Cari Blog Ini

At-Tuhfatul Wushabiyyah - Naibul Fa'il

النَّائِبُ عَنِ الۡفَاعِلِ

قَالَ: (بَابُ الۡمَفۡعُولِ الَّذِي لَمۡ يُسَمَّ فَاعِلُهُ)
وَهُوَ: الۡاسۡمُ الۡمَرۡفُوعُ، الَّذِي لَمۡ يُذۡكَرۡ مَعَهُ فَاعِلُهُ. فَإِنۡ كَانَ الۡفِعۡلُ مَاضِيًا ضُمَّ أَوَّلُهُ وَكُسِرَ مَا قَبۡلَ آخِرِهِ، وَإِنۡ كَانَ مُضَارِعًا ضُمَّ أَوَّلُهُ وَفُتِحَ مَا قَبۡلَ آخِرِهِ.
Bab Maf'ul yang tidak disebutkan fa'ilnya. Yaitu isim yang dirafa' yang fa'ilnya tidak disebutkan bersamanya. Jika fi'ilnya madhi, maka huruf awalnya didhammah dan huruf sebelum akhir dikasrah. Jika fi'ilnya mudhari', maka huruf awalnya didhammah dan huruf sebelum akhir difathah.
أَقُولُ: الۡأَصۡلُ فِي الۡفَاعِلِ أَنۡ يَكُونَ مَذۡكُورًا فِي الۡكَلَامِ كَمَا رَأَيۡتَ فِي الۡأَمۡثِلَةِ الۡمُتَقَدِّمَةِ فِي (بَابِ الۡفَاعِلِ)، وَقَدۡ يُحۡذَفُ لِغَرَضٍ مِنَ الۡأَغۡرَاضِ؛ فَيَقُومُ الۡمَفۡعُولُ بِهِ حِينَئِذٍ مَقَامَهُ فَيَأۡخُذُ جَمِيعَ أَحۡكَامِهِ، فَيَصِيرُ مَرۡفُوعًا بَعۡدَ أَنۡ كَانَ مَنۡصُوبًا، وَعُمۡدَةً بَعۡدَ أَنۡ كَانَ فَضۡلَةً، وَغَيۡرُ ذٰلِكَ مِنۡ أَحۡكَامِ الۡفَاعِلِ.
Asalnya fa'il disebutkan di dalam pembicaraan, sebagaimana telah Anda lihat di contoh-contoh yang telah lewat dalam bab fa'il. Dan terkadang bisa dibuang karena suatu tujuan. Sehingga, maf'ul bih pada saat ini menempati kedudukan fa'il dan mengambil seluruh hukum-hukum fa'il. Maka, jadilah ia dirafa' setelah sebelumnya dinashab. Jadilah ia inti kalimat setelah sebelumnya hanya tambahan. Demikian pula hukum-hukum fa'il lainnya.
وَيَجِبُ فِي الۡفِعۡلِ حِينَئِذٍ أَنۡ تَغَيَّرَ صُورَتُهُ الۡأَصۡلِيَّةُ إِلَى صُورَةٍ أُخۡرَى؛ مِنۡ أَجۡلِ أَنۡ يَتَمَيَّزَ الۡفَاعِلُ عَنِ النَّائِبِ مِنۡ أَوَّلِ الۡأَمۡرِ.
وَكَيۡفِيَةُ هَٰذَا التَّغۡيِيرِ: أَنَّ الۡفِعۡلَ إِنۡ كَانَ مَاضِيًا ضُمَّ أَوَّلُهُ وَكُسِرَ مَا قَبۡلَ آخِرِهِ نَحۡوُ: (ضُرِبَ زَيۡدٌ) وَإِنۡ كَانَ مُضَارِعًا ضُمَّ أَوَّلُهُ وَفُتِحَ مَا قَبۡلَ آخِرِهِ نَحۡوُ: (يُضۡرَبُ زَيۡدٌ) فَاشۡتَرَكَا فِي ضَمِّ الۡأَوَّلِ، وَافۡتَرَقَا فِيمَا قَبۡلَ الۡآخِرِ.
Dalam keadaan ini, fi'il wajib diubah bentuk aslinya ke bentuk lain supaya dapat dibedakan antara fa'il dengan naib sedari awal. Aturan perubahannya: 
  • apabila fi'ilnya madhi, maka huruf awalnya didhammah dan huruf sebelum akhir dikasrah, contoh: ضُرِبَ زَيۡدٌ. 
  • apabila fi'ilnya mudhari', maka huruf awalnya didhammah dan huruf sebelum akhir difathah, contoh: يُضۡرَبُ زَيۡدٌ. 
Jadi, keduanya sama-sama huruf awalnya didhammah, namun huruf sebelum akhirnya berbeda.
فَـ(ضُرِبَ) فِعۡلٌ مَاضٍ مُغَيَّرُ الصِّيغَةِ، وَ(زَيۡدٌ) نَائِبُ فَاعِلٍ. وَالۡفَاعِلُ مَحۡذُوفٌ، وَالۡأَصۡلُ (ضَرَبَ مُحَمَّدٌ زَيۡدًا). وَمِثَالُهُ مِنَ التَّنۡزِيلِ قَوۡلُهُ جَلَّ جَلَالُهُ: ﴿قُتِلَ الۡخَرَّٰصُونَ﴾ [الذاريات: ١٠].
وَ(يُضۡرَبُ) فِعۡلٌ مُضَارِعٌ مُغَيَّرُ الصِّيغَةِ. وَ(زَيۡدٌ) نَائِبُ فَاعِلٍ، وَالۡفَاعِلُ مَحۡذُوفٌ وَالۡأَصۡلُ (يَضۡرِبُ مُحَمَّدٌ زَيۡدً) وَمِثَالُهُ مِنَ التَّنۡزِيلِ قَوۡلُهُ جَلَّتۡ عَظَمَتُهُ: ﴿يُعۡرَفُ الۡمُجۡرِمُونَ﴾ [الرحمن: ٤١].
Jadi ضُرِبَ adalah fi'il madhi yang telah berubah bentuknya dan زَيۡدٌ adalah naibul fa'il. Fa'ilnya dibuang. Asalnya adalah ضَرَبَ مُحَمَّدٌ زَيۡدًا. Dan contoh di dalam Al-Qur`an adalah firman Allah jalla jalaaluh: قُتِلَ الۡخَرَّٰصُونَ (QS. Adz-Dzariyat: 10).
Dan يُضۡرَبُ adalah fi'il mudhari' yang telah berubah bentuknya dan زَيۡدٌ adalah naibul fa'il. Fa'ilnya dibuang. Asalnya adalah يَضۡرِبُ مُحَمَّدٌ زَيۡدًا. Dan contoh di dalam Al-Qur`an adalah firman Allah jallat 'azhamatuh: يُعۡرَفُ الۡمُجۡرِمُونَ (QS. Ar-Rahman: 41).

Lihat pula: