Cari Blog Ini

Sunan Ibnu Majah hadits nomor 2187

٢٠ – بَابُ النَّهۡيِ عَنۡ بَيۡعِ مَا لَيۡسَ عِنۡدَكَ، وَعَنۡ رِبۡحِ مَا لَمۡ يُضۡمَنۡ 
20. Bab larangan jual beli barang yang bukan milikmu dan larangan mengambil keuntungan dari barang yang belum ditanggung resiko untung ruginya 


٢١٨٧ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ جَعۡفَرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا شُعۡبَةُ عَنۡ أَبِي بِشۡرٍ. قَالَ: سَمِعۡتُ يُوسُفَ بۡنَ مَاهَكَ يُحَدِّثُ عَنۡ حَكِيمِ بۡنِ حِزَامٍ؛ قَالَ: قُلۡتُ: يَا رَسُولَ اللهِ! الرَّجُلُ يَسۡأَلُنِي الۡبَيۡعَ وَلَيۡسَ عَنۡدِي، أَفَأَبِيعُهُ؟ قَالَ: (لَا تَبِعۡ مَا لَيۡسَ عِنۡدَكَ). [(الإرواء)(١٢٩٢)، (الروض النضير)(٢٩٦)، (أحاديث البيوع)، (المشكاة)(٢٨٦٧)]. 

2187. [Sahih] Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Muhammad bin Ja’far menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Syu’bah menceritakan kepada kami dari Abu Bisyr. Beliau berkata: Aku mendengar Yusuf bin Mahak menceritakan dari Hakim bin Hizam; Beliau mengatakan: Aku bertanya, “Wahai Rasulullah, ada orang yang meminta aku menjual padahal aku tidak memiliki barangnya. Apakah aku boleh menjual kepadanya?” Nabi bersabda, “Jangan menjual barang yang tidak engkau miliki.”