Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 2167

١٣ – (٢١٦٧) – حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡعَزِيزِ، يَعۡنِي الدَّرَاوَرۡدِيَّ، عَنۡ سُهَيۡلٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (لَا تَبۡدَؤُا الۡيَهُودَ وَلَا النَّصَارَىٰ بِالسَّلَامِ، فَإِذَا لَقِيتُمۡ أَحَدَهُمۡ فِي طَرِيقٍ فَاضۡطَرُّوهُ إِلَىٰ أَضۡيَقِهِ).
13. (2167). Qutaibah bin Sa'id telah menceritakan kepada kami: 'Abdul 'Aziz Ad-Darawardi menceritakan kepada kami, dari Suhail, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Janganlah kalian memulai memberi salam kepada Yahudi dan Nashara. Dan apabila kalian bertemu dengan salah seorang dari mereka di suatu jalan, desaklah ia ke bagian yang paling sempit.”
(…) - وَحَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّىٰ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ. (ح) وَحَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرِ بۡنُ أَبِي شَيۡبَةَ وَأَبُو كُرَيۡبٍ. قَالَا: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنۡ سُفۡيَانَ. (ح) وَحَدَّثَنِي زُهَيۡرُ بۡنُ حَرۡبٍ: حَدَّثَنَا جَرِيرٌ. كُلُّهُمۡ عَنۡ سُهَيۡلٍ، بِهَٰذَا الۡإِسۡنَادِ.
وَفِي حَدِيثِ وَكِيعٍ: (إِذَا لَقِيتُمُ الۡيَهُودَ).
وَفِي حَدِيثِ ابۡنِ جَعۡفَرٍ عَنۡ شُعۡبَةَ قَالَ: فِي أَهۡلِ الۡكِتَابِ.
وَفِي حَدِيثِ جَرِيرٍ: (إِذَا لَقِيتُمُوهُمۡ)، وَلَمۡ يُسَمِّ أَحَدًا مِنَ الۡمُشۡرِكِينَ.
Muhammad ibnul Mutsanna telah menceritakan kepada kami: Muhammad bin Ja'far menceritakan kepada kami: Syu'bah menceritakan kepada kami. (Dalam riwayat lain) Abu Bakr bin Abu Syaibah dan Abu Kuraib telah menceritakan kepada kami. Keduanya mengatakan: Waki' menceritakan kepada kami dari Sufyan. (Dalam riwayat lain) Zuhair bin Harb telah menceritakan kepadaku: Jarir menceritakan kepada kami. Mereka seluruhnya dari Suhail dengan sanad ini.
Dalam hadits Waki', “Jika kalian bertemu dengan orang Yahudi.”
Dalam hadits Ibnu Ja'far dari Syu'bah, beliau mengatakan: pada ahli kitab.
Dalam hadits Jarir, “Jika kalian bertemu mereka”, dan beliau tidak menyebutkan satu golongan pun dari kalangan kaum musyrikin.