Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 7027

٣٤ - بَابٌ إِذَا أَعۡطَى فَضۡلَهُ غَيۡرَهُ فِي النَّوۡمِ
34. Bab apabila memberikan sisa kepada orang lain ketika tidur


٧٠٢٧ - حَدَّثَنَا يَحۡيَى بۡنُ بُكَيۡرٍ: حَدَّثَنَا اللَّيۡثُ، عَنۡ عُقَيۡلٍ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ: أَخۡبَرَنِي حَمۡزَةُ بۡنُ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ: أَنَّ عَبۡدَ اللهِ بۡنَ عُمَرَ قَالَ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ يَقُولُ: (بَيۡنَا أَنَا نَائِمٌ أُتِيتُ بِقَدَحِ لَبَنٍ، فَشَرِبۡتُ مِنۡهُ حَتَّى إِنِّي لَأَرَى الرِّيَّ يَجۡرِي، ثُمَّ أَعۡطَيۡتُ فَضۡلَهُ عُمَرَ). قَالُوا: فَمَا أَوَّلۡتَهُ يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: (الۡعِلۡمُ). [طرفه في: ٨٢]. 

7027. Yahya bin Bukair telah menceritakan kepada kami: Al-Laits menceritakan kepada kami dari ‘Uqail, dari Ibnu Syihab: Hamzah bin ‘Abdullah bin ‘Umar mengabarkan kepadaku bahwa ‘Abdullah bin ‘Umar mengatakan: 

Aku mendengar Rasulullah bersabda, “Ketika aku tidur malam, aku (mimpi) dihidangkan semangkuk susu. Aku meminumnya hingga aku benar-benar melihat cairan mengalir. Kemudian aku memberikan sisanya kepada ‘Umar.” 

Para sahabat bertanya, “Engkau menakwilkannya apa wahai Rasulullah?” 

Rasulullah menjawab, “Ilmu.”