Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 6436 dan 6437

٦٤٣٦ - حَدَّثَنَا أَبُو عَاصِمٍ، عَنِ ابۡنِ جُرَيۡجٍ، عَنۡ عَطَاءٍ قَالَ: سَمِعۡتُ ابۡنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا يَقُولُ: سَمِعۡتُ النَّبِيَّ ﷺ يَقُولُ: (لَوۡ كَانَ لِابۡنِ آدَمَ وَادِيَانِ مِنۡ مَالٍ لَابۡتَغَى ثَالِثًا، وَلَا يَمۡلَأُ جَوۡفَ ابۡنِ آدَمَ إِلَّا التُّرَابُ، وَيَتُوبُ اللهُ عَلَى مَنۡ تَابَ). [الحديث ٦٤٣٦ - طرفه في: ٦٤٣٧].

6436. Abu ‘Ashim telah menceritakan kepada kami dari Ibnu Juraij, dari ‘Atha`. Beliau berkata: Aku mendengar Ibnu ‘Abbas—radhiyallahu ‘anhuma—mengatakan: Aku mendengar Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Andai manusia memiliki dua lembah harta, niscaya dia akan mencari yang ketiga. Tidak ada yang bisa memenuhi rongga tubuh manusia kecuali tanah dan Allah menerima tobat siapa saja yang bertobat.”

٦٤٣٧ - حَدَّثَنِي مُحَمَّدٌ: أَخۡبَرَنَا مَخۡلَدٌ: أَخۡبَرَنَا ابۡنُ جُرَيۡجٍ قَالَ: سَمِعۡتُ عَطَاءً يَقُولُ: سَمِعۡتُ ابۡنَ عَبَّاسٍ يَقُولُ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (لَوۡ أَنَّ لِابۡنِ آدَمَ مِثۡلَ وَادٍ مَالًا، لَأَحَبَّ أَنَّ لَهُ إِلَيۡهِ مِثۡلَهُ، وَلَا يَمۡلَأُ عَيۡنَ ابۡنِ آدَمَ إِلَّا التُّرَابُ، وَيَتُوبُ اللهُ عَلَى مَنۡ تَابَ). قَالَ ابۡنُ عَبَّاسٍ: فَلَا أَدۡرِي مِنَ الۡقُرۡآنِ هُوَ أَمۡ لَا. قَالَ: وَسَمِعۡتُ ابۡنَ الزُّبَيۡرِ يَقُولُ ذٰلِكَ عَلَى الۡمِنۡبَرِ. [طرفه في: ٦٤٣٦].

6437. Muhammad telah menceritakan kepadaku: Makhlad mengabarkan kepada kami: Ibnu Juraij mengabarkan kepada kami. Beliau berkata: Aku mendengar ‘Atha` berkata: Aku mendengar Ibnu ‘Abbas berkata: Aku mendengar Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Andai manusia memiliki satu lembah harta, pasti dia suka untuk memiliki semisal itu lagi. Tidak ada yang bisa memuaskan keinginan manusia kecuali tanah dan Allah menerima tobat orang yang bertobat.”

Ibnu ‘Abbas mengatakan: Aku tidak tahu apakah riwayat tersebut termasuk Alquran atau tidak.

‘Atha` berkata: Aku juga mendengar Ibnu Az-Zubair mengatakan ucapan tersebut di atas mimbar.