Cari Blog Ini

Sunan At-Tirmidzi hadits nomor 3148

٣١٤٨ – (صحيح) حَدَّثَنَا ابۡنُ أَبِي عُمَرَ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفۡيَانُ، عَنۡ عَلِيِّ بۡنِ زَيۡدِ بۡنِ جُدۡعَانَ، عَنۡ أَبِي نَضۡرَةَ، عَنۡ أَبِي سَعِيدٍ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (أَنَا سَيِّدُ وَلَدِ آدَمَ يَوۡمَ الۡقِيَامَةِ وَلَا فَخۡرَ، وَبِيَدِي لِوَاءُ الۡحَمۡدِ وَلَا فَخۡرَ، وَمَا مِنۡ نَبِيٍّ يَوۡمَئِذٍ آدَمَ فَمَنۡ سِوَاهُ إِلَّا تَحۡتَ لِوَائِي، وَأَنَا أَوَّلُ مَنۡ تَنۡشَقُّ عَنۡهُ الۡأَرۡضُ وَلَا فَخۡرَ، قَالَ: فَيَفۡزَعُ النَّاسُ ثَلَاثَ فَزَعَاتٍ، فَيَأۡتُونَ آدَمَ، فَيَقُولُونَ: أَنۡتَ أَبُونَا آدَمُ فَاشۡفَعۡ لَنَا إِلَى رَبِّكَ، فَيَقُولُ: إِنِّي أَذۡنَبۡتُ ذَنۡبًا أُهۡبِطۡتُ مِنۡهُ إِلَى الۡأَرۡضِ وَلَكِنِ ائۡتُوا نُوحًا، فَيَأۡتُونَ نُوحًا، فَيَقُولُ: إِنِّي دَعَوۡتُ عَلَى أَهۡلِ الۡأَرۡضِ دَعۡوَةً فَأُهۡلِكُوا، وَلَكِنِ اذۡهَبُوا إِلَى إِبۡرَاهِيمَ، فَيَأۡتُونَ إِبۡرَاهِيمَ فَيَقُولُ: إِنِّي كَذَبۡتُ ثَلَاثَ كَذَبَاتٍ)، ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (مَا مِنۡهَا كَذۡبَةٌ إِلَّا مَاحَلَ بِهَا عَنۡ دِينِ اللهِ، وَلَكِنِ ائۡتُوا مُوسَى، فَيَأۡتُونَ مُوسَى، فَيَقُولُ: إِنِّي قَدۡ قَتَلۡتُ نَفۡسًا، وَلَكِنِ ائۡتُوا عِيسَى، فَيَأۡتُونَ عِيسَى، فَيَقُولُ: إِنِّي عُبِدۡتُ مِنۡ دُونِ اللهِ، وَلَكِنِ ائۡتُوا مُحَمَّدًا، قَالَ: فَيَأۡتُونَنِي فَأَنۡطَلِقُ مَعَهُمۡ)، 

3148. [Sahih] Ibnu Abu ‘Umar telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Sufyan menceritakan kepada kami dari ‘Ali bin Zaid bin Jud’an, dari Abu Nadhrah, dari Abu Sa’id. Beliau berkata: 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku adalah penghulu anak Adam pada hari kiamat dan ini bukan untuk bangga diri. Hanya di tanganku lah liwa pujian dan ini bukan untuk bangga diri. Tidak ada satu nabi pun pada hari itu, baik Adam maupun selain beliau, kecuali berada di bawah liwaku. Aku adalah orang pertama yang tanah kuburnya terbelah dan ini bukan untuk bangga diri.” 

Orang-orang akan mengalami tiga kengerian yang mencekam, lalu mereka datang kepada Adam seraya berkata, “Engkau adalah ayah kami, berilah syafaat untuk kami kepada Rabb-mu.” 

Adam berkata, “Sungguh aku telah berbuat dosa yang menyebabkan aku diturunkan ke bumi. Datanglah kepada Nuh.” 

