٢٥ - بَابُ الۡكَفَنِ مِنۡ جَمِيعِ الۡمَالِ
25. Bab Biaya Kafan Diambil dari Seluruh Harta Mendiang (sebelum Dikurangi
untuk Hal Lain)
وَبِهِ قَالَ عَطَاءٌ، وَالزُّهۡرِيُّ، وَعَمۡرُو بۡنُ دِينَارٍ،
وَقَتَادَةُ.
وَقَالَ عَمۡرُو بۡنُ دِينَارٍ: الۡحَنُوطُ مِنۡ جَمِيعِ الۡمَالِ.
وَقَالَ إِبۡرَاهِيمُ: يُبۡدَأُ بِالۡكَفَنِ، ثُمَّ بِالدَّيۡنِ، ثُمَّ
بِالۡوَصِيَّةِ.
وَقَالَ سُفۡيَانُ: أَجۡرُ الۡقَبۡرِ وَالۡغَسۡلِ هُوَ مِنَ الۡكَفَنِ.
Yang berpendapat demikian adalah ‘Atha`, Az-Zuhri, ‘Amr bin Dinar, dan
Qatadah.
‘Amr bin Dinar berkata: Hanuth (wewangian khusus untuk jenazah) diambil dari
seluruh harta mendiang (sebelum dikurangi untuk hal lain).
Ibrahim berkata: Dimulai dengan kafan, kemudian utang, kemudian wasiat.
Sufyan berkata: Jasa penguburan dan pemandian jenazah adalah termasuk biaya
kafan.
١٢٧٤ - حَدَّثَنَا أَحۡمَدُ بۡنُ مُحَمَّدٍ الۡمَكِّيُّ: حَدَّثَنَا
إِبۡرَاهِيمُ بۡنُ سَعۡدٍ، عَنۡ سَعۡدٍ، عَنۡ أَبِيهِ، قَالَ: أُتِيَ عَبۡدُ
الرَّحۡمٰنِ بۡنُ عَوۡفٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ يَوۡمًا بِطَعَامِهِ، فَقَالَ:
قُتِلَ مُصۡعَبُ بۡنُ عُمَيۡرٍ، وَكَانَ خَيۡرًا مِنِّي، فَلَمۡ يُوجَدۡ لَهُ
مَا يُكَفَّنُ فِيهِ إِلَّا بُرۡدَةٌ، وَقُتِلَ حَمۡزَةُ، أَوۡ رَجُلٌ آخَرُ،
خَيۡرٌ مِنِّي، فَلَمۡ يُوجَدۡ لَهُ مَا يُكَفَّنُ فِيهِ إِلَّا بُرۡدَةٌ،
لَقَدۡ خَشِيتُ أَنۡ يَكُونَ قَدۡ عُجِّلَتۡ لَنَا طَيِّبَاتُنَا فِي
حَيَاتِنَا الدُّنۡيَا، ثُمَّ جَعَلَ يَبۡكِي. [الحديث ١٢٧٤ - طرفاه في: ١٢٧٥،
٤٠٤٥].
1274. Ahmad bin Muhammad Al-Makki telah menceritakan kepada kami: Ibrahim bin
Sa’d menceritakan kepada kami dari Sa’d, dari ayahnya. Beliau berkata:
Suatu hari, makanan ‘Abdurrahman bin ‘Auf dihidangkan, lalu beliau berkata,
“Mush’ab bin ‘Umair terbunuh dan beliau lebih baik daripadaku. Dia tidak
memiliki kain untuk mengafaninya kecuali selembar burdah (kain bergaris).
Hamzah atau seorang pria lain juga terbunuh yang lebih baik daripadaku. Diapun
tidak memiliki kain untuk mengafaninya kecuali selembar burdah. Sungguh aku
khawatir balasan kebaikan-kebaikan kami sudah disegerakan di kehidupan dunia
kami.”
Lantas beliau menangis.