Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 4305 dan 4306

٤٣٠٥، ٤٣٠٦ - حَدَّثَنَا عَمۡرُو بۡنُ خَالِدٍ: حَدَّثَنَا زُهَيۡرٌ: حَدَّثَنَا عَاصِمٌ، عَنۡ أَبِي عُثۡمَانَ قَالَ: حَدَّثَنِي مُجَاشِعٌ قَالَ: أَتَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ بِأَخِي بَعۡدَ الۡفَتۡحِ، قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، جِئۡتُكَ بِأَخِي لِتُبَايِعَهُ عَلَى الۡهِجۡرَةِ. قَالَ: (ذَهَبَ أَهۡلُ الۡهِجۡرَةِ بِمَا فِيهَا). فَقُلۡتُ: عَلَى أَيِّ شَيۡءٍ تُبَايِعُهُ؟ قَالَ: (أُبَايِعُهُ عَلَى الۡإِسۡلَامِ، وَالۡإِيمَانِ، وَالۡجِهَادِ). فَلَقِيتُ أَبَا مَعۡبَدٍ بَعۡدُ، وَكَانَ أَكۡبَرَهُمَا، فَسَأَلۡتُهُ فَقَالَ: صَدَقَ مُجَاشِعٌ. [طرفه في: ٢٩٦٢].

4305, 4306. ‘Amr bin Khalid telah menceritakan kepada kami: Zuhair menceritakan kepada kami: ‘Ashim menceritakan kepada kami dari Abu ‘Utsman. Beliau berkata: Mujasyi’ menceritakan kepadaku. Beliau berkata:

Aku mendatangi Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersama saudaraku setelah fatah Makkah. Aku berkata, “Wahai Rasulullah, aku datang kepadamu dengan saudaraku agar engkau mengambil baiatnya untuk hijrah.”

Nabi bersabda, “Orang-orang yang berhijrah (sebelum Fath) telah pergi dengan membawa keutamaannya.”

Aku bertanya, “Lalu untuk hal apa engkau mengambil baiatnya?”

Nabi bersabda, “Aku akan mengambil baiatnya untuk Islam, iman, dan jihad.”

Aku (Abu ‘Utsman) berjumpa dengan Abu Ma’bad setelah kejadian itu. Abu Ma’bad adalah yang paling tua dari mereka berdua. Aku menanyakannya, lantas beliau berkata, “Mujasyi’ benar.”