Cari Blog Ini

As-Sunnah Ibnu Abu 'Ashim hadis nomor 947

٩٤٧ - حَدَّثَنَا أَبُو بَكۡرٍ، ثنا أَبُو مُعَاوِيَةَ، عَنِ الۡأَعۡمَشِ، عَنۡ خَيۡثَمَةَ، عَنۡ سُوَيۡدِ بۡنِ غَفَلَةَ قَالَ: قَالَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ: إِذَا حَدَّثۡتُكُمۡ عَنۡ رَسُولِ اللهِ ﷺ فَلَأَنۡ أَخِرَّ مِنَ السَّمَاءِ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنۡ أَنۡ أَكۡذِبَ عَلَى رَسُولِ اللهِ ﷺ. وَإِذَا حَدَّثۡتُكُمۡ عَنۡ غَيۡرِهِ فَإِنَّمَا أَنَا رَجُلٌ مُحَارِبٌ، وَالۡحَرۡبُ خُدۡعَةٌ، سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ يَقُولُ: (يَخۡرُجُ فِي آخِرِ الزَّمَانِ قَوۡمٌ أَحۡدَاثُ الۡأَسۡنَانِ سُفَهَاءُ الۡأَحۡلَامِ، يَقُولُونَ مِنۡ خَيۡرِ قَوۡلِ الۡبَرِيَّةِ، لَا يُجَاوِزُ إِيمَانُهُمۡ حَنَاجِرَهُمۡ، فَأَيۡنَمَا لَقِيتُمُوهُمۡ فَاقۡتُلُوهُمۡ، فَإِنَّ لِمَنۡ قَتَلَهُمۡ أَجۡرًا يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ). 

947. Abu Bakr telah menceritakan kepada kami: Abu Mu’awiyah menceritakan kepada kami dari Al-A’masy, dari Khaitsamah, dari Suwaid bin Ghaflah. Beliau berkata: ‘Ali radhiyallahu ‘anhu mengatakan: Apabila aku menceritakan kepada kalian dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sungguh aku jatuh dari langit lebih aku sukai daripada berdusta atas nama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan apabila aku menceritakan kepada kalian dari selain beliau, maka aku hanyalah seorang prajurit dan perang adalah siasat. Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Suatu kaum akan keluar di akhir zaman. Mereka muda-muda umurnya, bodoh akalnya. Mereka berkata dari sebaik-baik ucapan makhluk, namun iman mereka tidak melampaui laring mereka. Di mana saja kalian menjumpai mereka, maka bunuhlah mereka (di bawah komando pemerintah). Karena bagi siapa saja yang membunuh mereka akan mendapatkan pahala di hari kiamat.”