Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 764, 765, dan 766

٥٥ - بَابُ مَا جَاءَ فِي فَضۡلِ الصَّوۡمِ 
55. Bab riwayat tentang keutamaan puasa 


٧٦٤ – (صحيح) حَدَّثَنَا عِمۡرَانُ بۡنُ مُوسَى الۡقَزَّازُ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡوَارِثِ بۡنُ سَعِيدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ زَيۡدٍ، عَنۡ سَعِيدِ بۡنِ الۡمُسَيِّبِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (إِنَّ رَبَّكُمۡ يَقُولُ: كُلُّ حَسَنَةٍ بِعَشۡرِ أَمۡثَالِهَا إِلَى سَبۡعِ مِئَةِ ضِعۡفٍ، وَالصَّوۡمُ لِي وَأَنَا أَجۡزِي بِهِ، وَالصَّوۡمُ جُنَّةٌ مِنَ النَّارِ، وَلَخُلُوفُ فَمِ الصَّائِمِ أَطۡيَبُ عِنۡدَ اللهِ مِنۡ رِيحِ الۡمِسۡكِ، وَإِنۡ جَهِلَ عَلَى أَحَدِكُمۡ جَاهِلٌ وَهُوَ صَائِمٌ، فَلۡيَقُلۡ: إِنِّي صَائِمٌ). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ مُعَاذِ بۡنِ جَبَلٍ، وَسَهۡلِ بۡنِ سَعۡدٍ، وَكَعۡبِ بۡنِ عُجۡرَةَ، وَسَلَامَةَ بۡنِ قَيۡصَرٍ، وَبَشِيرِ ابۡنِ الۡخَصَاصِيَةِ. وَاسۡمُ بَشِيرٍ: زَحۡمُ بۡنُ مَعۡبَدٍ. وَالۡخَصَاصِيَةُ هِيَ: أُمُّهُ. وَحَدِيثُ أَبِي هُرَيۡرَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ مِنۡ هَٰذَا الۡوَجۡهِ. [(التعليق الرغيب)(٢/٥٧-٥٨)، (صحيح أبي داود)(٢٠٤٦)]. 

764. [Sahih] ‘Imran bin Musa Al-Qazzaz telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdul Warits bin Sa’id menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Ali bin Zaid menceritakan kepada kami dari Sa’id bin Al-Musayyib, dari Abu Hurairah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Rabb kalian berkata: Setiap kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh sampai tujuh ratus kali lipatnya. Puasa untuk-Ku dan Aku yang membalasnya. Puasa adalah tameng dari neraka. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih wangi di sisi Allah daripada aroma kesturi. Jika ada orang jahil yang berbuat jahil kepada salah seorang kalian dalam keadaan dia puasa, maka hendaknya dia katakan: Sesungguhnya aku berpuasa.” 

Di dalam bab ini ada riwayat dari Mu’adz bin Jabal, Sahl bin Sa’d, Ka’b bin ‘Ujrah, Salamah bin Qaishar, dan Basyir bin Al-Khashahshiyah. Nama Basyir adalah Zahm bin Ma’bad, sedangkan Al-Khashashiyah adalah ibunya. Hadis Abu Hurairah adalah hadis hasan garib dari jalur ini. 

٧٦٥ – (صحيح) حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بۡنُ بَشَّارٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبُو عَامِرٍ الۡعَقَدِيُّ، عَنۡ هِشَامِ بۡنِ سَعۡدٍ، عَنۡ أَبِي حَازِمٍ، عَنۡ سَهۡلِ بۡنِ سَعۡدٍ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ قَالَ: (إِنَّ فِي الۡجَنَّةِ لَبَابًا يُدۡعَى الرَّيَّانَ، يُدۡعَى لَهُ الصَّائِمُونَ، فَمَنۡ كَانَ مِنَ الصَّائِمِينَ دَخَلَهُ، وَمَنۡ دَخَلَهُ لَمۡ يَظۡمَأۡ أَبَدًا). هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ. [(ابن ماجه)(١٦٤٠): ق دون جملة الظمأ]. 

765. [Sahih] Muhammad bin Basysyar telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Abu ‘Amir Al-‘Aqadi menceritakan kepada kami dari Hisyam bin Sa’d, dari Abu Hazim, dari Sahl bin Sa’d, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda, “Sesungguhnya di dalam surga ada sebuah pintu yang disebut dengan nama Ar-Rayyan. Orang-orang yang berpuasa akan dipanggil masuk ke situ. Sehingga siapa saja yang termasuk orang-orang yang berpuasa, maka dia akan memasukinya. Dan siapa saja yang telah memasukinya, maka dia tidak akan haus selama-lamanya.” 

Ini adalah hadis hasan sahih garib. 

٧٦٦ – (صحيح) حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبۡدُ الۡعَزِيزِ بۡنُ مُحَمَّدٍ، عَنۡ سُهَيۡلِ بۡنِ أَبِي صَالِحٍ، عَنۡ أَبِيهِ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لِلصَّائِمِ فَرۡحَتَانِ: فَرۡحَةٌ حِينَ يُفۡطِرُ، وَفَرۡحَةٌ حِينَ يَلۡقَى رَبَّهُ). وَهَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. [(ابن ماجه)(١٦٣٨): م]. 

766. [Sahih] Qutaibah telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdul ‘Aziz bin Muhammad menceritakan kepada kami dari Suhail bin Abu Shalih, dari ayahnya, dari Abu Hurairah. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang yang berpuasa memiliki dua kebahagiaan. Satu kebahagiaan ketika berbuka puasa dan satu kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabb-nya.” 

Ini adalah hadis hasan sahih.