Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 721 dan 722

٢٦ - بَابُ مَا جَاءَ فِي الصَّائِمِ يَأۡكُلُ أَوۡ يَشۡرَبُ نَاسِيًا 
26. Bab riwayat tentang orang yang berpuasa makan atau minum dalam keadaan lupa 


٧٢١ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو سَعِيدٍ، الۡأَشَجُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ الۡأَحۡمَرُ، عَنۡ حَجَّاجِ بۡنِ أَرۡطَاةَ، عَنۡ قَتَادَةَ، عَنِ ابۡنِ سِيرِينَ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (مَنۡ أَكَلَ أَوۡ شَرِبَ نَاسِيًا وَهُوَ صَائِمٌ فَلَا يُفۡطِرۡ، فَإِنَّمَا هُوَ رِزۡقٌ رَزَقَهُ اللهُ). [(ابن ماجه)(١٦٧٣): ق]. 

721. [Sahih] Abu Sa’id Al-Asyajj telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu Khalid Al-Ahmar menceritakan kepada kami dari Hajjaj bin Arthah, dari Qatadah, dari Ibnu Sirin, dari Abu Hurairah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa saja yang makan atau minum dalam keadaan dia lupa sedang berpuasa, maka janganlah ia membatalkan puasanya karena itu adalah rezeki yang Allah rezekikan kepadanya.” 

٧٢٢ – (صحيح) حَدَّثَنَا أَبُو سَعِيدٍ الۡأَشَجُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ، عَنۡ عَوۡفٍ، عَنِ ابۡنِ سِيرِينَ وَخِلَّاسٍ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ، مِثۡلَهُ أَوۡ نَحۡوَهُ. وَفِي الۡبَابِ عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ، وَأُمِّ إِسۡحَاقَ الۡغَنَوِيَّةِ. حَدِيثُ أَبِي هُرَيۡرَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَالۡعَمَلُ عَلَى هَٰذَا عِنۡدَ أَكۡثَرِ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ. وَبِهِ يَقُولُ سُفۡيَانُ الثَّوۡرِيُّ، وَالشَّافِعِيُّ، وَأَحۡمَدُ، وَإِسۡحَاقُ. وَقَالَ مَالِكُ بۡنُ أَنَسٍ: إِذَا أَكَلَ فِي رَمَضَانَ نَاسِيًا، فَعَلَيۡهِ الۡقَضَاءُ. وَالۡقَوۡلُ الۡأَوَّلُ أَصَحُّ. [انظر ما قبله]. 

722. [Sahih] Abu Sa’id Al-Asyajj telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu Usamah menceritakan kepada kami dari ‘Auf, dari Ibnu Sirin dan Khallas, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam semisal itu. Di dalam bab ini ada riwayat dari Abu Sa’id dan Ummu Ishaq Al-Ghanawiyyah. Hadis Abu Hurairah adalah hadis hasan sahih. Mayoritas ulama beramal di atas dasar hadis ini. Yang berpendapat dengannya adalah Sufyan Ats-Tsauri, Asy-Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq. Malik bin Anas berkata: Apabila dia makan di siang hari bulan Ramadan karena lupa, maka wajib dia mengada. Namun pendapat pertama lebih sahih.