Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 82

٢٣ - بَابُ فَضۡلِ الۡعِلۡمِ
23. Bab keutamaan ilmu


٨٢ - حَدَّثَنَا سَعِيدُ بۡنُ عُفَيۡرٍ قَالَ: حَدَّثَنِي اللَّيۡثُ قَالَ: حَدَّثَنِي عُقَيۡلٌ، عَنِ ابۡنِ شِهَابٍ، عَنۡ حَمۡزَةَ بۡنِ عَبۡدِ اللهِ بۡنِ عُمَرَ: أَنَّ ابۡنَ عُمَرَ قَالَ: سَمِعۡتُ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَالَ: (بَيۡنَمَا أَنَا نَائِمٌ أُتِيتُ بِقَدَحِ لَبَنٍ، فَشَرِبۡتُ حَتَّى أَنِّي لَأَرَى الرِّيَّ يَخۡرُجُ فِي أَظۡفَارِي، ثُمَّ أَعۡطَيۡتُ فَضۡلِي عُمَرَ بۡنَ الۡخَطَّابِ)، قَالُوا: فَمَا أَوَّلۡتَهُ يَا رَسُولَ اللهِ؟ قَالَ: (الۡعِلۡمَ). 

[الحديث ٨٢ – أطرافه في: ٣٦٨١، ٧٠٠٦، ٧٠٠٧، ٧٠٢٧، ٧٠٣٢]. 

82. Sa’id bin ‘Ufair telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: Al-Laits menceritakan kepadaku. Beliau berkata: ‘Uqail menceritakan kepadaku dari Ibnu Syihab, dari Hamzah bin ‘Abdullah bin ‘Umar: Bahwa Ibnu ‘Umar mengatakan: 

Aku mendengar Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—bersabda, “Ketika aku sedang tidur malam, aku (mimpi) diberi segelas susu. Aku minum hingga aku benar-benar melihat cairan keluar dari kuku-kukuku. Kemudian aku memberikan sisa susu kepada ‘Umar bin Al-Khaththab.” 

Para sahabat bertanya, “Engkau takwilkan itu apa, wahai Rasulullah?” 

Beliau menjawab, “Ilmu.”