Cari Blog Ini

Shahih Al-Bukhari hadits nomor 839 dan 840

١٥٤ - بَابُ مَنۡ لَمۡ يَرَ رَدَّ السَّلَامِ عَلَى الۡإِمَامِ، وَاكۡتَفَى بِتَسۡلِيمِ الصَّلَاةِ 
154. Bab barang siapa tidak berpendapat membalas salam kepada imam dan mencukupkan diri dengan ucapan salam dalam salat 


٨٣٩ - حَدَّثَنَا عَبۡدَانُ قَالَ: أَخۡبَرَنَا عَبۡدُ اللهِ قَالَ: أَخۡبَرَنَا مَعۡمَرٌ، عَنِ الزُّهۡرِيِّ قَالَ: أَخۡبَرَنِي مَحۡمُودُ بۡنُ الرَّبِيعِ، وَزَعَمَ أَنَّهُ عَقَلَ رَسُولَ اللهِ ﷺ، وَعَقَلَ مَجَّةً مَجَّهَا مِنۡ دَلۡوٍ كَانَ فِي دَارِهِمۡ. 

839. ‘Abdan telah menceritakan kepada kami. Beliau berkata: ‘Abdullah mengabarkan kepada kami. Beliau berkata: Ma’mar mengabarkan kepada kami dari Az-Zuhri. Beliau berkata: Mahmud bin Ar-Rabi’ mengabarkan kepadaku. Beliau menyatakan bahwa beliau tahu Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—dan beliau mengingat air yang beliau semburkan dari sebuah ember di rumah mereka. 

٨٤٠ – قَالَ: سَمِعۡتُ عِتۡبَانَ بۡنَ مَالِكٍ الۡأَنۡصَارِيَّ ثُمَّ أَحَدَ بَنِي سَالِمٍ، قَالَ: كُنۡتُ أُصَلِّي لِقَوۡمِي بَنِي سَالِمٍ، فَأَتَيۡتُ النَّبِيَّ ﷺ فَقُلۡتُ: إِنِّي أَنۡكَرۡتُ بَصَرِي، وَإِنَّ السُّيُولَ تَحُولُ بَيۡنِي وَبَيۡنَ مَسۡجِدِ قَوۡمِي، فَلَوَدِدۡتُ أَنَّكَ جِئۡتَ فَصَلَّيۡتَ فِي بَيۡتِي مَكَانًا، حَتَّى أَتَّخِذَهُ مَسۡجِدًا، فَقَالَ: (أَفۡعَلُ إِنۡ شَاءَ اللهُ). فَغَدَا عَلَىَّ رَسُولُ اللهِ ﷺ وَأَبُو بَكۡرٍ مَعَهُ، بَعۡدَ مَا اشۡتَدَّ النَّهَارُ، فَاسۡتَأۡذَنَ النَّبِيُّ ﷺ فَأَذِنۡتُ لَهُ، فَلَمۡ يَجۡلِسۡ حَتَّى قَالَ: (أَيۡنَ تُحِبُّ أَنۡ أُصَلِّيَ مِنۡ بَيۡتِكَ؟) فَأَشَارَ إِلَيۡهِ مِنَ الۡمَكَانِ الَّذِي أَحَبَّ أَنۡ يُصَلِّيَ فِيهِ، فَقَامَ فَصَفَفۡنَا خَلۡفَهُ، ثُمَّ سَلَّمَ وَسَلَّمۡنَا حِينَ سَلَّمَ. [طرفه في: ٤٢٤]. 

840. Mahmud bin Ar-Rabi’ berkata: Aku mendengar ‘Itban bin Malik Al-Anshari kemudian salah satu orang bani Salim. Beliau berkata: 

Aku pernah salat mengimami kaumku, yaitu bani Salim. Lalu aku datang kepada Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—seraya berkata, “Sesungguhnya penglihatanku sudah tidak jelas dan sesungguhnya banjir telah menghalangi antara aku dengan masjid kaumku. Jadi aku sangat ingin agar engkau datang lalu salat di suatu tempat di dalam rumahku sehingga aku akan menjadikannya sebagai tempat salat.” 

Nabi bersabda, “Akan aku lakukan insya Allah.” 

Besoknya, Rasulullah—shallallahu ‘alaihi wa sallam—beserta Abu Bakr pergi ke tempatku setelah siang hari memanas. Nabi—shallallahu ‘alaihi wa sallam—meminta izin untuk masuk lalu aku izinkan beliau. 

Beliau tidak duduk hingga bertanya, “Di bagian rumahmu yang mana engkau suka aku salat?” Beliau menunjuk tempat yang aku inginkan beliau salat di situ. Beliau berdiri dan kami membuat saf di belakang beliau. Selesai salat beliau bersalam dan kami pun bersalam ketika beliau telah bersalam.