Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 6415

٢ - بَابُ مَثَلِ الدُّنۡيَا فِي الۡآخِرَةِ‏
2. Bab perumpaan dunia dibandingkan akhirat


وَقَوۡلِهِ تَعَالَى: ﴿إِنَّمَا الۡحَيَاةُ الدُّنۡيَا لَعِبٌ وَلَهۡوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيۡنَكُمۡ وَتَكَاثُرٌ فِي الۡأَمۡوَالِ وَالۡأَوۡلَادِ كَمَثَلِ غَيۡثٍ أَعۡجَبَ الۡكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ مُصۡفَرًّا ثُمَّ يَكُونُ حُطَامًا وَفِي الۡآخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغۡفِرَةٌ مِنَ اللهِ وَرِضۡوَانٌ وَمَا الۡحَيَاةُ الدُّنۡيَا إِلَّا مَتَاعُ الۡغُرُورِ﴾ [الحديد: ٢٠].

Dan firman Allah taala, “Kehidupan dunia hanyalah permainan, sesuatu yang melalaikan, perhiasan, saling bermegah-megahan di antara kalian, saling berbangga dengan banyaknya harta dan anak. Seperti hujan yang tanamannya mengagumkan para petani, kemudian kering, lalu engkau melihatnya menguning, kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat nanti ada azab yang pedih dan ada ampunan dari Allah serta keridaan-Nya. Tidaklah kehidupan dunia kecuali kesenangan yang menipu.” (QS. Al-Hadid: 20).

٦٤١٥ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ مَسۡلَمَةَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡعَزِيزِ بۡنُ أَبِي حَازِمٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ سَهۡلٍ قَالَ: سَمِعۡتُ النَّبِيَّ ﷺ يَقُولُ: (مَوۡضِعُ سَوۡطٍ فِي الۡجَنَّةِ خَيۡرٌ مِنَ الدُّنۡيَا وَمَا فِيهَا، وَلَغَدۡوَةٌ فِي سَبِيلِ اللهِ أَوۡ رَوۡحَةٌ خَيۡرٌ مِنَ الدُّنۡيَا وَمَا فِيهَا). [طرفه في: ٢٧٩٤].

6415. ‘Abdullah bin Maslamah telah menceritakan kepada kami: ‘Abdul ‘Aziz bin Abu Hazim menceritakan kepada kami dari ayahnya, dari Sahl. Beliau berkata: Aku mendengar Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Tempat cambuk di dalam janah lebih baik daripada dunia seisinya. Sungguh keberangkatan di jalan Allah baik di pagi atau sore hari lebih baik daripada dunia seisinya.”