٢٥٨٢ - [مصعب بن عمير العبدري]:
2582. Mush’ab bin ‘Umair Al-‘Abdari
مصعب بن عمير بن هاشم بن عبد مناف بن عبد الدار بن قصى القرشي العبدري. يكنى
أبا عبد الله. كان من جلة الصحابة وفضلائهم، وهاجر إلى أرض الحبشة في أول من
هاجر إليها، ثم شهد بدرا؛ ولم يشهد بدرا من بنى عبد الدار إلا رجلان: مصعب بن
عمير، وسويبط بن حرملة، ويقال ابن حريملة. وكان رسول الله ﷺ قد بعث مصعب بن
عمير إلى المدينة قبل الهجرة بعد العقبة الثانية يقرئهم القرآن ويفقههم في
الدين، وكان يدعى القارىء والمقرىء. ويقال: إنه أول من جمع الجمعة بالمدينة قبل
الهجرة.
Mush’ab bin ‘Umair bin Hasyim bin ‘Abd Manaf bin ‘Abd Ad-Dar bin Qushay
Al-Qurasyi Al-‘Abdari. Kunyah beliau adalah Abu ‘Abdullah. Beliau adalah salah
seorang sahabat yang paling terkemuka dan terhormat. Beliau termasuk
orang-orang pertama yang berhijrah ke Habasyah dan kemudian mengikuti Perang
Badr. Hanya dua orang dari bani Abdud-Dar yang mengikuti perang Badr: Mush’ab
bin ‘Umair dan Suwaibith bin Harmalah, yang juga dikenal sebagai Ibnu
Huraimalah.
Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—telah mengutus Mush’ab bin ‘Umair ke
Madinah sebelum Hijrah, setelah Aqabah kedua, untuk mengajarkan Al-Qur’an dan
mendidik mereka dalam agama. Beliau disebut qari dan muqri`. Diriwayatkan
bahwa ia adalah orang pertama yang melaksanakan salat Jumat di Madinah sebelum
hijrah.
قال البراء بن عازب: أول من قدم علينا المدينة من المهاجرين مصعب بن عمير أخو
بنى عبد الدار بن قصي، ثم أتانا بعده عمرو ابن أم مكتوم، ثم أتانا بعده عمار بن
ياسر، وسعد بن أبى وقاص، وابن مسعود، وبلال، ثم أتانا عمر بن الخطاب في عشرين
راكبا، ثم هاجر رسول الله ﷺ، فقدم علينا مع أبى بكر. وقتل مصعب بن عمير يوم أحد
شهيدا، قتله ابن قميئة الليثي فيما قال ابن إسحاق، وهو يومئذ ابن أربعين سنة أو
أزيد شيئا. ويقال: إن فيه نزلت وفي أصحابه يومئذ: ﴿مِّنَ ٱلۡمُؤۡمِنِينَ
رِجَالٌ صَدَقُوا۟ مَا عَٰهَدُوا۟ ٱللَّهَ عَلَيۡهِ...﴾ [الأحزاب ٢٣] الآية
أسلم بعد دخول رسول الله ﷺ دار الأرقم.
Al-Bara` bin ‘Azib berkata: Muhajirin pertama yang datang kepada kami di
Madinah adalah Mush’ab bin ‘Umair, saudara bani ‘Abd Ad-Dar bin Qushay.
Kemudian datang ‘Amr bin Umm Maktum menyusulnya, kemudian ‘Ammar bin Yasir,
Sa’d bin Abu Waqqash, Ibnu Mas’ud, dan Bilal. Kemudian datang ‘Umar bin
Al-Khaththab dengan dua puluh orang penunggang kuda. Kemudian
Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—berhijrah dan datang kepada kami
bersama Abu Bakr. Mush’ab bin ‘Umair syahid pada hari perang Uhud, dibunuh
oleh Ibnu Qami`ah Al-Laitsi, menurut pendapat Ibnu Ishaq. Dia berusia empat
puluh tahun atau sedikit lebih tua saat itu. Diriwayatkan bahwa tentang dia
dan para sahabatnyalah ayat berikut diturunkan, “Di antara orang-orang mukmin
ada orang-orang yang menepati janji mereka kepada Allah...” (QS Al-Ahzab: 23).
Ia masuk Islam setelah Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—memasuki rumah
Al-Arqam.
