Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadis nomor 1216 dan 1217

١٥ - بَابٌ لَا يَرُدُّ السَّلَامَ فِي الصَّلَاةِ
15. Bab tidak membalas salam ketika salat


١٢١٦ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ: حَدَّثَنَا ابۡنُ فُضَيۡلٍ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ، عَنۡ عَلۡقَمَةَ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ قَالَ: كُنۡتُ أُسَلِّمُ عَلَى النَّبِيِّ ﷺ وَهُوَ فِي الصَّلَاةِ، فَيَرُدُّ عَلَيَّ، فَلَمَّا رَجَعۡنَا، سَلَّمۡتُ عَلَيۡهِ فَلَمۡ يَرُدَّ عَلَيَّ، وَقَالَ: (إِنَّ فِي الصَّلَاةِ شُغۡلًا). [طرفه في: ١١٩٩].

1216. ‘Abdullah bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami: Ibnu Fudhail menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, dari Ibrahim, dari ‘Alqamah, dari ‘Abdullah. Beliau berkata:

Dahulu aku mengucapkan salam kepada Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—ketika beliau salat, lalu beliau membalas salamku. Lalu ketika kami kembali (dari Habasyah), aku mengucapkan salam kepada beliau (ketika beliau salat) namun beliau tidak membalas salamku. (Ketika selesai salat,) beliau berkata, “Sesungguhnya ada kesibukan ketika salat.”

١٢١٧ - حَدَّثَنَا أَبُو مَعۡمَرٍ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡوَارِثِ: حَدَّثَنَا كَثِيرُ بۡنُ شِنۡظِيرٍ، عَنۡ عَطَاءِ بۡنِ أَبِي رَبَاحٍ، عَنۡ جَابِرِ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا قَالَ: بَعَثَنِي رَسُولُ اللهِ ﷺ فِي حَاجَةٍ لَهُ، فَانۡطَلَقۡتُ، ثُمَّ رَجَعۡتُ وَقَدۡ قَضَيۡتُهَا، فَأَتَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ، فَسَلَّمۡتُ عَلَيۡهِ فَلَمۡ يَرُدَّ عَلَيَّ، فَوَقَعَ فِي قَلۡبِي مَا اللهُ أَعۡلَمُ بِهِ، فَقُلۡتُ فِي نَفۡسِي: لَعَلَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ وَجَدَ عَلَيَّ أَنِّي أَبۡطَأۡتُ عَلَيۡهِ. ثُمَّ سَلَّمۡتُ عَلَيۡهِ فَلَمۡ يَرُدَّ عَلَيَّ، فَوَقَعَ فِي قَلۡبِي أَشَدُّ مِنَ الۡمَرَّةِ الۡأُولَى، ثُمَّ سَلَّمۡتُ عَلَيۡهِ فَرَدَّ عَلَيَّ، فَقَالَ: (إِنَّمَا مَنَعَنِي أَنۡ أَرُدَّ عَلَيۡكَ أَنِّي كُنۡتُ أُصَلِّي). وَكَانَ عَلَى رَاحِلَتِهِ مُتَوَجِّهًا إِلَى غَيۡرِ الۡقِبۡلَةِ.

1217. Abu Ma’mar telah menceritakan kepada kami: ‘Abdul Warits menceritakan kepada kami: Katsir bin Syinzhir menceritakan kepada kami dari ‘Atha` bin Abu Rabah, dari Jabir bin ‘Abdullah—radhiyallahu ‘anhuma—. Beliau berkata:

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mengutusku untuk keperluan beliau. Aku pun berangkat. Kemudian aku pulang ketika telah menunaikannya. Aku mendatangi Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—lalu aku mengucapkan salam kepada beliau namun beliau tidak membalasnya. Muncul (kesedihan) dalam hatiku yang Allah mengetahuinya. Aku berkata dalam hati, “Barangkali Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—marah kepadaku karena aku terlambat.”

Kemudian aku mengucapkan salam kepada beliau namun beliau tidak membalasnya. Hatiku lebih sedih daripada yang pertama kali. Kemudian aku mengucapkan salam kepada beliau, lalu beliau membalas salamku. Beliau berkata, “Sebab yang menghalangiku untuk membalas salammu adalah karena aku tadi sedang salat.”

Saat itu beliau berada di atas hewan tunggangannya menghadap bukan ke arah kiblat.