Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 3238

٣٢٣٨ - حَدَّثَنَا عَبۡدُ اللهِ بۡنُ يُوسُفَ: أَخۡبَرَنَا اللَّيۡثُ قَالَ: حَدَّثَنِي عُقَيۡلٌ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ قَالَ: سَمِعۡتُ أَبَا سَلَمَةَ قَالَ: أَخۡبَرَنِي جَابِرُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا: أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ ﷺ يَقُولُ: (ثُمَّ فَتَرَ عَنِّي الۡوَحۡيُ فَتۡرَةً، فَبَيۡنَا أَنَا أَمۡشِي، سَمِعۡتُ صَوۡتًا مِنَ السَّمَاءِ، فَرَفَعۡتُ بَصَرِي قِبَلَ السَّمَاءِ، فَإِذَا الۡمَلَكُ الَّذِي جَاءَنِي بِحِرَاءٍ، قَاعِدٌ عَلَى كُرۡسِيٍّ بَيۡنَ السَّمَاءِ وَالۡأَرۡضِ، فَجُئِثۡتُ مِنۡهُ، حَتَّى هَوَيۡتُ إِلَى الۡأَرۡضِ، فَجِئۡتُ أَهۡلِي فَقُلۡتُ: زَمِّلُونِي، زَمِّلُونِي، فَأَنۡزَلَ اللهُ تَعَالَى: ﴿يَا أَيُّهَا الۡمُدَّثِّرُ﴾ إِلَى قَوۡلِهِ: ﴿فَاهۡجُرۡ﴾ [المدثر: ١-٥]). قَالَ أَبُو سَلَمَةَ: وَالرِّجۡزُ: الۡأَوۡثَانُ. [طرفه في: ٤].
3238. ‘Abdullah bin Yusuf telah menceritakan kepada kami: Al-Laits mengabarkan kepada kami, beliau berkata: ‘Uqail menceritakan kepadaku, dari Ibnu Syihab, beliau berkata: Aku mendengar Abu Salamah berkata: Jabir bin ‘Abdullah radhiyallahu ‘anhuma mengabarkan kepadaku: Bahwa beliau mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Kemudian wahyu berhenti turun kepadaku sementara waktu. Suatu ketika, aku sedang berjalan. Aku mendengar suara dari langit. Aku pun mengangkat pandanganku ke arah langit. Ternyata ada malaikat yang dulu mendatangiku di gua Hira`. Dia duduk di atas kursi di antara langit dan bumi. Aku takut karenanya sampai-sampai aku jatuh ke tanah. Lalu aku mendatangi keluargaku dan aku berkata: Selimuti aku! Selimuti aku! Lalu Allah taala menurunkan ayat, “Wahai orang yang berselimut,” sampai firman-Nya, “tinggalkanlah!” (QS. Al-Muddatstsir: 1-5).” Abu Salamah berkata: Rijz adalah berhala.