Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 7007

١٦ - بَابٌ إِذَا جَرَى اللَّبَنُ فِي أَطۡرَافِهِ أَوۡ أَظَافِيرِهِ
16. Bab apabila susu mengalir di anggota badannya atau kuku-kukunya


٧٠٠٧ - حَدَّثَنَا عَلِيُّ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ: حَدَّثَنَا يَعۡقُوبُ بۡنُ إِبۡرَاهِيمَ: حَدَّثَنَا أَبِي، عَنۡ صَالِحٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ: حَدَّثَنِي حَمۡزَةُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ: أَنَّهُ سَمِعَ عَبۡدَ اللهِ بۡنَ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنۡهُمَا يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللهِ ﷺ: (بَيۡنَا أَنَا نَائِمٌ أُتِيتُ بِقَدَحِ لَبَنٍ، فَشَرِبۡتُ مِنۡهُ، حَتَّى إِنِّي لَأَرَى الرِّيَّ يَخۡرُجُ مِنۡ أَطۡرَافِي، فَأَعۡطَيۡتُ فَضۡلِي عُمَرَ بۡنَ الۡخَطَّابِ). فَقَالَ مَنۡ حَوۡلَهُ: فَمَا أَوَّلۡتَ ذٰلِكَ يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: (الۡعِلۡمَ). [طرفه في: ٨٢]. 

7007. ‘Ali bin ‘Abdullah telah menceritakan kepada kami: Ya’qub bin Ibrahim menceritakan kepada kami: Ayahku menceritakan kepada kami dari Shalih, dari Ibnu Syihab: Hamzah bin ‘Abdullah bin ‘Umar menceritakan kepadaku bahwa beliau mendengar ‘Abdullah bin ‘Umar—radhiyallahu ‘anhuma—mengatakan: 

Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Ketika aku tidur malam, aku (mimpi) dihidangkan semangkuk susu. Aku minum darinya hingga aku benar-benar melihat cairan itu keluar dari anggata badanku. Lalu aku memberikan sisa minumku kepada ‘Umar bin Al-Khaththab.” 

Orang di sekeliling beliau bertanya, “Engkau menakwilkan itu apa wahai Rasulullah?” 

Rasulullah menjawab, “Ilmu.”