Cari Blog Ini

Shahih Muslim hadits nomor 1920

٥٣ - بَابُ قَوۡلِهِ ﷺ: (لَا تَزَالُ طَائِفَةٌ مِنۡ أُمَّتِي ظَاهِرِينَ عَلَى الۡحَقِّ، لَا يَضُرُّهُمۡ مَنۡ خَالَفَهُمۡ) 
53. Bab sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Sekelompok dari umatku senantiasa unggul di atas kebenaran. Siapa saja yang menghinakan mereka tidak akan merugikan mereka.” 


١٧٠ – (١٩٢٠) - حَدَّثَنَا سَعِيدُ بۡنُ مَنۡصُورٍ وَأَبُو الرَّبِيعِ الۡعَتَكِيُّ وَقُتَيۡبَةُ بۡنُ سَعِيدٍ. قَالُوا: حَدَّثَنَا حَمَّادٌ - وَهُوَ ابۡنُ زَيۡدٍ - عَنۡ أَيُّوبَ، عَنۡ أَبِي قِلَابَةَ، عَنۡ أَبِي أَسۡمَاءَ، عَنۡ ثَوۡبَانَ. قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (لَا تَزَالُ طَائِفَةٌ مِنۡ أُمَّتِي ظَاهِرِينَ عَلَى الۡحَقِّ. لَا يَضُرُّهُمۡ مَنۡ خَذَلَهُمۡ. حَتَّىٰ يَأۡتِيَ أَمۡرُ اللهِ وَهُمۡ كَذٰلِكَ). 

وَلَيۡسَ فِي حَدِيثِ قُتَيۡبَةَ: (وَهُمۡ كَذٰلِكَ). 

170. (1920). Sa’id bin Manshur, Abu Ar-Rabi’ Al-‘Ataki, dan Qutaibah bin Sa’id telah menceritakan kepada kami. Mereka berkata: Hammad bin Zaid menceritakan kepada kami dari Ayyub, dari Abu Qilabah, dari Abu Asma`, dari Tsauban. Beliau mengatakan: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sekelompok dari umatku senantiasa unggul di atas kebenaran. Siapa saja yang menghina mereka tidak akan merugikan mereka hingga hari kiamat datang dalam keadaan mereka tetap seperti itu.” 

Tidak ada di dalam hadis Qutaibah, “Dalam keadaan mereka tetap seperti itu.”