَ: رَأَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ يَوۡمَ الۡخَنۡدَقِ، وَهُوَ يَنۡقُلُ التُّرَابَ حَتَّى وَارَى التُّرَابُ شَعَرَ صَدۡرِهِ، وَكَانَ رَجُلًا كَثِيرَ الشَّعَرِ، وَهُوَ يَرۡتَجِزُ بِرَجَزِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ رَوَاحَةَ:

(اللّٰهُمَّ لَوۡلَا أَنۡتَ مَا اهۡتَدَيۡنَا وَلَا تَصَدَّقۡنَا وَلَا صَلَّيۡنَا

فَأَنۡزِلَنۡ سَكِينَةً عَلَيۡنَا وَثَبِّتِ الۡأَقۡدَامَ إِنۡ لَاقَيۡنَا

إِنَّ الۡأَعۡدَاءَ قَدۡ بَغَوۡا عَلَيۡنَا إِذَا أَرَادُوا فِتۡنَةً أَبَيۡنَا)

يَرۡفَعُ بِهَا صَوۡتَهُ. [طرفه في: ٢٨٣٦].

3034. Musaddad telah menceritakan kepada kami: Abu Al-Ahwash menceritakan kepada kami: Abu Ishaq menceritakan kepada kami, dari Al-Bara`—radhiyallahu ‘anhu—. Beliau mengatakan:

Aku melihat Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—pada hari perang parit, beliau mengangkut tanah hingga tanah menutupi bulu dadanya. Beliau adalah seorang yang lebat bulunya. Beliau bersyair dengan syair ‘Abdullah bin Rawahah, “Ya Allah, kalau bukan karena-Mu, niscaya kami tidak mendapat petunjuk. Tidak pula kami bisa bersedekah dan salat. Turunkanlah ketenangan kepada kami dan teguhkan jika kami bertemu (dengan musuh). Sesungguhnya musuh-musuh itu telah berbuat zalim kepada kami. Ketika mereka menginginkan fitnah (agar kami meninggalkan agama Islam), kami menolaknya.”