Cari Blog Ini

Abbad bin Bisyr radhiyallahu ‘anhu

Nasab shahabat ini adalah Abbad bin Bisyr bin Waqsy bin Zughbah bin Za’wara’ bin Abdil Asyhal bin Jisym bin Al Harits bin Al-Khazraj bin Amr radhiyallahu ‘anhu. Beliau berkuniah Abu Bisyr atau Abur Rabi’. Ibu beliau adalah Fathimah bintu Bisyr bin Adi Al Khazrajiyah. Beliau memiliki saudari yang bernama Umamah bintu Bisyr yang termasuk dalam jajaran shahabat wanita Anshar. Abbad adalah pemuda yang menjadi salah satu tokoh utama Kabilah Aus yang disegani. 

Masuk Islam melewati perantara Mush’ab bin Umair radhiyallahu ‘anhu saat beliau menjadi utusan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam untuk mengajari penduduk Yatsrib. Beliau lebih dahulu masuk Islam dibanding dua tokoh Aus; Saad bin Muadz dan Usaid bin Hudhair. Dilahirkan kurang lebih 33 tahun sebelum Hijriyah dan masuk Islam saat umur beliau belum genap 25 tahun. Beliau dipersaudarakan oleh nabi dengan Abu Hudzaifah bin Utbah bin Rabiah radhiyallahu ‘anhu.

KEUTAMAAN 


Abbas bin Bisyr termasuk shahabat nabi yang ikut serta dalam Perang Badar. Tidak hanya itu, beliau mengikuti semua pertempuran dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dalam setiap pertempuran tersebut, beliau dipercaya sebagai shahabat yang membawa Al Quran. Ini menunjukkan kedudukan beliau sebagai seorang yang dekat dengan kitabullah. Memang, beliau dikenal dengan kemerduan dan keindahan suara saat membaca kalam-kalam Allah. Diriwayatkan dari Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu ‘anha bahwa Nabi pernah mendengar suara Abbad bin Bisyr. Maka beliau berkata, “Ya Allah, rahmatilah Abbad.” 

Keutamaan lain adalah beliau juga termasuk ikut serta dalam aksi membunuh Kaab bin Al Asyraf Al Yahudi, seorang tokoh pemimpin Yahudi yang suka menyakiti Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan muslimin. Dengan syair-syairnya tokoh Yahudi ini senang mencela Rasulullah. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata tentangnya: 
مَنۡ لِكَعۡبِ بۡنِ الۡأَشۡرَفِ؟ فَإِنَّهُ قَدۡ آذَى اللهَ وَرَسُولَهُ، فَقَالَ مُحَمَّدُ بۡنُ مَسۡلَمَةَ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَتُحِبُّ أَنۡ أَقۡتُلَهُ؟ قَالَ: نَعَمۡ 
“Siapa yang bersedia membereskan Ka’ab bin Asyraf? Dia telah menyakiti Allah dan Rasul-Nya!” Maka berdirilah Muhammad bin Maslamah dan berkata, “Apakah engkau suka bila aku membunuhnya, Wahai Rasulullah?” Beliau menjawab, “Ya.” [Muttafaqun ‘Alaih] 

Bersama dengan Muhammad bin Maslamah, Al Harits bin Aus, Abu ‘Abs bin Jabr, dan Abu Nailah, mereka membunuh tokoh Yahudi tersebut. Dengan matinya tokoh ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan kaum muslimin dapat beristirahat dari salah satu gangguan yang menjadi batu sandungan dalam Islam dari golongan Yahudi. 

Beliau juga termasuk tokoh shahabat utama yang diakui keutamaannya oleh shahabat lainnya. Ummul mukminin Aisyah menuturkan, “Ada tiga orang Anshar yang keutamaan mereka tiada tandingnya, semua berasal dari Bani Abdil Ashhal; Saad bin Muadz, Usaid bin Hudhair, dan Abbad bin Bisyr.” [riwayat Al Bukhari]

Abbad juga seorang shahabat nabi yang ditugaskan oleh Nabi untuk mengambil harta shadaqah dari Muzayyanah dan Bani Sulaim. Dalam Perang Tabuk, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menunjuk beliau sebagai penjaga beliau. Memang beliau seorang yang senantiasa menjaga kemah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam setiap pertempuran-pertempuran.

KARAMAH 


Diriwayatkan dari Anas radhiyallahu ‘anhu bahwa pada suatu malam yang gelap Usaid bin Hudhair dan Abbad bin Bisyr berada di samping Nabi. Saat keduanya pergi dari sisi beliau, salah satu tongkat keduanya bercahaya. Dengan cahaya itu mereka berdua berjalan. Tatkala keduanya berpisah tongkat masing-masing mereka bercahaya. Allah memberikan karamah tersebut kepada keduanya, dalam kejadian ini. 

Hanya satu hadis yang diketahui diriwayatkan dari beliau. Hadis tersebut adalah; 
يَا مَعۡشَرَ الۡأَنۡصَارِ أَنۡتُمُ الشِّعَارُ وَالنَّاسُ الدِّثَارُ 
Wahai kaum Anshar, kalian adalah pakaian dalam, dan orang lain adalah pakaian luar.” 

Hadis ini menunjukkan keutamaan kaum Anshar yaitu mereka diibaratkan sebagai pakaian dalam. Pakaian yang langsung menyentuh tubuh pemakainya. Dengan ini, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memperlihatkan keutamaan mereka dengan kedekatan mereka dengan beliau.

WAFAT 


Beliau terbunuh syahid pada pertempuran Yamamah pada tahun ke 12 hijriyah, pada masa kekhalifahan Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu. Beliau berperang dengan penuh keberanian, hingga mampu membunuh musyrikin sejumlah sekitar 20 orang. Bersama dengan Abu Dujanah, Tsabit bin Qais, dan Al Bara’ bin Malik memimpin pasukan Anshar sejumlah sekitar 400 orang untuk menghancurkan kaum murtad dari Bani Hanifah. Terjadilah pertempuran hebat di pintu masuk kebun yang menjadi markas pasukan Nabi palsu Musailamah Al Kadzab. Dalam pertempuran itu beliau gigih bertempur menghadapi musuh, hingga beliau mendapat ujian besar pada pertempuran ini. Didapatkan banyak bekas sabetan pedang dan senjata pada wajah beliau hingga jenazah beliau tidak lagi dikenali kecuali dengan melihat dari ciri fisik beliau. Demikianlah dituturkan perihal keberanian beliau dalam perang tersebut oleh shahabat Abu Said Al Khudry. Memang beliau terhitung sebagai tokoh pemberani, yang keberaniannyapun diakui oleh shahabat semacam Umar bin Al Khaththab radhiyallahu ‘anhu. Beliau meninggal syahid pada umur 45 tahun. Beliau meninggal tanpa memiliki keturunan. Semoga Allah meridai beliau. [Ustadz Hammam]

Sumber: Majalah Tashfiyah edisi 89 vol.07 1440H/2019M rubrik Figur.