Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 697

١١ - بَابُ مَا جَاءَ الصَّوۡمُ يَوۡمَ تَصُومُونَ وَالۡفِطۡرُ يَوۡمَ تُفۡطِرُونَ وَالۡأَضۡحَى يَوۡمَ تُضَحُّونَ 
11. Bab riwayat bahwa puasa adalah pada hari kalian berpuasa, Idulfitri adalah pada hari kalian selesai berpuasa, dan Iduladha adalah pada hari kalian berkurban 


٦٩٧ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ إِسۡمَاعِيلَ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِبۡرَاهِيمُ بۡنُ الۡمُنۡذِرِ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِسۡحَاقُ بۡنُ جَعۡفَرِ بۡنِ مُحَمَّدٍ، قَالَ: حَدَّثَنِي عَبۡدُ اللهِ بۡنُ جَعۡفَرٍ، عَنۡ عُثۡمَانَ بۡنِ مُحَمَّدٍ الۡأَخۡنَسِيِّ، عَنۡ سَعِيدٍ الۡمَقۡبُرِيِّ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَالَ: (الصَّوۡمُ يَوۡمَ تَصُومُونَ، وَالۡفِطۡرُ يَوۡمَ تُفۡطِرُونَ، وَالۡأَضۡحَى يَوۡمَ تُضَحُّونَ). هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ. وَفَسَّرَ بَعۡضُ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ هَٰذَا الۡحَدِيثَ، فَقَالَ: إِنَّمَا مَعۡنَى هَٰذَا: أَنَّ الصَّوۡمَ وَالۡفِطۡرَ مَعَ الۡجَمَاعَةِ وَعُظۡمِ النَّاسِ. [(ابن ماجه)(١٦٦٠)]. 

697. [Sahih] Muhammad bin Isma’il telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ibrahim bin Al-Mundzir menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Ishaq bin Ja’far bin Muhammad menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdullah bin Ja’far menceritakan kepadaku dari ‘Utsman bin Muhammad Al-Akhnasi, dari Sa’id Al-Maqburi, dari Abu Hurairah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Puasa adalah hari kalian berpuasa. Idulfitri adalah hari kalian selesai berpuasa. Iduladha adalah hari kalian berkurban.” Ini adalah hadis hasan garib. Sebagian ulama menafsirkan hadis ini dengan mengatakan: Makna hadis ini adalah bahwa puasa dan Idulfitri bersama pemerintah dan mayoritas kaum muslimin.