Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 720

٢٥ - بَابُ مَا جَاءَ فِيمَنۡ اسۡتَقَاءَ عَمۡدًا 
25. Bab riwayat tentang orang yang memuntahkan dengan sengaja 


٧٢٠ – (صحيح) حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ حُجۡرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عِيسَى بۡنُ يُونُسَ، عَنۡ هِشَامِ بۡنِ حَسَّانَ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ سِيرِينَ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ، قَالَ: (مَنۡ ذَرَعَهُ الۡقَيۡءُ فَلَيۡسَ عَلَيۡهِ قَضَاءٌ، وَمَنۡ اسۡتَقَاءَ عَمۡدًا فَلۡيَقۡضِ). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ أَبِي الدَّرۡدَاءِ، وَثَوۡبَانَ، وَفَضَالَةَ بۡنِ عُبَيۡدٍ. حَدِيثُ أَبِي هُرَيۡرَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ. لَا نَعۡرِفُهُ مِنۡ حَدِيثِ هِشَامٍ، عَنِ ابۡنِ سِيرِينَ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ، إِلَّا مِنۡ حَدِيثِ عِيسَى بۡنِ يُونُسَ. وَقَالَ مُحَمَّدٌ: لَا أُرَاهُ مَحۡفُوظًا. وَقَدۡ رُوِيَ هَٰذَا الۡحَدِيثُ مِنۡ غَيۡرِ وَجۡهٍ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ. وَلَا يَصِحُّ إِسۡنَادُهُ. وَقَدۡ رُوِيَ عَنۡ أَبِي الدَّرۡدَاءِ وَثَوۡبَانَ وَفَضَالَةَ بۡنِ عُبَيۡدٍ؛ أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ قَاءَ فَأَفۡطَرَ. وَإِنَّمَا مَعۡنَى هَٰذَا أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ كَانَ صَائِمًا مُتَطَوِّعًا، فَقَاءَ فَضَعُفَ، فَأَفۡطَرَ لِذَلِكَ. هَٰكَذَا رُوِيَ فِي بَعۡضِ الۡحَدِيثِ مُفَسَّرًا. وَالۡعَمَلُ عِنۡدَ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ عَلَى حَدِيثِ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ، أَنَّ الصَّائِمَ إِذَا ذَرَعَهُ الۡقَيۡءُ فَلَا قَضَاءَ عَلَيۡهِ. وَإِذَا اسۡتَقَاءَ عَمۡدًا فَلۡيَقۡضِ، وَبِهِ يَقُولُ سُفۡيَانُ الثَّوۡرِيُّ، وَالشَّافِعِيُّ، وَأَحۡمَدُ، وَإِسۡحَاقُ. [(ابن ماجه)(١٦٧٦)]. 

720. [Sahih] ‘Ali bin Hujr telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Isa bin Yunus menceritakan kepada kami dari Hisyam bin Hassan, dari Muhammad bin Sirin, dari Abu Hurairah bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang muntah, maka dia tidak wajib kada. Namun, siapa saja yang sengaja memuntahkan, maka dia mengada.” 

Di dalam bab ini ada riwayat dari Abu Ad-Darda`, Tsauban, dan Fadhalah bin ‘Ubaid. Hadis Abu Hurairah adalah hadis hasan garib. Kami tidak mengetahuinya dari hadis Hisyam, dari Ibnu Sirin, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kecuali dari hadis ‘Isa bin Yunus. Muhammad berkata: Aku tidak menganggapnya mahfuzh. Hadis ini telah diriwayatkan lebih dari satu jalan dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, namun sanadnya tidak sahih. 

Telah diriwayatkan dari Abu Ad-Darda`, Tsauban, dan Fadhalah bin ‘Ubaid bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam muntah, lalu membatalkan puasa. Makna riwayat ini bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika itu puasa sunah, lalu beliau muntah sehingga lemah kondisinya, kemudian beliau membatalkan puasa karena itu. Seperti inilah yang diriwayatkan pada sebagian hadis dengan rinci. 

Para ulama beramal di atas dasar hadis Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa orang yang berpuasa apabila muntah, maka dia tidak wajib kada. Apabila dia sengaja memuntahkan, maka dia mengada. Yang berpendapat dengannya adalah Sufyan Ats-Tsauri, Asy-Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq.