Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 5125 dan 5126

٣٦ - بَابُ النَّظَرِ إِلَى الۡمَرۡأَةِ قَبۡلَ التَّزۡوِيجِ
36. Bab memandang kepada wanita sebelum menikah

٥١٢٥ - حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بۡنُ زَيۡدٍ، عَنۡ هِشَامٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهَا قَالَتۡ: قَالَ لِي رَسُولُ اللهِ ﷺ: (رَأَيۡتُكِ فِي الۡمَنَامِ يَجِيءُ بِكِ الۡمَلَكُ فِي سَرَقَةٍ مِنۡ حَرِيرٍ، فَقَالَ لِي: هَٰذِهِ امۡرَأَتُكَ، فَكَشَفۡتُ عَنۡ وَجۡهِكِ الثَّوۡبَ فَإِذَا أَنۡتِ هِيَ، فَقُلۡتُ: إِنۡ يَكُ هَٰذَا مِنۡ عِنۡدِ اللهِ يُمۡضِهِ). [طرفه في: ٣٨٩٥].
5125. Musaddad telah menceritakan kepada kami: Hammad bin Zaid menceritakan kepada kami, dari Hisyam, dari ayahnya, dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku melihatmu di dalam mimpi. Malaikat membawamu dalam sepotong kain sutra. Malaikat itu berkata kepadaku: Ini adalah istrimu. Lalu aku menyingkap kain dari wajahmu, ternyata wanita itu adalah engkau. Lalu aku berkata: Jika mimpi ini dari sisi Allah, tentu Allah akan mewujudkannya.”
٥١٢٦ - حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ: حَدَّثَنَا يَعۡقُوبُ، عَنۡ أَبِي حَازِمٍ، عَنۡ سَهۡلِ بۡنِ سَعۡدٍ: أَنَّ امۡرَأَةً جَاءَتۡ رَسُولَ اللهِ ﷺ فَقَالَتۡ: يَا رَسُولَ اللهِ، جِئۡتُ لِأَهَبَ لَكَ نَفۡسِي، فَنَظَرَ إِلَيۡهَا رَسُولُ اللهِ ﷺ فَصَعَّدَ النَّظَرَ إِلَيۡهَا وَصَوَّبَهُ، ثُمَّ طَأۡطَأَ رَأۡسَهُ، فَلَمَّا رَأَتِ الۡمَرۡأَةُ أَنَّهُ لَمۡ يَقۡضِ فِيهَا شَيۡئًا جَلَسَتۡ، فَقَامَ رَجُلٌ مِنۡ أَصۡحَابِهِ فَقَالَ: أَيۡ رَسُولَ اللهِ، إِنۡ لَمۡ تَكُنۡ لَكَ بِهَا حَاجَةٌ فَزَوِّجۡنِيهَا، فَقَالَ: (هَلۡ عِنۡدَكَ مِنۡ شَيۡءٍ؟) قَالَ: لَا وَاللهِ يَا رَسُولَ اللهِ، قَالَ: (اذۡهَبۡ إِلَى أَهۡلِكَ فَانۡظُرۡ هَلۡ تَجِدُ شَيۡئًا). فَذَهَبَ ثُمَّ رَجَعَ فَقَالَ: لَا وَاللهِ يَا رَسُولَ اللهِ مَا وَجَدۡتُ شَيۡئًا، قَالَ: (انۡظُرۡ وَلَوۡ خَاتَمًا مِنۡ حَدِيدٍ). فَذَهَبَ ثُمَّ رَجَعَ فَقَالَ: لَا وَاللهِ يَا رَسُولَ اللهِ، وَلَا خَاتَمًا مِنۡ حَدِيدٍ، وَلٰكِنۡ هَٰذَا إِزَارِي - قَالَ سَهۡلٌ: مَا لَهُ رِدَاءٌ - فَلَهَا نِصۡفُهُ، فَقَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (مَا تَصۡنَعُ بِإِزَارِكَ إِنۡ لَبِسۡتَهُ لَمۡ يَكُنۡ عَلَيۡهَا مِنۡهُ شَيۡءٌ وَإِنۡ لَبِسَتۡهُ لَمۡ يَكُنۡ عَلَيۡكَ شَيۡءٌ؟). فَجَلَسَ الرَّجُلُ حَتَّى طَالَ مَجۡلَسُهُ، ثُمَّ قَامَ، فَرَآهُ رَسُولُ اللهِ ﷺ مُوَلِّيًا فَأَمَرَ بِهِ فَدُعِيَ، فَلَمَّا جَاءَ قَالَ: (مَاذَا مَعَكَ مِنَ الۡقُرۡآنِ؟) قَالَ: مَعِي سُورَةَ كَذَا وَسُورَةَ كَذَا وَسُورَةَ كَذَا، عَدَّدَهَا، قَالَ: (أَتَقۡرَؤُهُنَّ عَنۡ ظَهۡرِ قَلۡبِكَ؟). قَالَ: نَعَمۡ، قَالَ: (اذۡهَبۡ فَقَدۡ مَلَّكۡتُكَهَا بِمَا مَعَكَ مِنَ الۡقُرۡآنِ). [طرفه في: ٢٣١٠].
5126. Qutaibah telah menceritakan kepada kami: Ya’qub menceritakan kepada kami, dari Abu Hazim, dari Sahl bin Sa’d: Bahwa ada seorang wanita yang datang kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam seraya berkata: Wahai Rasulullah, aku datang untuk menghibahkan diriku kepada engkau. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memandang kepadanya. Beliau mengangkat dan menurunkan pandangannya kemudian beliau menundukkan kepalanya. Ketika wanita itu melihat bahwa Rasulullah tidak memberi keputusan apapun kepadanya, dia pun duduk. Seorang lelaki dari kalangan sahabat beliau bangkit seraya berkata: Wahai Rasulullah, jika engkau tidak memiliki keinginan kepadanya, nikahkan saja aku dengannya. Nabi bertanya, “Apakah engkau memiliki sesuatu?” Lelaki itu berkata: Tidak, demi Allah, wahai Rasulullah. Nabi bersabda, “Pergilah kepada keluargamu dan lihatlah barangkali engkau mendapatkan sesuatu.” Lelaki itu pun pergi kemudian kembali dan berkata: Tidak, demi Allah, aku tidak mendapatkan sesuatu pun. Nabi bersabda, “Coba lihat lagi walaupun hanya sebuah cincin dari besi.” Lelaki itu pergi kemudian kembali dan berkata: Tidak ada, demi Allah, wahai Rasulullah. Tidak ada walaupun hanya sebuah cincin dari besi, tetapi ini kain sarungku –Sahl berkata: Lelaki itu tidak punya kain atas -, untuk wanita itu separuhnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apa yang bisa engkau lakukan dengan kain sarungmu? Jika engkau memakainya, berarti wanita itu tidak mengenakannya. Dan jika dia yang memakainya, berarti engkau tidak memakai apa-apa.” Lelaki itu duduk beberapa lama kemudian bangkit. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melihatnya berbalik. Beliau memerintahkan agar dipanggilkan. Ketika lelaki itu datang, beliau bertanya, “Apa yang ada bersamamu dari Alquran?” Lelaki itu berkata: Bersamaku ada surah ini, surah ini, dan surah ini. Lelaki itu menyebutkan satu persatu. Nabi bertanya, “Apakah engkau membaca surah-surah itu dari hafalan di dadamu?” Lelaki itu menjawab: Iya. Nabi bersabda, “Pergilah, sungguh aku telah nikahkan engkau dengan wanita itu dengan hafalan Alquranmu.”