Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 3642 dan 3643

٣٦٤٢ - حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ: أَخۡبَرَنَا سُفۡيَانُ: حَدَّثَنَا شَبِيبُ بۡنُ غَرۡقَدَةَ قَالَ: سَمِعۡتُ الۡحَيَّ يُحَدِّثُونَ، عَنۡ عُرۡوَةَ: أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ أَعۡطَاهُ دِينَارًا يَشۡتَرِي بِهِ شَاةً، فَاشۡتَرَى لَهُ بِهِ شَاتَيۡنِ، فَبَاعَ إِحۡدَاهُمَا بِدِينَارٍ، وَجَاءَهُ بِدِينَارٍ وَشَاةٍ، فَدَعَا لَهُ بِالۡبَرَكَةِ فِي بَيۡعِهِ، وَكَانَ لَوِ اشۡتَرَى التُّرَابَ لَرَبِحَ فِيهِ.

3642. ‘Ali bin ‘Abdullah telah menceritakan kepada kami: Sufyan mengabarkan kepada kami: Syabib bin Gharqadah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Aku mendengar orang-orang di kabilahku menceritakan dari ‘Urwah:

Bahwasanya Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—memberinya satu dinar untuk membeli seekor kambing. Lalu ‘Urwah membelikan beliau dua ekor kambing dengan satu dinar tersebut, kemudian beliau menjual salah satu dari dua ekor kambing dengan harga satu dinar. ‘Urwah pun datang kepada Nabi membawa satu dinar dan seekor kambing. Nabi mendoakan keberkahan dalam jual belinya untuknya. ‘Urwah ini apabila membeli debu, niscaya dia akan mendapat untung padanya.

قَالَ سُفۡيَانُ: كَانَ الۡحَسَنُ بۡنُ عُمَارَةَ جَاءَنَا بِهٰذَا الۡحَدِيثِ عَنۡهُ، قَالَ: سَمِعَهُ شَبِيبٌ مِنۡ عُرۡوَةَ، فَأَتَيۡتُهُ، فَقَالَ شَبِيبٌ: إِنِّي لَمۡ أَسۡمَعۡهُ مِنۡ عُرۡوَةَ، قَالَ: سَمِعۡتُ الۡحَيَّ يُخۡبِرُونَهُ عَنۡهُ.

Sufyan berkata: Dahulu Al-Hasan bin ‘Umarah membawa hadis ini kepada kami dari Syabib. Beliau berkata: Syabib mendengarnya dari ‘Urwah. Aku pun mendatangi Syabib. Syabib lantas berkata: Sesungguhnya aku tidak mendengarnya dari ‘Urwah. Syabib berkata: Aku mendengar orang-orang di kabilahku mengabarkannya dari ‘Urwah.

٣٦٤٣ - وَلَكِنۡ سَمِعۡتُهُ يَقُولُ: سَمِعۡتُ النَّبِيَّ ﷺ يَقُولُ: (الۡخَيۡرُ مَعۡقُودٌ بِنَوَاصِي الۡخَيۡلِ إِلَى يَوۡمِ الۡقِيَامَةِ). قَالَ: وَقَدۡ رَأَيۡتُ فِي دَارِهِ سَبۡعِينَ فَرَسًا. قَالَ سُفۡيَانُ: يَشۡتَرِي لَهُ شَاةً كَأَنَّهَا أُضۡحِيَّةٌ. [طرفه في: ٢٨٥٠].

3643. Tetapi aku mendengar ‘Urwah mengatakan: Aku mendengar Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Kebaikan terikat di ubun-ubun kuda hingga hari kiamat.”

Syabib berkata: Aku telah melihat di dalam rumah ‘Urwah ada tujuh puluh ekor kuda.

Sufyan berkata: ‘Urwah membelikan seekor kambing untuk beliau, sepertinya kambing kurban.