ذكر الواقدي، عن إبراهيم بن محمد العبدي، عن أبيه، قال: كان مصعب بن عمير فتى
مكة شبابا وجمالا وتيها، وكان أبواه يحبانه، وكانت أمه تكسوه أحسن ما يكون من
الثياب، وكان أعطر أهل مكة، يلبس الحضرمي من النعال، وكان رسول الله ﷺ يذكره
ويقول: ما رأيت بمكة أحسن لمة، ولا أرق حلة، ولا أنعم نعمة من مصعب بن عمير.
فبلغه أن رسول الله ﷺ يدعو إلى الإسلام في دار الأرقم فدخل، فأسلم، وكتم إسلامه
خوفا من أمه وقومه، فكان يختلف إلى رسول الله ﷺ سرا؛ فبصر به عثمان بن طلحة
يصلى، فأخبر به قومه وأمه، فأخذوه فحبسوه، فلم يزل محبوسا إلى أن خرج إلى أرض
الحبشة.
Al-Waqidi meriwayatkan dari Ibrahim bin Muhammad Al-‘Abdi, dari ayahnya.
Beliau berkata: Mush’ab bin ‘Umair adalah seorang pemuda, tampan, dan idola
dari Mekah. Orang tuanya mencintainya dan ibunya biasa memakaikannya pakaian
terbaik. Ia adalah orang Makkah yang paling harum dan mengenakan sandal
Hadhrami. Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—biasa menyebutnya dan
berkata, “Aku belum pernah melihat di Makkah seseorang yang lebih tampan
wajahnya, lebih bagus pakaiannya, atau lebih diberkahi daripada Mush’ab bin
‘Umair.”
Ia mendengar bahwa Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—sedang mengajak
orang-orang untuk masuk Islam di rumah Al-Arqam, maka ia masuk ke rumah itu
dan masuk Islam. Ia menyembunyikan keislamannya karena takut kepada ibu dan
kaumnya. Ia biasa mengunjungi Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—secara
diam-diam. ‘Utsman bin Thalhah melihatnya sedang salat, lalu memberi tahu
kaumnya dan ibunya. Mereka menangkapnya dan memenjarakannya. Ia terus
dipenjara sampai ia pergi ke negeri Habasyah.
أنبأنا أبو محمد عبد الله بن محمد قال: حدثنا محمد بن بكير التمار، حدثنا أبو
داود، حدثنا محمد بن كثير، حدثنا سفيان، عن الۡأعمش، عن أبى وائل، عن خباب،
قال: قتل مصعب بن عمير يوم أحد، ولم يكن له إلا نمرة، كنا إذا غطينا [بها رأسه
خرجت رجلاه، وإذا غطينا] رجليه خرج رأسه، فقال لنا رسول الله ﷺ: (غطوا بها
رأسه، واجعلوا على رجليه من الإذخر). ولم يختلف أهل السير أن راية رسول الله ﷺ
يوم بدر ويوم أحد كانت بيد مصعب بن عمير، فلما قتل يوم أحد أخذها علي بن أبى
طالب. كناه الهيثم بن عدي أبا عبد الله.
Abu Muhammad ‘Abdullah bin Muhammad memberitakan kepada kami. Ia berkata:
Muhammad bin Bukair At-Tammar menceritakan kepada kami: Abu Dawud menceritakan
kepada kami: Muhammad bin Katsir menceritakan kepada kami: Sufyan menceritakan
kepada kami dari Al-A’masy, dari Abu Wa`il, dari Khabbab. Beliau berkata:
Mush’ab bin ‘Umair terbunuh pada hari perang Uhud dan ia tidak memiliki apapun
kecuali selembar namirah (kain bergaris berwarna putih hitam). Jika kami
menutupi kepalanya dengan kain itu, kakinya akan menyembul keluar, dan jika
kami menutupi kakinya, kepalanya akan menyembul keluar. Maka
Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda kepada kami, “Tutupi
kepalanya dengan kain itu dan letakkan idzkhir (tanaman semacam serai) di atas
kakinya!” (HR
Al-Bukhari nomor 1276).
Para ahli sejarah sepakat bahwa panji Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa
sallam—pada perang Badr dan perang Uhud berada di tangan Mush’ab bin ‘Umair.
Ketika beliau terbunuh pada perang Uhud, ‘Ali bin Abu Thalib mengambilnya.
Al-Haitsam bin ‘Adi memberinya panggilan kunyah Abu ‘Abdullah.