Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadis nomor 1255

٣٢ - بَابُ مَا جَاءَ فِي شِرَاءِ الۡقِلَادَةِ وَفِيهَا ذَهَبٌ وَخَرَزٌ
32. Bab Riwayat tentang Jual Beli Kalung yang Ada Emas dan Manik-Maniknya


١٢٥٥ - (صحيح) حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ، قَالَ: حَدَّثَنَا اللَّيۡثُ، عَنۡ أَبِي شُجَاعٍ سَعِيدِ بۡنِ يَزِيدَ، عَنۡ خَالِدِ بۡنِ أَبِي عِمۡرَانَ، عَنۡ حَنَشٍ الصَّنۡعَانِيِّ، عَنۡ فَضَالَةَ بۡنِ عُبَيۡدٍ، قَالَ: اشۡتَرَيۡتُ يَوۡمَ خَيۡبَرَ قِلَادَةً بِاثۡنَىۡ عَشَرَ دِينَارًا، فِيهَا ذَهَبٌ وَخَرَزٌ. فَفَصَّلۡتُهَا، فَوَجَدۡتُ فِيهَا أَكۡثَرَ مِنِ اثۡنَىۡ عَشَرَ دِينَارًا، فَذَكَرۡتُ ذٰلِكَ لِلنَّبِيِّ ﷺ فَقَالَ: (لَا تُبَاعُ حَتَّى تُفَصَّلَ). [(أحاديث البيوع): م].

1255. Qutaibah telah menceritakan kepada kami: Al-Laits menceritakan kepada kami dari Abu Syuja’ Sa’id bin Yazid, dari Khalid bin Abu ‘Imran, dari Hanasy Ash-Shan’ani, dari Fadhalah bin ‘Ubaid. Beliau berkata:

Aku membeli sebuah kalung dengan harga dua belas dinar di hari Khaibar. Di kalung itu ada emas dan manik-maniknya. Aku memisah-misahnya lalu aku dapati kalung itu bernilai lebih dari dua belas dinar. Aku menyebutkan hal itu kepada Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—, lalu beliau berkata, “Jangan dijual sampai (emasnya) dipisahkan!”

١٢٥٥ (م) - حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ، قَالَ: حَدَّثَنَا ابۡنُ الۡمُبَارَكِ، عَنۡ أَبِي شُجَاعٍ سَعِيدِ بۡنِ يَزِيدَ، بِهٰذَا الۡإِسۡنَادِ نَحۡوَهُ. هٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَالۡعَمَلُ عَلَى هٰذَا عِنۡدَ بَعۡضِ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ وَغَيۡرِهِمۡ؛ لَمۡ يَرَوۡا أَنۡ يُبَاعَ السَّيۡفُ مُحَلًّى أَوۡ مِنۡطَقَةٌ مُفَضَّضَةٌ، أَوۡ مِثۡلُ هٰذَا، بِدَرَاهِمَ حَتَّى يُمَيَّزَ وَيُفَصَّلَ. وَهُوَ قَوۡلُ ابۡنِ الۡمُبَارَكِ، وَالشَّافِعِيِّ، وَأَحۡمَدَ، وَإِسۡحَاقَ. وَقَدۡ رَخَّصَ بَعۡضُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ فِي ذٰلِكَ مِنۡ أَصۡحَابِ النَّبِيِّ ﷺ وَغَيۡرِهِمۡ.

1255. Qutaibah telah menceritakan kepada kami: Ibnu Al-Mubarak menceritakan kepada kami dari Abu Syuja’ Sa’id bin Yazid melalui sanad ini semisal hadis tersebut. Ini adalah hadis hasan sahih.

Sebagian ulama dari kalangan sahabat Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dan selain mereka beramal berdasarkan hadis ini. Mereka berpendapat bahwa pedang berhias (perak) atau sabuk berlapis perak atau yang semisalnya tidak boleh ditukar dengan dirham sampai (peraknya) dipisahkan. Ini adalah pendapat Ibnu Al-Mubarak, Asy-Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq. Sebagian ulama dari kalangan sahabat Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dan selain mereka memberi rukhsah dalam masalah itu.