Cari Blog Ini

Sunan Abu Dawud hadis nomor 1425

٣٤٠ - بَابُ الۡقُنُوتِ فِي الۡوِتۡرِ
340. Bab kunut dalam salat witir


١٤٢٥ - (صحيح) حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ وَأَحۡمَدُ بۡنُ جَوَّاسٍ الۡحَنَفِيُّ قَالَا: نا أَبُو الۡأَحۡوَصِ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنۡ بُرَيۡدِ بۡنِ أَبِي مَرۡيَمَ، عَنۡ أَبِي الۡحَوۡرَاءِ قَالَ: قَالَ الۡحَسَنُ بۡنُ عَلِيٍّ [رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا]: عَلَّمَنِي رَسُولُ اللهِ ﷺ كَلِمَاتٍ أَقُولُهُنَّ فِي الۡوِتۡرِ - قَالَ ابۡنُ جَوَّاسٍ: فِي قُنُوتِ الۡوِتۡرِ -: (اللّٰهُمَّ اهۡدِنِي فِيمَنۡ هَدَيۡتَ، وَعَافِنِي فِيمَنۡ عَافَيۡتَ، وَتَوَلَّنِي فِيمَنۡ تَوَلَّيۡتَ، وَبَارِكۡ لِي فِيمَا أَعۡطَيۡتَ، وَقِنِي شَرَّ مَا قَضَيۡتَ، إِنَّكَ تَقۡضِي وَلَا يُقۡضَى عَلَيۡكَ، وَإِنَّهُ لَا يَذِلُّ مَنۡ وَالَيۡتَ، [وَلَا يَعِزُّ مَنۡ عَادَيۡتَ] تَبَارَكۡتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيۡتَ).

1425. [Sahih] Qutaibah bin Sa’id dan Ahmad bin Jawwas Al-Hanafi telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Abu Al-Ahwash menceritakan kepada kami dari Abu Ishaq, dari Buraid bin Abu Maryam, dari Abu Al-Haura`. Beliau berkata: Al-Hasan bin ‘Ali—radhiyallahu ‘anhuma—berkata:

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—mengajariku beberapa patah kata untuk aku ucapkan ketika salat witir—Ibnu Jawwas berkata: dalam kunut salat witir—, “Ya Allah, berilah aku petunjuk bersama orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, jagalah aku bersama orang-orang yang telah Engkau jaga, belalah aku bersama orang-orang yang telah Engkau bela, berkahilah aku pada apa saja yang Engkau berikan, lindungilah aku dari kejelekan apa saja yang telah Engkau tetapkan. Sesungguhnya Engkaulah yang menetapkan dan tidak ada yang memberi ketetapan kepada-Mu. Sesungguhnya siapa saja yang Engkau bela, tidak akan hina. Siapa saja yang Engkau musuhi, tidak akan mulia. Maha Suci dan Maha Tinggi Engkau Rabana.”