Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 767

٥٦ - بَابُ مَا جَاءَ فِي صَوۡمِ الدَّهۡرِ 
56. Bab riwayat tentang puasa satu tahun 


٧٦٧ – (صحيح) حَدَّثَنَا قُتَيۡبَةُ وَأَحۡمَدُ بۡنُ عَبۡدَةَ، قَالَا: حَدَّثَنَا حَمَّادُ بۡنُ زَيۡدٍ، عَنۡ غَيۡلَانَ بۡنِ جَرِيرٍ، عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ مَعۡبَدٍ، عَنۡ أَبِي قَتَادَةَ، قَالَ: قِيلَ: يَا رَسُولَ اللهِ كَيۡفَ بِمَنۡ صَامَ الدَّهۡرَ؟ قَالَ: (لَا صَامَ وَلَا أَفۡطَرَ) أَوۡ (لَمۡ يَصُمۡ وَلَمۡ يُفۡطِرۡ). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عَمۡرٍو، وَعَبۡدِ اللهِ بۡنِ الشِّخِّيرِ، وَعِمۡرَانَ بۡنِ حُصَيۡنٍ، وَأَبِي مُوسَى. حَدِيثُ أَبِي قَتَادَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ. وَقَدۡ كَرِهَ قَوۡمٌ مِنۡ أَهۡلِ الۡعِلۡمِ صِيَامَ الدَّهۡرِ؛ وَأَجَازَهُ قَوۡمٌ آخَرُونَ وَقَالُوا: إِنَّمَا يَكُونُ صِيَامُ الدَّهۡرِ إِذَا لَمۡ يُفۡطِرۡ يَوۡمَ الۡفِطۡرِ وَيَوۡمَ الۡأَضۡحَى وَأَيَّامَ التَّشۡرِيقِ، فَمَنۡ أَفۡطَرَ هَٰذِهِ الۡأَيَّامَ فَقَدۡ خَرَجَ مِنۡ حَدِّ الۡكَرَاهِيَةِ، وَلَا يَكُونُ قَدۡ صَامَ الدَّهۡرَ كُلَّهُ، هَٰكَذَا رُوِيَ عَنۡ مَالِكِ بۡنِ أَنَسٍ، وَهُوَ قَوۡلُ الشَّافِعِيِّ. وقَالَ أَحۡمَدُ، وَإِسۡحَاقُ نَحۡوًا مِنۡ هَٰذَا، وَقَالَا: لَا يَجِبُ أَنۡ يُفۡطِرَ أَيَّامًا غَيۡرَ هَٰذِهِ الۡخَمۡسَةِ الۡأَيَّامِ الَّتِي نَهَى رَسُولُ اللهِ ﷺ عَنۡهَا: يَوۡمِ الۡفِطۡرِ، وَيَوۡمِ الۡأَضۡحَى، وَأَيَّامِ التَّشۡرِيقِ. [(الإرواء)(٩٥٢): م]. 

767. [Sahih] Qutaibah dan Ahmad bin ‘Abdah telah menceritakan kepada kami. Keduanya berkata: Hammad bin Zaid menceritakan kepada kami dari Ghailan bin Jarir, dari ‘Abdullah bin Ma’bad, dari Abu Qatadah. Beliau berkata: Ada yang bertanya: Wahai Rasulullah, bagaimana dengan orang yang berpuasa satu tahun? Nabi bersabda, “Dia tidak berpuasa dan tidak pula tidak berpuasa.” 

Di dalam bab ini ada riwayat dari ‘Abdullah bin ‘Amr, ‘Abdullah bin Asy-Syikhkhir, ‘Imran bin Hushain, dan Abu Musa. Hadis Abu Qatadah adalah hadis hasan. Banyak dari ulama yang membenci puasa satu tahun. Sedangkan ulama lainnya membolehkannya dan mereka berkata: Puasa satu tahun hanya bisa apabila dia berpuasa di hari Idulfitri, Iduladha, dan hari-hari tasyrik. Sehingga siapa saja yang tidak berpuasa di hari-hari ini, berarti dia telah keluar dari lingkup kemakruhan, namun itu berarti dia tidak berpuasa satu tahun penuh. Seperti inilah yang diriwayatkan dari Malik bin Anas dan ini juga pendapat Asy-Syafi’i. Ahmad dan Ishaq berpendapat sejalan dengan ini. Keduanya berkata: Tidak wajib untuk tidak berpuasa di hari-hari selain lima hari yang telah dilarang oleh Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam ini, yaitu hari Idulfitri, Iduladha, dan hari-hari tasyrik.