Cari Blog Ini

Al-Hasan, Al-Husain, dan Tsabit bin Qais termasuk Penghuni Janah

Imam Ibnu Qudamah Al-Maqdisi rahimahullah dalam Lum'atul I'tiqad berkata,
وَكُلُّ مَنۡ شَهِدَ لَهُ النَّبِيُّ ﷺ بِالۡجَنَّةِ شَهِدۡنَا لَهُ بِهَا، كَقَوۡلِهِ: (الۡحَسَنُ وَالۡحُسَيۡنُ سَيِّدَا شَبَابِ أَهۡلِ الۡجَنَّةِ). 
وَقَوۡلِهِ لِثَابِتِ بۡنِ قَيۡسٍ: (إِنَّهُ مِنۡ أَهۡلِ الۡجَنَّةِ). 
Setiap orang yang telah disaksikan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa dia di janah, maka kita juga menyaksikannya di janah. Seperti sabda beliau, “Al-Hasan dan Al-Husain adalah dua sayid pemuda ahli janah.” (HR. At-Tirmidzi nomor 3768, Ibnu Majah nomor 118, dan Ahmad (3/3)).
Juga sabda beliau kepada Tsabit bin Qais, “Sesungguhnya dia termasuk ahli janah.” (HR. Al-Bukhari nomor 3613 dan Muslim nomor 119).[1]


Syekh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin rahimahullah dalam Syarh Lum'atil I'tiqad berkata,

[1] وَمِمَّنۡ شَهِدَ لَهُ النَّبِيُّ ﷺ بِالۡجَنَّةِ: الۡحَسَنَ وَالۡحُسَيۡنَ وَثَابِتَ بۡنَ قَيۡسٍ. 

Termasuk sahabat yang disaksikan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dengan janah adalah Al-Hasan, Al-Husain, dan Tsabit bin Qais. 

قَالَ النَّبِيُّ ﷺ: (الۡحَسَنُ وَالۡحُسَيۡنُ سَيِّدَا شَبَابِ أَهۡلِ الۡجَنَّةِ). رَوَاهُ التِّرۡمِذِيُّ وَقَالَ: حَسَنٌ صَحِيحٌ. 

قَالَ ﷺ فِي ثَابِتِ بۡنِ قَيۡسٍ: (إِنَّكَ لَسۡتَ مِنۡ أَهۡلِ النَّارِ وَلَكِنَّكَ مِنۡ أَهۡلِ الۡجَنَّةِ). رَوَاهُ الۡبُخَارِيُّ. 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Al-Hasan dan Al-Husain adalah dua pemuka pemuda penghuni janah.” (HR. At-Tirmidzi dan beliau berkata: hasan sahih). 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Tsabit bin Qais, “Sesungguhnya engkau tidak termasuk penghuni neraka, akan teapi engkau termasuk penghuni janah.” (HR. Al-Bukhari). 

فَالۡحَسَنُ سِبۡطُ رَسُولِ اللهِ ﷺ وَرَيۡحَانَتُهُ، وَهُوَ أَمِيرُ الۡمُؤۡمِنِينَ ابۡنُ أَمِيرِ الۡمُؤۡمِنِينَ عَلِيِّ بۡنِ أَبِي طَالِبٍ، وُلِدَ فِي ١٥ رَمَضَانَ سَنَةَ ٣ وَمَاتَ فِي الۡمَدِينَةِ، وَدُفِنَ فِي الۡبَقِيعِ فِي رَبِيعِ الۡأَوَّلِ ٥٠هـ. 

Al-Hasan adalah cucu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan raihanah/‘tumbuhan wangi’ beliau. Beliau adalah amirulmukminin putra amirulmukminin ‘Ali bin Abu Thalib. Dilahirkan pada tanggal 15 Ramadan tahun 3 H dan meninggal di Madinah. Dikuburkan di Baqi’ di bulan Rabiulawal tahun 50 H. 

وَالۡحُسَيۡنُ سِبۡطُ رَسُولِ اللهِ ﷺ وَرَيۡحَانَتُهُ، وَهُوَ ابۡنُ عَلِيِّ بۡنِ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُ، وُلِدَ فِي شَعۡبَانَ سَنَةَ ٤هـ وَقُتِلَ فِي كَرۡبَلَاءَ فِي ١٠ مُحَرَّمٍ سَنَةَ ٦١ هـ. 

Al-Husain adalah cucu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan raihanah-nya. Beliau adalah putra ‘Ali bin Abu Thalib radhiyallahu ‘anhu. Dilahirkan di bulan Syakban tahun 4 H. Terbunuh di Karbala` pada tanggal 10 Muharram tahun 61 H. 

وَثَابِتٌ وَهُوَ ابۡنُ قَيۡسِ بۡنِ شَمَّاسٍ الۡأَنۡصَارِيُّ الۡخَزۡرَجِيُّ خَطِيبُ الۡأَنۡصَارِ، قُتِلَ شَهِيدًا يَوۡمَ الۡيَمَامَةِ سَنَةَ ١١ هـ فِي آخِرِهَا أَوۡ أَوَّلِ سَنَةِ ١٢ هـ. 

Tsabit adalah putra Qais bin Syammas Al-Anshari Al-Khazraji sang khatib ansar. Terbunuh sebagai syahid pada hari perang Yamamah di akhir tahun 11 H atau awal tahun 12 H.