Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 4594

٤٥٩٤ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ يُوسُفَ: عَنۡ إِسۡرَائِيلَ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنِ الۡبَرَاءِ، قَالَ: لَمَّا نَزَلَتۡ: ﴿لَا يَسۡتَوِي الۡقَاعِدُونَ مِنَ الۡمُؤۡمِنِينَ﴾، قَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (ادۡعُوا فُلَانًا). فَجَاءَهُ وَمَعَهُ الدَّوَاةُ وَاللَّوۡحُ، أَوِ الۡكَتِفُ، فَقَالَ: (اكۡتُبۡ: لَا يَسۡتَوِي الۡقَاعِدُونَ مِنَ الۡمُؤۡمِنِينَ وَالۡمُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللهِ). وَخَلۡفَ النَّبِيِّ ﷺ ابۡنُ أُمِّ مَكۡتُومٍ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ أَنَا ضَرِيرٌ، فَنَزَلَتۡ مَكَانَهَا: ﴿لَا يَسۡتَوِي الۡقَاعِدُونَ مِنَ الۡمُؤۡمِنِينَ غَيۡرُ أُولِي الضَّرَرِ وَالۡمُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللهِ﴾. [طرفه في: ٢٨٣١].

4594. Muhammad bin Yusuf telah menceritakan kepada kami dari Isra`il, dari Abu Ishaq, dari Al-Bara`. Beliau mengatakan:

Ketika ayat “Tidaklah sama orang-orang yang duduk (tidak berangkat berjihad) dari kalangan kaum mukminin” turun, Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Panggilkan si Polan!”

Orang yang dimaksud datang membawa tempat tinta dan lauh atau tulang belikat (untuk media tulis). Nabi bersabda, “Tulislah, ‘Tidaklah sama orang-orang yang duduk (tidak berangkat berjihad) dari kalangan kaum mukminin dengan orang-orang yang berjihad di jalan Allah.’”

Di belakang Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—ada Ibnu Umi Maktum. Beliau mengatakan, “Wahai Rasulullah, aku buta.”

Lalu ayat “Tidaklah sama orang-orang yang duduk (tidak berangkat berjihad) yang tidak memiliki uzur dari kalangan kaum mukminin dengan orang-orang yang berjihad di jalan Allah” turun menggantikan ayat sebelumnya.