Mereka datang kepada Nuh. Nuh berkata, “Sesungguhnya aku telah mendoakan untuk penduduk bumi sehingga mereka dibinasakan. Pergilah kepada Ibrahim.” 

Mereka datang kepada Ibrahim, namun Ibrahim berkata, “Sesungguhnya aku telah bohong tiga kali.” 

Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidak ada satu pun kebohongan dari ketiga kebohongan itu kecuali digunakan untuk berdebat membela agama Allah.” 

(Ibrahim berkata,) “Datangilah Musa.” 

Mereka pun datang kepada Musa, namun Musa berkata, “Sesungguhnya aku telah membunuh satu jiwa. Datangilah ‘Isa.” 

Mereka pun datang kepada ‘Isa, namun ‘Isa berkata, “Sesungguhnya aku disembah di samping Allah. Datangilah Muhammad.” 

Beliau berkata: Mereka pun datang kepadaku, lalu aku pergi bersama mereka. 

قَالَ ابۡنُ جُدۡعَانَ: قَالَ أَنَسٌ: فَكَأَنِّي أَنۡظُرُ إِلَى رَسُولِ اللهِ ﷺ قَالَ: (فَآخُذُ بِحَلَقَةِ بَابِ الۡجَنَّةِ فَأُقَعۡقِعُهَا فَيُقَالُ: مَنۡ هَٰذَا؟ فَيُقَالُ: مُحَمَّدٌ فَيَفۡتَحُونَ لِي، وَيُرَحِّبُونَ بِي، فَيَقُولُونَ: مَرۡحَبًا، فَأَخِرُّ سَاجِدًا، فَيُلۡهِمُنِي اللهُ مِنَ الثَّنَاءِ وَالۡحَمۡدِ، فَيُقَالُ لِي: ارۡفَعۡ رَأۡسَكَ سَلۡ تُعۡطَ، وَاشۡفَعۡ تُشَفَّعۡ، وَقُلۡ يُسۡمَعۡ لِقَوۡلِكَ، وَهُوَ الۡمَقَامُ الۡمَحۡمُودُ الَّذِي قَالَ اللهُ ‏﴿عَسَى أَنۡ يَبۡعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحۡمُودًا﴾) [الإسراء: ٧٩]، قَالَ سُفۡيَانُ: لَيۡسَ عَنۡ أَنَسٍ إِلَّا هَٰذِهِ الۡكَلِمَةُ. (فَآخُذُ بِحَلۡقَةِ بَابِ الۡجَنَّةِ فَأُقَعۡقِعُهَا). هَٰذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ، وَقَدۡ رَوَى بَعۡضُهُمۡ هَٰذَا الۡحَدِيثَ عَنۡ أَبِي نَضۡرَةَ، عَنِ ابۡنِ عَبَّاسٍ الۡحَدِيثَ بِطُولِهِ. [(ابن ماجه)(٤٣٠٨)]. 

Ibnu Jud’an berkata: Anas mengatakan: Seakan-akan aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku memegang pengetuk pintu surga lalu aku ketuk-ketukkan.” 

Ada yang bertanya, “Siapa ini?” 

Maka dijawab, “Muhammad.” 

Maka mereka membukakan pintu untukku dan memberi sambutan kepadaku. Mereka berkata, “Marhaban.” 

Lalu aku menjatuhkan diri bersujud. Allah mengilhamkan sanjungan dan pujian kepadaku. 

Lalu ada yang berkata kepadaku, “Angkat kepalamu, mintalah engkau akan diberi, berilah syafaat akan dikabulkan, bicaralah ucapanmu akan didengar.” 

Itu adalah al-maqam al-mahmud yang Allah firmankan, “Mudah-mudahan Rabb-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra: 79). 

Sufyan berkata: Tidak ada yang dari Anas kecuali kalimat ini: Lalu aku memegang pengentuk pintu janah, lalu aku ketuk-ketukkan. 

Ini adalah hadis hasan. Sebagian mereka meriwayatkan hadis ini dari Abu Nadhrah, dari Ibnu ‘Abbas secara panjang.