Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 728 dan 729

٣٢ - بَابُ مَا جَاءَ فِي مُبَاشَرَةِ الصَّائِمِ 
32. Bab riwayat tentang orang yang berpuasa bermesraan dengan istrinya 


٧٢٨ – (صحيح) حَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي عُمَرَ، قَالَ: حَدَّثَنَا وَكِيعٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا إِسۡرَائِيلُ، عَنۡ أَبِي إِسۡحَاقَ، عَنۡ أَبِي مَيۡسَرَةَ، عَنۡ عَائِشَةَ، قَالَتۡ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يُبَاشِرُنِي وَهُوَ صَائِمٌ، وَكَانَ أَمۡلَكَكُمۡ لِإِرۡبِهِ. [(ابن ماجه)(١٦٨٤): ق]. 

728. [Sahih] Ibnu Abu ‘Umar telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Waki’ menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Isra`il menceritakan kepada kami dari Abu Ishaq, dari Abu Maisarah, dari ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu bermesraan denganku dalam keadaan beliau berpuasa dan beliau adalah orang yang paling dapat mengendalikan dirinya. 

٧٢٩ – (صحيح) حَدَّثَنَا هَنَّادٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ إِبۡرَاهِيمَ، عَنۡ عَلۡقَمَةَ وَالۡأَسۡوَدِ، عَنۡ عَائِشَةَ، قَالَتۡ: كَانَ رَسُولُ اللهِ ﷺ يُقَبِّلُ وَيُبَاشِرُ وَهُوَ صَائِمٌ، وَكَانَ أَمۡلَكَكُمۡ لِإِرۡبِهِ. هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَأَبُو مَيۡسَرَةَ اسۡمُهُ: عَمۡرُو بۡنُ شُرَحۡبِيلَ. وَمَعۡنَى لِإِرۡبِهِ: لِنَفۡسِهِ. [(ابن ماجه)(١٦٨٧): ق]. 

729. [Sahih] Hannad telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu Mu’awiyah menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, dari Ibrahim, dari ‘Alqamah dan Al-Aswad, dari ‘Aisyah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dahulu mencium dan bermesraan dengan istri dalam keadaan beliau berpuasa. Beliau adalah orang yang paling dapat mengendalikan dirinya. Ini adalah hadis hasan sahih. Abu Maisarah namanya adalah ‘Amr bin Syurahbil. Makna li irbihi adalah li nafsihi (dirinya).