Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 7084

١١ - بَابٌ كَيۡفَ الۡأَمۡرُ إِذَا لَمۡ تَكُنۡ جَمَاعَةٌ
11. Bab bagaimana urusan apabila tidak ada jemaah kaum muslimin

٧٠٨٤ - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ الۡمُثَنَّى: حَدَّثَنَا الۡوَلِيدُ بۡنُ مُسۡلِمٍ: حَدَّثَنَا ابۡنُ جَابِرٍ: حَدَّثَنِي بُسۡرُ بۡنُ عُبَيۡدِ اللهِ الۡحَضۡرَمِيُّ: أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا إِدۡرِيسَ الۡخَوۡلاَنِيَّ: أَنَّهُ سَمِعَ حُذَيۡفَةَ بۡنَ الۡيَمَانِ يَقُولُ: كَانَ النَّاسُ يَسۡأَلُونَ رَسُولَ اللهِ ﷺ عَنِ الۡخَيۡرِ، وَكُنۡتُ أَسۡأَلُهُ عَنِ الشَّرِّ، مَخَافَةَ أَنۡ يُدۡرِكَنِي، فَقُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ؛ إِنَّا كُنَّا فِي جَاهِلِيَّةٍ وَشَرٍّ، فَجَاءَنَا اللهُ بِهَٰذَا الۡخَيۡرِ، فَهَلۡ بَعۡدَ هَٰذَا الۡخَيۡرِ مِنۡ شَرٍّ؟ قَالَ: (نَعَمۡ). قُلۡتُ: وَهَلۡ بَعۡدَ ذٰلِكَ الشَّرِّ مِنۡ خَيۡرٍ؟ قَالَ: (نَعَمۡ، وَفِيهِ دَخَنٌ). قُلۡتُ: وَمَا دَخَنُهُ؟ قَالَ: (قَوۡمٌ يَهۡدُونَ بِغَيۡرِ هَدۡيِي، تَعۡرِفُ مِنۡهُمۡ وَتُنۡكِرُ). قُلۡتُ: فَهَلۡ بَعۡدَ ذٰلِكَ الۡخَيۡرِ مِنۡ شَرٍّ؟ قَالَ: (نَعَمۡ، دُعَاةٌ عَلَى أَبۡوَابِ جَهَنَّمَ، مَنۡ أَجَابَهُمۡ إِلَيۡهَا قَذَفُوهُ فِيهَا). قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ صِفۡهُمۡ لَنَا، قَالَ: (هُمۡ مِنۡ جِلۡدَتِنَا، وَيَتَكَلَّمُونَ بِأَلۡسِنَتِنَا). قُلۡتُ: فَمَا تَأۡمُرُنِي إِنۡ أَدۡرَكَنِي ذٰلِكَ؟ قَالَ: (تَلۡزَمُ جَمَاعَةَ المُسۡلِمِينَ وَإِمَامَهُمۡ). قُلۡتُ: فَإِنۡ لَمۡ يَكُنۡ لَهُمۡ جَمَاعَةٌ وَلَا إِمَامٌ؟ قَالَ: (فَاعۡتَزِلۡ تِلۡكَ الۡفِرَقَ كُلَّهَا، وَلَوۡ أَنۡ تَعَضَّ بِأَصۡلِ شَجَرَةٍ، حَتَّى يُدۡرِكَكَ الۡمَوۡتُ وَأَنۡتَ عَلَى ذٰلِكَ). [طرفه في: ٣٦٠٦].
7084. Muhammad bin Al-Mutsanna telah menceritakan kepada kami: Al-Walid bin Muslim menceritakan kepada kami: Ibnu Jabir menceritakan kepada kami: Busr bin ‘Ubaidullah Al-Hadhrami menceritakan kepadaku: Bahwa beliau mendengar Abu Idris Al-Khaulani: Bahwa beliau mendengar Hudzaifah bin Al-Yaman mengatakan: Dahulu orang-orang biasa bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang kebaikan, sedangkan aku bertanya kepada beliau tentang kejelekan karena khawatir akan menimpaku. 
Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya dahulu kami berada di dalam jahiliah dan kejelekan, lalu Allah membawakan kebaikan ini kepada kami. Apakah setelah kebaikan ini ada kejelekan?” 
Nabi menjawab, “Iya ada.” 
Aku bertanya, “Apakah setelah kejelekan itu ada kebaikan?” 
Nabi menjawab, “Ada, namun padanya ada asap.” 
Aku bertanya, “Apa asapnya?” 
Nabi menjawab, “Suatu kaum yang memberi petunjuk dengan selain petunjukku. Engkau mengenali dari mereka dan juga mengingkari mereka.” 
Aku bertanya, “Apakah setelah kebaikan itu ada kejelekan?” 
Nabi bersabda, “Iya. Para dai yang berada di pintu-pintu neraka jahanam. Siapa saja yang memenuhi ajakan mereka, maka mereka akan melemparkan dia ke dalamnya.” 
Aku berkata, “Wahai Rasulullah, gambarkan mereka kepada kami.” 
Nabi bersabda, “Mereka dari kulit-kulit kita dan berbicara dengan bahasa kita.” 
Aku bertanya, “Lalu apa yang engkau perintahkan aku jika aku menjumpai hal itu?” 
Nabi bersabda, “Engkau tetap bersama jemaah kaum muslimin dan pemimpin mereka.” 
Aku bertanya, “Jika mereka tidak memiliki jemaah dan tidak memiliki pemimpin?” 
Nabi bersabda, “Tinggalkan semua kelompok-kelompok itu walaupun engkau sampai menggigit akar pohon, sampai kematian menjemputmu sedangkan engkau tetap dalam keadaan demikian.”