Cari Blog Ini

Rukuk dan Sujud

Syekh Shalih bin Fauzan bin 'Abdullah Al-Fauzan hafizhahullah di dalam kitab Syarh Al-Jami' li 'Ibadatillahi Wahdah berkata:

الرُّكُوعُ عِبَادَةٌ لَا يَكُونُ إِلَّا لِلهِ، لَا يَرۡكَعُ الۡإِنۡسَانُ لِأَحَدٍ، وَلَا يَخۡضَعُ لِأَحَدٍ وَلَا يَنۡحَنِي لِأَحَدٍ تَعۡظِيمًا لَهُ، فَالۡانۡحِنَاءُ عَلَى وَجۡهِ الذُّلِّ وَالتَّعۡظِيمِ لِمَنۡ أُنۡحَنَي لَهُ رُكُوعٌ لِغَيۡرِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ، وَلَا يَسۡجُدُ إِلَّا لِلهِ، لَا يَسُجُدُ لِلصَّنَمِ، وَلَا لِلۡقَبۡرِ وَلَا لِلضَّرِيحِ، وَلَا لِعَظِيمٍ مِنَ الۡعُظَمَاءِ، لَا يَجُوزُ السُّجُودُ إِلَّا لِلهِ سُبۡحَانَهُ وَتَعَالَى، كَانَ الۡفُرۡسُ وَالرُّومُ يُعَظِّمُونَ مُلُوكَهُمۡ فَيَسۡجُدُونَ لَهُمۡ، وَلَمَّا رَآهُمۡ مُعَاذُ بۡنُ جَبَلٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ وَقَدِمَ عَلَى النَّبِيِّ ﷺ أَرَادَ أَنۡ يَسۡجُدَ لَهُ، فَمَنَعَهُ –عَلَيۡهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ- مِنۡ ذٰلِكَ وَقَالَ: (لَوۡ كُنۡتَ آمِرًا أَحَدًا أَنۡ يَسۡجُدَ لِأَحَدٍ لَأَمَرۡتُ الۡمَرۡأَةَ أَنۡ تَسۡجُدَ لِزَوۡجِهَا لِعِظَمِ حَقِّهِ عَلَيۡهَا). فَالسُّجُودُ لَا يَكُونُ إِلَّا لِلهِ عَزَ وَجَلَّ.

Rukuk adalah ibadah yang tidak boleh dilakukan kecuali untuk Allah. Seorang manusia tidak boleh rukuk kepada seorang pun, tidak boleh menunduk kepada seorang pun, dan tidak boleh merunduk kepada seorang pun dalam rangka mengagungkannya. Jadi merunduk dalam rangka merendahkan diri dan mengagungkan orang yang dirunduki adalah rukuk kepada selain Allah azza wajalla. Tidak boleh pula sujud kecuali kepada Allah. Tidak boleh sujud kepada berhala, kuburan, atau salah satu pembesar. Tidak boleh sujud kecuali kepada Allah subhanahu wa taala. Dahulu orang-orang Persia dan Romawi mengagungkan raja-raja mereka sampai-sampai sujud kepada mereka. Ketika Mu’adz bin Jabal radhiyallahu ‘anhu melihat mereka, lalu beliau datang kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam hendak sujud kepada beliau. Namun Nabi ‘alaihish shalatu was salam melarang Mu’adz dari hal itu dan beliau bersabda, “Andai aku boleh memerintahkan seseorang untuk sujud kepada orang lain, niscaya aku perintahkan seorang istri untuk sujud kepada suaminya saking besarnya hak suami terhadapnya.” Jadi sujud tidak boleh dilakukan kecuali untuk Allah azza wajalla.