Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 4922

سُورَةُ الۡمُدَّثِّرِ
Surah Al-Muddatstsir

قَالَ ابۡنُ عَبَّاسٍ: ﴿عَسِيرٌ﴾ [٩] شَدِيدٌ. ﴿قَسۡوَرَةٍ﴾ [٥١] رِكۡزُ النَّاسِ وَأَصۡوَاتُهُمۡ، وَقَالَ أَبُو هُرَيۡرَةَ: الۡأَسَدُ، وَكُلُّ شَدِيدٍ قَسۡوَرَةٌ. ﴿مُسۡتَنۡفِرَةٌ﴾ [٥٠] نَافِرَةٌ مَذۡعُورَةٌ.
Ibnu ‘Abbas berkata: “’Asir” (9) artinya sulit. “Qaswarah” (51) suara samar manusia dan suara-suara mereka. Abu Hurairah berkata: Singa, dan setiap yang kuat adalah qaswarah. “Mustanfirah” (50) lari ketakutan.

١ – بَابٌ
1. Bab

٤٩٢٢ - حَدَّثَنَا يَحۡيَى: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، عَنۡ عَلِيِّ بۡنِ الۡمُبَارَكِ، عَنۡ يَحۡيَى بۡنِ أَبِي كَثِيرٍ: سَأَلۡتُ أَبَا سَلَمَةَ بۡنَ عَبۡدِ الرَّحۡمٰنِ، عَنۡ أَوَّلِ مَا نَزَلَ مِنَ الۡقُرۡآنِ، قَالَ: ﴿يَا أَيُّهَا الۡمُدَّثِّرُ﴾ [١] قُلۡتُ: يَقُولُونَ: ﴿اقۡرَأۡ بِاسۡمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ﴾ [العلق: ١]. فَقَالَ أَبُو سَلَمَةَ: سَأَلۡتُ جَابِرَ بۡنَ عَبۡدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا عَنۡ ذٰلِكَ، وَقُلۡتُ لَهُ مِثۡلَ الَّذِي قُلۡتَ، فَقَالَ جَابِرٌ: لَا أُحَدِّثُكَ إِلَّا مَا حَدَّثَنَا رَسُولُ اللهِ ﷺ، قَالَ: (جَاوَرۡتُ بِحِرَاءٍ، فَلَمَّا قَضَيۡتُ جِوَارِي هَبَطۡتُ، فَنُودِيتُ، فَنَظَرۡتُ عَنۡ يَمِينِي فَلَمۡ أَرَ شَيۡئًا، وَنَظَرۡتُ عَنۡ شِمَالِي فَلَمۡ أَرَ شَيۡئًا، وَنَظَرۡتُ أَمَامِي فَلَمۡ أَرَ شَيۡئًا، وَنَظَرۡتُ خَلۡفِي فَلَمۡ أَرَ شَيۡئًا، فَرَفَعۡتُ رَأۡسِي فَرَأَيۡتُ شَيۡئًا، فَأَتَيۡتُ خَدِيجَةَ فَقُلۡتُ: دَثِّرُونِي، وَصُبُّوا عَلَيَّ مَاءً بَارِدًا، قَالَ: فَدَثَّرُونِي وَصَبُّوا عَلَيَّ مَاءً بَارِدًا، قَالَ: فَنَزَلَتۡ: ﴿يَا أَيُّهَا الۡمُدَّثِّرُ قُمۡ فَأَنۡذِرۡ وَرَبَّكَ فَكَبِّرۡ﴾) [١-٣]. [طرفه في: ٤].
4922. Yahya telah menceritakan kepada kami: Waki’ menceritakan kepada kami, dari ‘Ali bin Al-Mubarak, dari Yahya bin Abu Katsir: Aku bertanya kepada Abu Salamah bin ‘Abdurrahman tentang awal Alquran yang turun. Beliau berkata, “Wahai orang yang berselimut.” (QS. Al-Muddatstsir: 1). Aku berkata: Mereka berkata: (Yang pertama turun adalah) “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan.” (QS. Al-‘Alaq: 1). Abu Salamah berkata: Aku sudah bertanya kepada Jabir bin ‘Abdullah radhiyallahu ‘anhuma tentang hal itu dan aku pun mengatakan seperti yang engkau katakan. Lalu Jabir mengatakan: Aku tidak menceritakan kepadamu kecuali apa yang diceritakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada kami. Beliau bersabda, “Aku tinggal di gua Hira`. Ketika aku selesai, aku turun. Lalu ada yang memanggilku. Aku melihat ke sebelah kanan, namun aku tidak melihat apapun. Aku melihat ke sebelah kiri, namun aku juga tidak melihat apa-apa. Aku melihat ke depan, aku tidak melihat sesuatu. Aku melihat ke belakang, aku masih tidak melihat apa-apa. Lalu aku angkat pandanganku dan aku melihat sesuatu. Lalu aku datang kepada Khadijah dan berkata: Selimuti aku dan tuangkan air dingin kepadaku! Beliau berkata: Mereka menyelimutiku dan menuangkan air dingin kepadaku. Beliau berkata: Lalu turun ayat, “Wahai orang yang berselimut, bangunlah, dan berilah peringatan! Dan Tuhanmu agungkanlah!” (QS. Al-Muddatstsir: 1-3).