Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 91

٦٨ - بَابُ مَا جَاءَ فِي سُؤۡرِ الۡكَلۡبِ 
68. Bab riwayat tentang bekas jilatan anjing 


٩١ – (صحيح) حَدَّثَنَا سَوَّارُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ الۡعَنۡبَرِيُّ، قَالَ: حَدَّثَنَا الۡمُعۡتَمِرُ بۡنُ سُلَيۡمَانَ، قَالَ: سَمِعۡتُ أَيُّوبَ يُحَدِّثُ، عَنۡ مُحَمَّدِ بۡنِ سِيرِينَ، عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ أَنَّهُ قَالَ: (يُغۡسَلُ الۡإِنَاءُ إِذَا وَلَغَ فِيهِ الۡكَلۡبُ سَبۡعَ مَرَّاتٍ: أُولَاهُنَّ، أَوۡ أُخۡرَاهُنَّ بِالتُّرَابِ، وَإِذَا وَلَغَتۡ فِيهِ الۡهِرَّةُ غُسِلَ مَرَّةً). هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ. وَهُوَ قَوۡلُ الشَّافِعِيِّ، وَأَحۡمَدَ، وَإِسۡحَاقَ. وَقَدۡ رُوِيَ هَٰذَا الۡحَدِيثُ مِنۡ غَيۡرِ وَجۡهٍ عَنۡ أَبِي هُرَيۡرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ ﷺ نَحۡوَ هَٰذَا، وَلَمۡ يُذۡكَرۡ فِيهِ: (إِذَا وَلَغَتۡ فِيهِ الۡهِرَّةُ غُسِلَ مَرَّةً). وَفِي الۡبَابِ عَنۡ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ مُغَفَّلٍ. [(صحيح أبي داود)(٦٤-٦٦): م نحوه، دون ولوغ الهرة]. 

91. [Sahih] Sawwar bin ‘Abdullah Al-‘Anbari telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Al-Mu’tamir bin Sulaiman menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Aku mendengar Ayyub menceritakan dari Muhammad bin Sirin, dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, bahwa beliau bersabda, “Bejana apabila anjing menjilat di dalamnya, maka dibasuh tujuh kali. Basuhan pertama atau terakhir menggunakan tanah. Dan apabila kucing menjilat di dalam bejana, maka dicuci satu kali.” 

Ini adalah hadis hasan sahih. Ini merupakan pendapat Asy-Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq. Hadis ini telah diriwayatkan dari lebih satu jalur dari Abu Hurairah, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam semisal hadis ini, namun tidak disebutkan padanya, “Apabila kucing menjilat di dalam bejana, maka dicuci satu kali.” Di dalam bab ini ada riwayat dari ‘Abdullah bin Mughaffal.