١٠ - بَابُ مَنۡ كَانَتۡ لَهُ مَظۡلَمَةٌ عِنۡدَ الرَّجُلِ فَحَلَّلَهَا
لَهُ، هَلۡ يُبَيِّنُ مَظۡلَمَتَهُ؟
10. Bab Siapa Saja yang Melakukan Kezaliman terhadap Seseorang, lalu Sudah
Dihalalkan (Direlakan), Apakah Dia Tetap Harus Menjelaskan Kezalimannya?
٢٤٤٩ - حَدَّثَنَا آدَمُ بۡنُ أَبِي إِيَاسٍ: حَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي ذِئۡبٍ:
حَدَّثَنَا سَعِيدٌ الۡمَقۡبُرِيُّ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ
قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (مَنۡ كَانَتۡ لَهُ مَظۡلَمَةٌ لِأَحَدٍ مِنۡ
عِرۡضِهِ أَوۡ شَيۡءٍ فَلۡيَتَحَلَّلۡهُ مِنۡهُ الۡيَوۡمَ قَبۡلَ أَنۡ لَا
يَكُونَ دِينَارٌ وَلَا دِرۡهَمٌ، إِنۡ كَانَ لَهُ عَمَلٌ صَالِحٌ أُخِذَ
مِنۡهُ بِقَدۡرِ مَظۡلَمَتِهِ، وَإِنۡ لَمۡ تَكُنۡ لَهُ حَسَنَاتٌ أُخِذَ مِنۡ
سَيِّئَاتِ صَاحِبِهِ فَحُمِلَ عَلَيۡهِ). قَالَ أَبُو عَبۡدِ اللهِ: قَالَ
إِسۡمَاعِيلُ بۡنُ أَبِي أُوَيۡسٍ: إِنَّمَا سُمِّيَ الۡمَقۡبُرِيَّ لِأَنَّهُ
كَانَ نَزَلَ نَاحِيَةَ الۡمَقَابِرِ. قَالَ أَبُو عَبۡدِ اللهِ: وَسَعِيدٌ
الۡمَقۡبُرِيُّ هُوَ مَوۡلَى بَنِي لَيۡثٍ، وَهُوَ سَعِيدُ بۡنُ أَبِي سَعِيدٍ،
وَاسۡمُ أَبِي سَعِيدٍ كَيۡسَانُ. [الحديث ٢٤٤٩ - طرفه في: ٦٥٣٤].
2449. Adam bin Abu Iyas telah menceritakan kepada kami: Ibnu Abu Dzi`b
menceritakan kepada kami: Sa’id Al-Maqburi menceritakan kepada kami dari Abu
Hurairah—radhiyallahu ‘anhu—. Beliau berkata: Rasulullah—shallallahu ‘alaihi
wa sallam—bersabda, “Siapa saja yang telah melakukan kezaliman kepada
seseorang, baik dalam masalah kehormatan atau selainnya, hendaknya segera
meminta maaf kepadanya dari kezaliman tersebut, sebelum kelak tidak ada dinar
atau dirham. (Di hari pembalasan) jika dia memiliki amal saleh, maka akan
diambil sekadar kezalimannya. Jika dia sudah tidak memiliki kebaikan,
kejelekan temannya diambil lalu dibebankan kepadanya.”
Abu ‘Abdullah berkata: Isma’il bin Abu Uwais berkata: Dinamakan Al-Maqburi
karena dahulu beliau tinggal di sisi pekuburan.
Abu ‘Abdullah berkata: Dan Sa’id Al-Maqburi adalah maula bani Laits. Beliau
adalah Sa’id bin Abu Sa’id. Nama Abu Sa’id adalah Kaisan.